Comscore Tracker

10 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Si Penyendiri, Stop Salah Sangka!

#PanjatPoin Membuka kepribadian si penyendiri

Di dunia ini seringkali kita temui orang-orang yang suka menyendiri--biasanya mereka adalah orang dengan kepribadian introvert. Lantaran lebih senang bergulat dengan diri sendiri, tak jarang dirinya jadi kesulitan berinteraksi dengan orang di sekitarnya. Ia juga seringkali dianggap "aneh" hingga orang enggan berteman dengannya. Padahal, sebenarnya si penyendiri gak selalu begitu lho.

Seberapa kenal kita dengan orang yang senang menyendiri? Atau mungkin kamu sendirilah si penyendiri itu? Yuk, simak beberapa sifat dan karakter si penyendiri yang bersumber dari kutipan-kutipan Goodreads.

1. Si penyendiri kerap dikecewakan oleh dunia

10 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Si Penyendiri, Stop Salah Sangka!Pexels.com/Josh Hild

Jodi Picoult penulis My Sister's Keeper membuat penjelasan perihal apa yang menyebabkan seseorang menjadi penyendiri. Rumor apa pun yang pernah kita dengar tentang si penyendiri sesungguhnya bukan karena mereka menikmati kesunyian.

Si penyendiri ini menjadi sedemikian karena sebelumnya mereka telah mencoba berbaur dengan dunia, namun orang-orang terus menerus membuatnya kecewa.

2. Si penyendiri akan fokus pada apa yang sedang dan akan dia kreasikan

10 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Si Penyendiri, Stop Salah Sangka!Pexels.com/Veerasak Piyawatan

Criss Jami, penulis Killosophy, menjelaskan tentang si penyendiri itu kemungkinan kikuk di dunia sosial atau dirinya yang terisolasi lebih dari apa pun. Si penyendiri ini memiliki kreativitasnya sendiri.

Apa yang terjadi pada si penyendiri ini membuat kreativitasnya lain dari biasa, tidak bersepakat dengan apa yang telah dikatakan dan dilakukan. Harapan si penyendiri ini akan bergantung pada kreativitasnya sekeras mungkin.

Keanehannya mungkin berdampak pada kerugian yang sementara, namun keanehan si penyendiri ini memiliki keuntungan yang permanen.

Baca Juga: Gak Semua Pendiam! 8 Salah Kaprah yang Orang Pikirkan tentang Introver

3. Si penyendiri ingin merasa dirinya ada di mana saja

10 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Si Penyendiri, Stop Salah Sangka!Pexels.com/Malte Lu

Arundhati Roy mengaku bahwa dirinya adalah seorang penyendiri berkata bahwa di kepalanya ia selalu ingin merasa dapat berada di mana saja. Pikiran itu diakuinya sebagai sejenis kesembronoan yang didapatinya sebagai seorang penyendiri.

4. Si penyendiri akan bersama dengan mereka yang berjuang untuk kebenaran, keindahan dan keadilan

10 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Si Penyendiri, Stop Salah Sangka!newscientist.com

Albert Einstein yang kini dikenal sebagai jenius pun mengaku bahwa dirinya adalah seorang penyendiri dalam kesehariannya. Namun kesadarannya terhadap komunitas yang tidak terlihat telah mencegahnya dari merasakan isolasi.

Komunitas tidak terlihat yang dimaksudkan Albert Einstein ialah komunitas yang berjuang untuk kebenaran, keindahan dan keadilan.

5. Si penyendiri menganggap "rumor" itu seperti penyakit kanker yang ada di tubuh lingkungan sosial

10 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Si Penyendiri, Stop Salah Sangka!Pexels.com/ELEVATE

Kutipan lain dari Criss Jami, penulis Killosophy. Menurutnya "rumor" itu bak penyakit kanker di lingkungan sosial karena berakar pada otaknya massa atau kebanyakan orang. Selain itu, rumor itu sendiri bersifat menyenangkan.

Karena rumor hanya bagian dari kebenaran, maka kita tidak akan mengetahui di bagian mana informasi dari rumor itu salah namun terus-menerus menyebar. Rumor berhenti ketika beberapa orang yang berjiwa berani mempertanyakan validitas rumornya.

Namun, untuk menghentikan rumor tersebut mereka yang berjiwa berani itu mesti mengamputasi informasi untuk melindungi penilaian pribadinya. Dengan kata lain, sikap ketidaktahuan mereka dinilai lebih daripada kebohongan yang dipercaya menjadi benar.

6. Si penyendiri memiliki wajah bijak atau wajah sedih

10 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Si Penyendiri, Stop Salah Sangka!Pexels.com/Tim Savage

Mengambil kutipan Carsoon McCullers penulis The Heart is a Lonely Hunter,  menggambarkan seorang penyendiri, nampak renungan damai di wajah-wajah yang paling menderita atau wajah-wajah yang paling bijak. Namun tetap membuatnya merenung di sepanjang jalanan kota selalu diam dan sendiri.

7. Si penyendiri merasa tersiksa apabila ia mesti menjadi memesona atau mesti berkata sesuatu

10 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Si Penyendiri, Stop Salah Sangka!Pexels.com/Mauricio Mascaro

Peter Cameron penulis Someday This Pain Will Be Useful to You, menggambarkan perasaan seorang penyendiri yang merasa tidak mampu ketika diwajibkan untuk menjadi orang yang memesona atau setidaknya mesti memiliki sesuatu untuk dikatakan terhadap orang lain. 

Memesona dalam hal ini ialah menjadi charming atau menarik dalam bertutur dan bertingkah laku. Oleh karena itu, si penyendiri ini akan tersiksa jika berada di suatu pesta atau menjadi bintangnya pesta yang mewajibkannya untuk menarik dalam tutur dan tingkah laku.

8. Si penyendiri mengetahui banyak hal dari yang nampak diketahuinya

10 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Si Penyendiri, Stop Salah Sangka!Pexels.com/Daria Sevtsova

Mengutip Criss Jami yang menulis Healology menggambarkan si penyendiri sebagai orang-orang yang diam itu selalu mengetahui lebih dari yang ditampakkannya. Walaupun nampak normal, dunia batin mereka tampak misterius dan karenanya dianggap aneh.

Namun jangan meremehkan kesadaran sosial mereka dan pemahaman akan realitas dari seseorang yang pendiam. Mereka, si penyendiri ini, merupakan seorang pengamat dan penyerap tanpa banding.

9. Si penyendiri sesungguhnya kuat, bebas dan tak terkalahkan

10 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Si Penyendiri, Stop Salah Sangka!Pexels.com/Bruce Mars

Mengutip Jo Nesbø penulis Frelseren yang menceritakan bahwa atasannya yang dulu berkata bahwa orang-orang penyendiri sepertimu selalu memilih jalan dari kebanyakan perlawanan, seperti sebuah kutukan. Oleh karena itulah selalu berakhir sendirian.

Kemudian dirinya yang bercerita ini berpikir bahwa seseorang mesti menemukan sesuatu yang disukainya dari dalam dirinya sendiri untuk dapat bertahan. Walaupun orang lain berkata bahwa hidup sendirian itu tidak dapat bersosialisasi dan egois, namun dirinya yang penyendiri itu berjiwa bebas dan tidak menyeret orang lain bersama dirinya.

Oleh karena itu, dirinya yang penyendiri membuatnya merasa kuat, bebas dan kebal atau tak terkalahkan.

10. Si penyendiri lebih dapat menikmati kebersamaan dibandingkan orang yang biasa berkelompok

10 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Si Penyendiri, Stop Salah Sangka!Pexels.com/Oleksander Pidvalnyi

Mengutip Mokokoma Mokhononana penulis The Confession of a Misfit, berkata bahwa tidak ada orang yang lebih dapat menikmati kebersamaan seintens orang yang terbiasa menghindar untuk ditemani orang lain. 

Dengan kata lain, sekalinya si penyendiri ini ditemani orang lain, dirinya akan sangat menikmatinya. Kemungkinan karena si penyendiri ini selektif dengan orang yang diizinkannya menemani atau ketika dirinya membiarkan beberapa momennya ditemani orang lain.

Bagaimana dengan kamu yang penyendiri atau ketika ada saat-saat kau lebih suka untuk sendirian. Apakah hal-hal di atas mewakili kepribadian penyendiri atau situasi kalian saat menyendiri?

Baca Juga: Kaum Introvert Lakukan 6 Hal Ini Agar Tak Terkurung di Zona Nyaman

Yulia Erni Photo Verified Writer Yulia Erni

Full Time Daydreamer & Nightthinker iannyeong@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya