Comscore Tracker

5 Manfaat Terapi Menulis yang Bisa Kamu Terapkan Setiap Hari!

Menulis pakai tangan lebih terasa manfaatnya...

Menulis setiap hari bagi sebagian orang sudah menjadi pekerjaan yang rutin dan tidak bisa dipisahkan. Namun sebagian yang lain menganggap menulis hanya bagi mereka yang berprofesi berkaitan dengan mencatat. Jangan salah loh karena ternyata rutin menulis apa saja setiap hari justru memiliki banyak manfaat seperti berikut!

1. Menulis menjadikan pikiranmu jauh lebih jernih dan terbuka

5 Manfaat Terapi Menulis yang Bisa Kamu Terapkan Setiap Hari!pixabay/voltamax

Dengan menulis otak akan bekerja untuk mengeluarkan segala uneg-uneg dan melampiaskannya ke dalam tulisan. Kamu hanya perlu menulis secara jujur tanpa menahan ide yang keluar. Setelah menerapkan ide menulis setiap hari ini kamu bisa merasakan pikiran yang jauh lebih ringan dan jernih dari sebelumnya.

2. Menulis dapat meningkatkan kreatifitas dan keadaan yang lebih siap untuk beraktivitas

5 Manfaat Terapi Menulis yang Bisa Kamu Terapkan Setiap Hari!pixabay/picjumbo_com

Memiliki kreativitas yang tinggi memang menyenangkan. Apalagi kreativitas tidak selamanya menetap seperti layaknya bakat. Untuk lebih kreatif dalam kehidupan sehari-hari kamu bisa menerapkan latihan menulis pakai tangan yang mampu menjadikanmu lebih bebas menuangkan kreatifitasmu dalam bentuk tulisan.

3. Membantu kamu untuk mengingat banyak hal dalam hidup

5 Manfaat Terapi Menulis yang Bisa Kamu Terapkan Setiap Hari!pixabay/StockSnap

Menulis sebagai instrumen daya ingat yang paling mendukung. Apalagi membiasakan menulis dengan tangan, ingatan berupa banyak hal dalam hidup akan semakin tertancap rapi di dalam otak. Hal ini sangat berguna bagi kamu yang sering lupa dengan sesuatu.

4. Menulis dapat meningkatkan kepercayaan diri dan semangat yang tinggi

5 Manfaat Terapi Menulis yang Bisa Kamu Terapkan Setiap Hari!pixabay/geralt

Mengalami krisis kepercayaan diri dewasa ini sangat berpengaruh pada jenjang karir dan kualitas sosial. Kamu bisa mencoba memulainya dengan menulis setiap hari. Agar memiliki kepercayaan diri cobalah menulis kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki dan juga kata-kata motivasi yang kamu ciptakan sendiri.

5. Menjadi bahan instropeksi bagi diri dan perbaikan arah hidup yang lebih baik

5 Manfaat Terapi Menulis yang Bisa Kamu Terapkan Setiap Hari!pixabay/lukasbieri

Menulis adalah awal dimana kesalahan dapat diperbaiki dengan menghapus dan menulisnya kembali. Begitupun dengan hidup yang memiliki banyak kesalahan dan problematika di dalamnya. Dengan menulis keinginan untuk keluar dari masalah menjadi lepas dalam kata-kata yang menjadi refleksi untuk membenah diri.

Menulis bukan hanya pekerjaan yang dilakukan oleh penulis, namun juga bagian dari ajaran agama untuk melakukan pencatatan (menulis) yang memudahkan urusan di masa yang akan datang. Yuk belajar menulis dari sekarang!

Yenny Anggrainy Photo Community Writer Yenny Anggrainy

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You