Comscore Tracker

Jangan Malu, 5 Cara Mudah Menjadi Pribadi Responsif Bagi Introver

Dicoba, ya biar kesannya gak angkuh

Selama ini introver terkenal sebagai pribadi yang dingin dan tanpa banyak tindakan. Sifatnya yang suka mengamati dan diam di tempat kadang salah diartikan oleh orang lain. Padahal introver juga punya sisi peduli dan rasa tanggap terhadap lingkungan sosialnya. Hanya saja terkadang para introver kalah duluan dan merasa malu untuk memulai melakukan sesuatu. 

Gaya introver yang ingin di 'belakang layar' saja tentu membuatnya terbiasa menunggu. Meski begitu bukan berarti introver tidak memiliki sifat responsif lho, yuk ikuti 5 cara ini agar lebih tanggap sama keadaan!

1. Membuat diri sendiri nyaman

Jangan Malu, 5 Cara Mudah Menjadi Pribadi Responsif Bagi IntroverPixabay.com/PublicDomainArchive

Hal pertama untuk bisa menjadi pribadi responsif adalah membuat diri sendiri nyaman dengan sekitar. Percuma ingin peduli dan tanggap ketika kamu merasa gugup dan malu. Mulailah dengan niat yang baik bahwa apa yang kamu lakukan untuk kebaikan dan peningkatan kualitas sosial yang baik. Tindakanmu yang nyaman akan memperlihatkan sikap natural dan jiwa yang ikhlas.

2. Mulailah memberi perhatian pada orang-orang lemah di sekitarmu

Jangan Malu, 5 Cara Mudah Menjadi Pribadi Responsif Bagi IntroverUnsplash/Cristi Tohatan

Jika kamu bingung harus mulai belajar dari mana, cobalah memberi perhatian pada orang-orang lemah di sekitarmu. Mereka adalah orang-orang yang butuh perhatian khusus seperti lansia, orang sakit, atau anak kecil. Dengan menawarkan bantuan kepada mereka kamu bisa melatih jiwamu untuk lebih peka terhadap kebutuhan orang-orang sekitarmu. 

Baca Juga: 7 Alasan Work From Home Cocok Buat Introver, Makin Bikin Produktif!

3. Responsif bukan hanya cepat, tapi juga harus tepat

Jangan Malu, 5 Cara Mudah Menjadi Pribadi Responsif Bagi IntroverPixabay.com/StockSnap

Menjadi pribadi responsif artinya bukan hanya cepat. Melainkan juga harus tepat sasaran. Kamu ingin membantu orang yang lagi kesusahan? Maka bantulah mereka yang benar-benar butuh bantuan. Kamu juga harus cerdas dalam merespon keadaan dan menawarkan solusi yang tepat.

4. Introver yang responsif terkadang harus melupakan rasa nyaman akan kesendirian

Jangan Malu, 5 Cara Mudah Menjadi Pribadi Responsif Bagi IntroverPixabay.com/Free-Photos

Menjadi pribadi yang responsif artinya kamu sudah siap hidupmu terusik. Rasa nyaman dalam kesendirianmu akan sedikit terganggu ketika jiwamu terpanggil untuk merespon keadaan. Cobalah untuk berdamai dengan diri sendiri bahwa hidup ini bukan hanya tentang kamu, tetapi juga tentang orang lain yang butuh perhatianmu. 

5. Percaya bahwa keluar dari zona nyaman adalah keharusan

Jangan Malu, 5 Cara Mudah Menjadi Pribadi Responsif Bagi IntroverPixabay.com/Free-Photos

Percayalah bahwa tanpa keluar dari zona nyaman kamu takkan bisa mengubah hidup menjadi lebih baik. Hanya terkurung saja dan menghabiskan waktu sepanjang waktu sendirian artinya kamu sedang menghambat dirimu sendiri. Di luar sana kamu bisa melakukan banyak hal dengan terus tanggap terhadap sekitar.

Bagi introver menjadi pribadi yang responsif bisa susah-susah gampang. Terbiasa sendiri dan acuh tak acuh pada sosial membuat dirinya terkesan angkuh dan dingin. Tidak perlu berkecil hati, lakukan 5 cara di atas untuk membuatmu bisa lebih responsif.

Baca Juga: 5 Mitos Tentang Introver yang Ternyata Salah, Jangan Asal Percaya Ya!

yenny anggraini Photo Verified Writer yenny anggraini

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya