Comscore Tracker

Ini Tanda-Tanda Kamu Belum Dewasa Walaupun Sudah Bertambah Usia

Kira-kira kamu sudah dewasa belum?

Sering kali kita menyamakan antara tua dan dewasa. Nyatanya, tua merupakan ukuran angka bagi usia. Sedangkan dewasa, ditunjukkan melalui sikap dan pemikiran. Jadi, bertambahnya usia belum tentu menunjukkan bahwa kamu merupakan orang dewasa. Bagaimana dengan ciri-ciri yang lain? Ini tanda-tanda kamu belum dewasa.

1. Kamu masih sering memikirkan pendapat negatif dari orang lain. Padahal, semua itu bisa kamu abaikan

Ini Tanda-Tanda Kamu Belum Dewasa Walaupun Sudah Bertambah Usiaunsplash.com/@chadmadden

Pendapat orang lain belum tentu baik bagimu. Cobalah membagi pendapat orang-orang menjadi dua, yaitu yang harus diterima dan diabaikan. Jika sudah memiliki pemikiran yang dewasa, seharusnya kamu bisa mengabaikan pemikiran orang lain yang negatif bagi dirimu. 

Jika pendapat negatif dari orang lain masih terus didengarkan, maka kamu akan sulit berkembang dan menjadi diri sendiri. Namun bukan berarti kamu menutup telinga atas semua pendapat orang lain. Tetaplah dengarkan pendapat orang lain yang dapat membangunmu!

2. Selain itu, kamu mudah terbawa emosi jika ada hal yang tidak bisa diterima

Ini Tanda-Tanda Kamu Belum Dewasa Walaupun Sudah Bertambah UsiaPexels.com/Craig Adderley

Jika kamu mudah emosi dalam segala hal, maka itulah sikap utama yang mengindikasikan bahwa kamu belum dewasa. Dalam menghadapi permasalahan, orang yang dewasa tidak terfokus terhadap permasalahannya tersebut. Sebaliknya, ia berusaha mencari solusi dan menyelesaikan permasalahan dengan kepala dingin. 

Emosi tersebut juga menjadikanmu tidak berpikir sebelum bertindak. Karena itu, apa yang kamu lakukan hanya berdasarkan emosi saja dan tanpa pemikiran yang jernih. 

3. Di sisi lain, dirimu belum berani untuk mengakui sebuah kesalahan dan cenderung membela diri

Ini Tanda-Tanda Kamu Belum Dewasa Walaupun Sudah Bertambah UsiaPexels.com/Vera Arsic

Saat kamu tak bisa mengakui kesalahan dan terus membela diri sendiri, itu sama saja dengan tidak bisa menerima kenyataan bahwa kamu memang salah. Jika seperti itu, maka sikapmu belum dewasa. 

Jika sudah dewasa, seharusnya kamu bisa mengakui kesalahan tersebut dan belajar dari setiap kesalahan yang ada. Setiap permasalahan pasti punya suatu pelajaran yang bisa dipetik dan dijadikan evaluasi diri.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Memiliki Kedewasaan Pribadi, Ada Cirimu?

4. Sosokmu pun sulit menerima kritik dan sangat mudah tersinggung

Ini Tanda-Tanda Kamu Belum Dewasa Walaupun Sudah Bertambah UsiaUnsplash.com/christianfregnan

Manusia membutuhkan orang lain selama hidupnya. Dengan begitu, kamu harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Jika masih mudah tersinggung selama bergaul dan menyesuaikan diri, maka hal tersebut menunjukkan bahwa kamu belum dewasa secara emosional. 

Setiap pekerjaan yang kamu lakukan pun, tidak akan selalu sempurna. Maka dari itu, kamu membutuhkan sebuah kritik membangun untuk meningkatkan kualitas diri. Cobalah untuk menerima kritik yang positif demi kebaikanmu sendiri!

5. Terakhir, kamu belum bisa mencintai dan menerima diri sendiri

Ini Tanda-Tanda Kamu Belum Dewasa Walaupun Sudah Bertambah Usiahttps://unsplash.com/@nataliafigueredo

Kamu masih belum dapat bersyukur dan cenderung terlalu fokus kepada kekurangan dirimu. Bahkan, kamu masih lebih sering memprioritaskan orang lain hingga lupa dengan prioritas diri sendiri. 

Menjadi dewasa bukan hanya perkara berperilaku kepada orang lain, tetapi bagaimana pula kamu memperlakukan diri sendiri. Jangan sampai kamu jadi orang yang minder dan tidak bangga terhadap dirimu sendiri. Karena jika ingin berperilaku baik terhadap orang lain, maka kamu harus baik terlebih dahulu terhadap dirimu sendiri. 

Gimana? Kamu punya tanda-tanda belum dewasa? Mari ubah pemikiran agar dapat menjadi orang yang dewasa dan lebih baik!

Baca Juga: 5 Ciri Orang yang Kurang Mencintai Diri Sendiri, Kamu Salah Satunya?

Topic:

  • Yolanda Vania
  • Febriyanti Revitasari

Just For You