Comscore Tracker

5 Hal Ini Gak Bisa Kamu Lawan dalam Hidup, Hadapi dengan Berani!

Nikmati prosesnya dan cobalah untuk lebih realistis

Gak semua hal dalam hidup berjalan sesuai rencanamu. Gak perlu kamu lawan. Segala hal kurang nyaman yang mampir dalam hidupmu cukup kamu hadapi dengan berani. Sama halnya badai, banyak hal buruk yang cukup dibiarkan lewat tanpa kamu melakukan perlawanan.

Badai yang melanda hidupmu mungkin akan mengguncang fisik maupun mental. Namun, setelahnya pasti kamu akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih kuat dari sebelumnya.

Nah, berikut ada lima hal yang gak bisa kamu lawan dalam hidup dan cukup kamu hadapi dengan tenang. Pastikan kamu bisa menerima prosesnya dan selesaikan masalahnya perlahan.

1. Kenyataan jika kamu gak bisa jadi sempurna

5 Hal Ini Gak Bisa Kamu Lawan dalam Hidup, Hadapi dengan Berani!ilustrasi sedih (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sekeras apa pun usaha dalam hidup, kamu tetaplah manusia biasa yang banyak kurangnya. Hidup gak mungkin dikelilingi kebahagiaan terus, karena tak ada manusia yang hidupnya benar-benar sempurna.

Kalau rezekinya bagus, bisa saja kisah percintaannya yang gak mulus. Ada juga yang kisah percintaannya mudah, rezekinya yang dibikin susah. Hidup itu benar-benar ada plus minus-nya.

Tugasmu adalah menerima bahwa kamu manusia biasa. Kamu harus paham bahwa konsep sempurna itu sama sekali gak ada di dunia. Kamu cukup berusaha yang terbaik dan setelahnya biarkan Tuhan mengatur skenario terbaik menurut versi-Nya.

2. Kegagalan bisa menghampirimu kapan saja

5 Hal Ini Gak Bisa Kamu Lawan dalam Hidup, Hadapi dengan Berani!ilustrasi sedih (pexels.com/Liza Summer)

Gagal itu bagian dari perjalanan hidup setiap manusia. Kamu gak bisa menghadapinya dengan cara melawan kedatangannya. Sekuat apa pun kamu mengusahakan yang terbaik, risiko gagal itu tetap mengikutimu setiap saat.

Ada banyak pelajar pandai yang gagal masuk universitas ternama padahal dia sudah berusaha dan berdoa setiap harinya. Ada pula pelajar yang biasa-biasa saja, justru dimudahkan masuk universitas yang dia sendiri ragu untuk kuliah di sana.

Dua hal tersebut menandakan, jika tak semua hal berjalan sesuai mau kita. Gagal itu bagian hidup yang harus di telan meskipun pahit. Kegagalan demi kegagalan memang sangat mengguncang mental. Mental kita diaduk-aduk untuk tetap bertahan padahal kehidupan rasanya sudah gak karuan.

Untuk kamu yang ada di titik tersebut, cukup ingat bahwa segala hal itu gak pernah datang untuk menjadi sia-sia. Tuhan pasti punya maksud dan kisah indah lain yang gak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Semangat, ya!

Baca Juga: 5 Tips Berani Hadapi Kegagalan, agar Kamu Gak Jalan di Tempat

3. Orang yang kamu cintai bisa pergi meninggalkanmu sewaktu-waktu

5 Hal Ini Gak Bisa Kamu Lawan dalam Hidup, Hadapi dengan Berani!ilustrasi pasangan (pexels.com/Ron Lach)

Pada akhirnya, kamu hanya akan hidup sendiri. Kamu gak bisa melawan kenyataan bahwa orang-orang terkasihmu bisa pergi dari hidupmu kapan saja. Ada dua alasan mengapa orang yang kita kasihi meninggalkan kita. Pertama, karena pelajarannya sudah usai dan yang kedua disebabkan oleh waktunya di dunia sudah selesai. 

Apa pun yang nantinya jadi alasannya, kamu harus lebih dulu memahami bahwa kamu gak bisa bergantung dan berharap banyak kepada orang lain. Entah kapan, kamu harus bersiap jika suatu hari nanti yang bisa memelukmu hanyalah diri sendiri. Bertemu dan berpisah itu sebuah kepastian, gak ada salahnya kalau kamu belajar lebih mandiri dari sekarang.

Semakin kamu bergantung di raga manusia lain, semakin sakit juga hatimu jika orang tersebut ditarik mundur dari hidupmu. Kurangi ketergantunganmu dari sekarang untuk kebaikanmu di masa depan nanti tentunya.

4. Banyak ekspektasi yang gak berjalan sesuai realita

5 Hal Ini Gak Bisa Kamu Lawan dalam Hidup, Hadapi dengan Berani!ilustrasi merenung (pexels.com/MART PRODUCTION)

Semakin dewasa, hidup mungkin gak hanya tentang bahagia, foya-foya, liburan, maupun kerennya unggahan di media sosial. Hidup berubah gak terlalu menarik dibicarakan, kadang menerbangkan, menjatuhkan, membuat tertawa seharian, atau juga tangis berbulan-bulan. Gak ada yang bisa menebak apa yang akan terjadi esok hari. Semuanya selalu jadi misteri.

Kita gak bisa melawan kenyataan bahwa banyak sekali espektasi yang dalam perjalanannya justru berlawanan dengan realita. Mungkin dulu espektasinya jika sudah bekerja dan stabil finansial kita akan bahagia dan tenang, realitanya stres tetap saja datang dan si bahagia cuma berhasil mampir sebentar.

Gak ada yang salah memang dari espektasi. Sayangnya, kita saja yang suka meramunya terlalu tinggi sehingga jatuhnya bukan lagi tentang patah tulang, tapi juga kehilangan harapan.

5. Kamu gak selalu diperlakukan baik, meski sudah berlaku baik pada setiap manusia

5 Hal Ini Gak Bisa Kamu Lawan dalam Hidup, Hadapi dengan Berani!ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Selalu ada saja orang yang memerlakukanmu dengan buruk meskipun kamu sudah berusaha baik pada setiap manusia. Hal tersebut gak bisa kamu lawan. Itu sebuah bagian dari hidup yang memang selayaknya ada agar kita belajar. Belajar untuk menjadi manusia yang ikhlas. Manusia yang melakukan apa pun tanpa meminta dibalas lebih.

Hidup ini bukan tempat balas-membalas. Akan ada saatnya semua yang kamu beri dapat balasan, bukan dari manusia tetapi dari Tuhan. Biasakan diri dari sekarang untuk melakukan kebaikan tanpa sedikitpun berespektasi bahwa kebaikan itu akan berbalik kepada kita. Anggap saja "menjadi baik" itu sebuah kewajiban dan kamu melakukannya karena itu tugasmu.

Hidup ini seringnya gak sama seperti alur cerita dalam sinetron. Gak selalu peran utama selamat dalam kecelakaan. Gak selalu peran utama menang dalam sebuah perlombaan.

Peran utama dalam hidup harus merasakan bahwa ada kalanya rasa pahit sampai kapan pun akan tetap menjadi pahit. Ada banyak hal yang gak bisa berjalan sesuai apa yang dikatakan orang bijak. Gak perlu takut atau melawannya, cukup nikmati dan biarkan semuanya berlalu begitu saja. Kamu pasti bisa!

Baca Juga: 5 Sisi Positif di Balik Perjuangan Anak Rantau, Gak Gampang Rapuh!

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya