Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Boleh Kelewat Cuek Urusan Penampilan, Penting!

Penampilan itu modal yang gak boleh disepelekan

Penampilan memang bukan satu-satunya indikator yang bisa kamu pakai untuk menilai orang lain. Bahkan, tidak jarang kita tertipu oleh tampilan luar orang lain yang tampak baik dan bersahaja. Meski demikian, bukan berarti kamu jadi tidak peduli dan meremehkan urusan penampilan.

Bagaimanapun seseorang itu pertama kali di lihat dari tampilan luar. Kesan pertama itu sangat penting karena dapat menentukan sikap dan ketertarikan orang lain. Nah, biar kamu makin sadar, berikut ada lima alasan mengapa kamu gak boleh kelewat cuek urusan penampilan. Keep reading, ya! 

1. Penampilanmu dapat melambangkan citra dirimu secara tersirat

5 Alasan Kamu Gak Boleh Kelewat Cuek Urusan Penampilan, Penting!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Citra dirimu bisa dilihat dari caramu berpenampilan. Sering kali disepelekan, nyatanya kemampuan dalam berpenampilan merupakan modal penting yang harus terus dikembangkan. Saat seseorang tampil rapi, tentunya orang lain di sekitar akan memandangmu sebagai pribadi yang lebih positif.

Berbeda halnya jika kamu berpenampilan seadanya dan sering salah kostum saat menghadiri suatu acara. Tentu hal tersebut membuat kesan orang terhadapmu juga tidak akan baik. Meski pandangan orang tidak perlu kamu pusingkan, bukan berarti kamu harus tampil sembarangan bukan? 

2. Penampilan yang berantakan bisa mengindikasikan bahwa kamu kurang menyayangi diri sendiri

5 Alasan Kamu Gak Boleh Kelewat Cuek Urusan Penampilan, Penting!Pexels.com/Craig Adderley

Ciri seseorang sayang kepada dirinya adalah dia akan menjaga penampilannya. Mengapa? Karena penampilan itu berkaitan dengan diri atau fisik seseorang. Apakah seseorang bisa disebut menyayangi dirinya jika dia saja jarang gosok gigi dan malas mandi? 

Menjaga penampilan itu tidak harus dengan melakukan perawatan mahal. Maksud menjaga di sini adalah kamu senantiasa bepenampilan rapi, tidak malas untuk merawat diri dan rajin membersihkan tubuh. 

Baca Juga: 5 Hal yang Pasti Kamu Harapkan saat Punya Sosok Pasangan yang Cuek

3. Peduli akan penampilan juga bisa meningkatkan rasa pedulimu terhadap kesehatan

5 Alasan Kamu Gak Boleh Kelewat Cuek Urusan Penampilan, Penting!pexels.com/Andrea Piacquadio

Kita memang harus mensyukuri segala tampilan fisik yang kita miliki. Namun, bukan berarti rasa syukur tersebut kamu jadikan alasan untuk tidak membenahi hal-hal yang masih bisa kamu benahi.  

Contohnya saat bobot tubuhmu sudah jauh dari kisaran ideal. Jika kamu memang peduli akan penampilan dan kesehatan pasti kamu akan giat berolahraga dan melakukan diet sehat.

Kegiatan itu akan otomatis kamu lakukan tidak serta merta untuk memperbaiki penampilan saja, tetapi untuk meminimalir risikomu terserang penyakit kronis akibat obesitas di kemudian hari. 

4. Kamu jadi lebih enak dan sedap dipandang

5 Alasan Kamu Gak Boleh Kelewat Cuek Urusan Penampilan, Penting!Pexels.com/Gary Barnes

Yang namanya enak dipandang bukan berarti harus rupawan. Dengan berpenampilan rapi saja kamu sudah mampu membuat dirimu lebih sedap dipandang mata. Selain itu, tampilanmu yang bersahaja dan wangi tentu membuat auramu tampak lebih positif di mata orang lain.

Bandingkan jika kamu tampil seadanya dengan rambut yang urakan. Tentu orang di sekitarmu juga akan risih dan malu untuk dekat-dekatmu, kan? Nah, kalau sudah begini apa kamu masih mau cuek urusan penampilan? 

5. Penampilan yang rapi membuatmu lebih dihargai

5 Alasan Kamu Gak Boleh Kelewat Cuek Urusan Penampilan, Penting!freepik/vgstockstudio

Penampilan yang rapi itu sangat penting terlebih jika itu menyangkut hubungan pekerjaan. Biasanya potensi klien akan tertarik pada projekmu lebih besar jika penampilanmu rapi dan menyakinkan.

Apalagi jika pekerjaanmu berhadapan langsung dengan banyak orang, tentunya kamu harus lebih ekstra memperhatikan penampilan. Tak dapat dimungkiri bahwa penampilan luarmu bisa menentukan cara orang lain bersikap kepadamu. S

aat kamu berhadapan dengan banyak orang tetapi bajumu kucel dan berantakan tentu kamu terlihat kurang meyakinkan bukan? Tampak sepele, nyatanya hal tersebut bisa membuatmu tampak gak serius bekerja dan berniat main-main saja. 

 

Nah, itulah lima alasan mengapa kamu gak boleh kelewat cuek dengan penampilanmu. Harus lebih peduli, nyatanya tampilan luarmu bisa mempengaruhi sikap orang lain, lho! Yuk, lebih peka dan belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi! 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Terbiasa Cuek Sama Omongan Negatif Orang Lain

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya