Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Teman yang Moody, Jangan Emosi Dulu!

Memberi kehangatan untuk orang yang mudah berubah-ubah mood!

Dalam pertemanan tentu akan ada banyak hal yang harus kita pahami, entah itu perilaku dan pola pikirnya. Semakin banyak teman, semakin banyak pula kita mengingat karakter mereka. Ada beberapa teman yang susah sekali kita pahami karakternya. Ada kalanya kita akan bertemu karakter orang yang sering berubah-ubah sesuai mood-nya. Hal ini tentu sangat membosankan dan melatih emosi.

Mood adalah suasana hati manusia yang tidak menentu. Kadang baik, kadang bisa juga buruk. Kondisi ini yang membuat kita menjadi seseorang yang di luar kendali. Saat di tempat kerja, sekolah, atau bahkan di rumah, pasti akan ada saja sesuatu yang membuat kita bad mood.

Jika melihat ada teman yang moody, gampang berubah mood, jangan langsung emosi. Coba atasi dengan beberapa cara berikut ini. 

1. Memberikan dia cokelat

5 Cara Mengatasi Teman yang Moody, Jangan Emosi Dulu!ilustrasi memberi cokelat (pexels.com/Budgeron Bach)

Saat mood salah satu teman berubah-ubah, tentu kita bertanya-tanya sebenarnya dia lagi ada masalah apa? Ternyata, memberikan cokelat bisa jadi cara paling jitu untuk mengembalikan mood, lho. Cokelat mengandung senyawa teobromina yang dapat membantu kestabilan emosi. Tentunya sudah banyak orang yang tau tentang hal ini.

Selain itu, cokelat memiliki rasa manis, lumer, serta lembut di mulut. Hal ini dapat membuat pikiran lebih nyaman sehingga bisa membuat mood teman kita membaik. Memberikan cokelat mungkin sekilas terlihat hal sepele, namun akan membuat dia terharu karena merasa diperhatikan.

2. Mengajaknya pergi ke tempat yang tidak terlalu ramai

5 Cara Mengatasi Teman yang Moody, Jangan Emosi Dulu!ilustrasi jalan-jalan ke pantai (pexels.com/ Yuri Manei)

Suasana hati sedang kacau dapat bertambah buruk jika melihat sekeliling yang sedang sibuk dengan kegiatan masing-masing. Hal ini dapat membuat perasaan merasa tambah kacau dan penat. Jika temanmu baik-baik saja di pagi hari, lalu menjelang siang berubah menjadi tidak karuan, cobalah untuk mengajaknya keluar sejenak.

Bisa jadi dia butuh ruang untuk melepaskan penat yang ada di otaknya. Kamu bisa mengajak dia ke suatu tempat yang jauh dari keramain seperti kafe, pantai, atau sejenisnya. Bisa saja dengan kamu mengajaknya keluar, pikirannya kembali fresh dan bisa mengontrol emosinya kembali.

3. Bertanya apakah dia baik-baik saja

5 Cara Mengatasi Teman yang Moody, Jangan Emosi Dulu!ilustrasi sedang bicara berdua (pexels.com/cottonbro)

Rasa simpati dan empati sangatlah penting saat menjalin pertemanan. Apalagi jika kalian sudah berteman lama, pasti rasa itu tumbuh dengan sendirinya. Bertanya tentang sesuatu seperti kabar, pekerjaan, atau bahkan perasaan terhadap lawan jenis sudah menjadi rutinitas bagi kalian yang sudah berkawan lama.

Jika kita melihat ada teman yang sering berubah-ubah mood dari pagi hingga malam hari  bahkan bisa saja setiap menit, maka tidak ada salahnya kita bertanya tentang keadaannya. Bisa saja dia sedang menahan sesuatu sendirian sehingga tidak bisa diluapkan atau diceritakan.

Sebagai teman yang baik, sebaiknya katakan jika kamu siap mendengarkan keluh kesahnya. Bisa saja ia ingin bercerita, tapi malu karena mungkin masalahnya tak kunjung usai. Saat sedang berbicara pun harus dengan kalimat yang sangat hati-hati, karena di saat seseorang dalam mood buruk akan sangat berbahaya jika sampai salah berbicara.

Baca Juga: Terlalu Serius dan Moody, 5 Zodiak Ini Susah Buat Diajak Becanda

4. Memberikan dia waktu untuk sendiri

5 Cara Mengatasi Teman yang Moody, Jangan Emosi Dulu!ilustasi seseorang sedang sendirian (pexels.com/MART PRODUCTION)

Banyak dari kita jika sedang tidak baik-baik saja, tidak ingin diganggu oleh siapapun. Hal ini berguna untuk menenangkan hati dan pikiran kita agar kembali stabil. Seperti halnya, jika teman kita sedang dalam fase mood tidak menentu. Alangkah baiknya jangan mengganggu dia.

Biarkan dia untuk tetap sendiri dan tenang dalam kesendiriannya. Dengan memberikan waktu sendiri, dapat membantu dia menemukan jalan keluar dari masalah yang sedang dihadapi. Jika sudah membaik, kamu bisa jelaskan bahwa memberikan waktu dia untuk sendiri adalah hal baik saat mood sedang tidak stabil.

5. Mencoba memberikan pelukan hangat

5 Cara Mengatasi Teman yang Moody, Jangan Emosi Dulu!ilustrasi sedang berpelukan (pexels.com/Mental Health America (MHA)

Ada banyak orang atau bahkan teman kita yang kekurangan kasih sayang dari orang-orang sekitar. Sebagai teman yang baik, tidak ada salahnya jika memberikan ia perhatian lebih. Jika melihat orang yang kekurangan kasih sayang, tentunya kita sudah paham bahwa dia menjadi orang yang sedikit susah diatur.

Melihat hal tersebut, pasti kita merasa kasihan dan ingin memberikan perhatian lebih, tapi takut dia tidak menerimanya. Beda lagi jika itu adalah teman dekat yang sedang mengalami perubahan mood. Coba dekati dan berikan pelukan hangat. Cara ini ampuh memberikan rasa nyaman dan membuat seseorang tenang.

Sekarang kamu sudah tahu bukan bagaimana cara mengatasi teman yang moody. Sebenarnya, perubahan mood itu wajar asal jangan menjadi kebiasaan. Jika demikian, tidak ada salahnya menasihati teman kamu sebagai bentuk perhatian.

Yuliana Sukma Lestari Photo Writer Yuliana Sukma Lestari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya