Comscore Tracker

5 Tanda Kegagalanmu adalah Berkah yang Tersembunyi dari Tuhan

#IDNTimesLife Gak perlu kamu tangisi berhari-hari!

Kebanyakan orang menganggap kegagalan sebagai akhir dari perjuangan yang mereka lakukan. Gak jarang kegagalan sampai membuat seseorang begitu terpuruk hingga merasa depresi. Harus kamu intropeksi, nyatanya kegagalan bisa mendatangkan efek positif jika kamu memandangnya dari perspektif berbeda.

Bagian dari takdir yang harus kamu terima, bisa jadi kegagalanmu adalah cara Tuhan untuk menyelamatkanmu dari jalan yang salah. Nah, berikut ada lima tanda bahwa kegagalanmu adalah berkah tersembunyi dari Tuhan. Penasaran apa saja tandanya? Keep reading, ya! 

1. Kamu semakin mengenali dirimu

5 Tanda Kegagalanmu adalah Berkah yang Tersembunyi dari TuhanPexels.com/Alan Retratos

Kita sebagai manusia kadang hanya hidup dan bekerja tetapi gak benar-benar paham apa yang kita inginkan sebenarnya. Banyak dari kita bahkan memilih hidup dengan alur yang tersedia tanpa berkeinginan menggali kemampuan tersembunyi agar diri jauh lebih berkembang.

Salah satu hal yang bisa membuat seseorang mengenali dirinya adalah dengan melewati kegagalan. Kegagalan itu fase hidup yang cukup sulit, jika kamu berhasil mengambil hikmah dan melewatinya dengan baik kamu justru akan menemukan jati diri dan makin memahami apa yang kamu inginkan di dunia ini. 

2. Kamu semakin stabil dalam segi emosional

5 Tanda Kegagalanmu adalah Berkah yang Tersembunyi dari Tuhanunsplash.com/Artem Maltsev

Seharusnya semakin tua usia seseorang, maka kestabilan emosi orang tersebut juga semakin baik. Namun, pada kenyataannya kedua hal tersebut tidak selalu berjalan beriringan.

Gak sedikit orangtua yang memiliki kemampuan emosi yang buruk dan masih terkesan meledak-ledak seperti anak-anak. Nah, jika caramu mengendalikan emosi justru mengalami perbaikan usai mengalami kegagalan itu artinya kegagalanmu membawa berkah tersembunyi untuk dirimu.

3. Kamu tumbuh menjadi pribadi yang lebih bijak

5 Tanda Kegagalanmu adalah Berkah yang Tersembunyi dari TuhanPexels.com/Ketut Subiyanto

Banyak orang yang menjadi bijak usai mengalami serangkaian kejadian buruk dalam hidupnya. Gak bisa dimungkiri bahwa hal tidak nyaman seperti kegagalan berandil cukup besar dalam mengubah pola pikir dan kepribadian seseorang. Semakin kamu memahami bahwa banyak hal yang gak bisa kamu kontrol, maka semakin bijak pula dirimu dalam menghadapi berbagai rintangan dalam kehidupan. 

Baca Juga: 5 Motivasi untukmu yang Baru Mengalami Kegagalan, Biar Semangat Lagi!

4. Kamu sekarang gak sering dikecewakan ekspektasi sendiri

5 Tanda Kegagalanmu adalah Berkah yang Tersembunyi dari TuhanPexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Espektasi adalah sumber kekecewaan yang paling disengaja. Semakin tinggi espektasimu terhadap apa pun, maka semakin besar pula potensimu dirundung kecewa suatu hari nanti. Namun, kebiasaanmu dalam menakar ekspektasi justru dapat semakin baik jika kamu kerap melewati kegagalan dalam hidupmu dengan baik.  

Kunci agar kegagalanmu dapat berubah menjadi berkah tersembunyi adalah kamu harus menerimanya. Dengan menerimanya, kamu justru dapat menemukan pelajaran dan bekal berharga untuk masa depanmu kelak. 

5. Kamu gak takut lagi dalam menghadapi berbagai rintangan hidup

5 Tanda Kegagalanmu adalah Berkah yang Tersembunyi dari TuhanPexels.com/Andrea Piacquadio

Saat kegagalan kamu pandang secara negatif tentu kegagalanmu hari ini membuatmu takut untuk mencoba banyak hal di masa depan. Berbeda halnya jika kamu memandangnya dalam sudut pandang positif, tentunya kamu akan berhasil memetik pelajaran dan menghadapi masa depan dengan lebih percaya diri.

Dengan keberhasilanmu memetik pelajaran, kamu pun akan terpacu untuk meningkatkan kualitas diri dan senantiasa bersemangat menjalani hari yang serba ketidakpastian ini. Secara gak langsung, kegagalan yang kamu alami justru akan terasa seperti berkah yang berbungkus duka bukan? 

Nah, itulah lima tanda bahwa kegagalanmu adalah berkah tersembunyi dari Tuhan. Sedihlah seperlunya kemudian belajarlah mengambil hikmahnya. Ingat ya, sekali gagal itu bukan berarti hidupmu langsung kiamat!

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Justru Membuatmu Sulit Bangkit dari Kegagalan

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya