Comscore Tracker

15 Pelajaran Hidup Ini Bakal Kamu Dapatkan Setelah Nonton Reply 1988!

Salah satunya: jatuh cinta sama teman sendiri itu wajar kok

Setelah 20 episode berlalu, akhirnya serial drama Korea favorit berjudul Reply 1988 sampai di akhir cerita. Akting pemain, komposisi tokoh, alur cerita, latar cerita dan karakteristik semua tokohnya membuat drama ini berbeda dari yang lain.

Ada kalanya kamu akan tertawa terbahak-bahak melihat tingkah laku Duk Seon. Ada saatnya kamu juga akan terharu melihat bakti Sun Woo pada orang tuanya. Serial ini tentu tak hanya mampu menyajikan tontonan yang menarik, tapi juga pelajaran hidup bagi kita semua. Apa saja? Berikut ini pelajaran hidup yang dapat kamu ambil setelah menonton drama Reply 1988!

1. Sahabat sejati adalah mereka yang ada di saat suka dan duka. 

15 Pelajaran Hidup Ini Bakal Kamu Dapatkan Setelah Nonton Reply 1988!sumber gambar: kdramakisses.com

Mereka yang kamu sebut sahabat sejati adalah mereka yang ada saat kamu sedang terpuruk, selalu menyemangati dan membantu mencari soluasi. Mereka ada di saat hari bahagiamu, ikut tersenyum bangga atas pencapaianmu.

2. Jatuh cinta sama teman sendiri itu wajar. Gak papa kok!

15 Pelajaran Hidup Ini Bakal Kamu Dapatkan Setelah Nonton Reply 1988!sumber gambar: dramabeans.com

Hubungan yang dekat dan intens antara pria dan wanita bisa membuat keduanya saling menaruh hati. Wajar, normal bagi kita sebagai manusia. Jangan pernah terperangkap dengan istilah friendzone. Kalau memang suka, katakan dengan jujur. Teman sejati tidak akan pergi hanya karena tidak punya perasaan yang sama. Lihatlah Duk Seon dan Sun Woo. Lihat juga Choi Taek yang jujur pada perasaannya.

3. Kalau memang jodoh, pasti gak bakal ke mana-mana. Tidak akan pergi jauh.

15 Pelajaran Hidup Ini Bakal Kamu Dapatkan Setelah Nonton Reply 1988!sumber gambar: smtm4.blogspot.com

Terpisah selama enam tahun Sun Woo dan Bo Ra, serta Jung Bong dan Man Ok bisa kembali bersama. Jodoh memang tidak akan ke mana. Percayalah~

4. Saling menolong dan berbagi adalah hal wajib. Hal ini bisa menunjukkan kepedulian dan membuat hubungan semakin erat.

15 Pelajaran Hidup Ini Bakal Kamu Dapatkan Setelah Nonton Reply 1988!sumber gambar: forums.soompi.com

Hal yang paling sering kamu lihat di drama ini, setiap keluarga saling berbagi makanan, apapun makanan yang mereka punya. Nilai berbagi bukan terletak pada harga barangnya, namun pada keinginan dan kemauan untuk memberi.

5. Kamu adalah segalanya bagi orang tuamu.

15 Pelajaran Hidup Ini Bakal Kamu Dapatkan Setelah Nonton Reply 1988!sumber gambar: nekosdrama.wordpress.com

Kebahagiaanmu adalah kebahagiaan orangtua. Kamu mungkin belum mengerti sampai nanti kamu memiliki keluarga sendiri. Bagi orangtua, anak adalah yang nomor satu. Orangtua akan rela melakukan apa saja demi kebahagiaan anaknya.

Gak jarang mereka juga merasa kecewa jika mereka belum mampu memenuhinya. Berbuat baiklah pada orang tuamu, selagi mereka masih menemanimu di dunia ini. Katakan terima kasih, bagi kamu yang merantau, teleponlah mereka untuk menanyakan kabar. Hal kecil seperti ini adalah kebahagiaan bagi mereka.

6. Jangan mudah GR sama kebaikan temanmu.

15 Pelajaran Hidup Ini Bakal Kamu Dapatkan Setelah Nonton Reply 1988!sumber gambar: dramabeans.com

Jika ada cowok yang baik padamu jangan langsung kegeeran ya. Siapa tahu dia memang baik sama semua orang. Belajarlah dari Duk Seon yang percaya diri banget kalau Sun Woo suka padanya. Duk Seon mengira kebaikan dan perhatian Sun Woo adalah upaya untuk dekat dengannya. Ternyata yang disukai Sun Woo bukan Duk Seon. Kasihan Duk Seon.

7. Ragu-ragu dalam mengambil keputusan, maka kamu akan menyesal.

15 Pelajaran Hidup Ini Bakal Kamu Dapatkan Setelah Nonton Reply 1988!sumber gambar: clover-blossoms.com

Memutuskan sesuatu memang bukan hal yang mudah, apalagi jika keputusan itu akan mempengaruhi jalan hidupmu. Tapi jangan pula mengulur-ulur waktu. Jika kamu sudah menimbang banyak hal, baik dan buruknya, maka segeralah putuskan. Cobalah berani menantang resiko dan bertanggung jawab atas keputusannmu.

Keraguan akan membuatmu salah momen dalam memutuskan dan berujung pada penyesalan. Seperti Jung Hwan yang ragu-ragu dalam memutuskan untuk PDKT ke Duk Seon, salah momen, lalu semuanya berakhir.

Baca Juga: Cewek Indonesia? Kamu Boleh Lho Mencoba Kebiasaan Cewek Korea Ini

8. Jangan takut miskin untuk membantu orang lain.

15 Pelajaran Hidup Ini Bakal Kamu Dapatkan Setelah Nonton Reply 1988!sumber gambar: couch-kimchi.com

Salah satu kebiasaan Sung Dong Il (ayahnya Duk Seon) adalah membeli sesuatu sepulang kerja. Walaupun tidak membutuhkannya, dia melakukannya karena kasihan dan rasa belas kasih.

Saat itu kondisi keuangan keluarga Sung sangat buruk akibat terlilit hutang. Namun, pada akhirnya keuangan keluarga kembali membaik setelah semua utang terbayar. Terbukti membantu orang tidak akan membuatmu miskin.

9. Tidak ada orang yang selalu menang dalam hidupnya. Hidup itu naik turun. 

15 Pelajaran Hidup Ini Bakal Kamu Dapatkan Setelah Nonton Reply 1988!sumber gambar: dramabeans.com

Hidup tidak selalu indah, rencanamu tidak selalu sukses. Ada kalanya kamu gagal dan kalah, wajar. Namun kegagalan jangan membuatmu patah semangat. Kesal dan sedih boleh saja, selanjutnya kamu harus bangkit di kesempatan yang baru. Choi Taek pun pernah kalah. Dia tidak selalu menang, namun dia selalu bangkit kembali di pertandingan berikutnya.

10. Ternyata menjadi ibu rumah tangga bukan perkara mudah. Jangan pernah meremehkan!

15 Pelajaran Hidup Ini Bakal Kamu Dapatkan Setelah Nonton Reply 1988!sumber gambar: dramabeans.com

Jika ibumu adalah ibu rumah tangga, jangan pernah merasa itu pekerjaan yang santai. Seorang ibu adalah manajer operasional rumah, chef, manajer keuangan, guru, konselor. Lihat saja bagaimana rumah keluarga Kim jadi kapal pecah ketika Ra Mi Ran pergi dari rumah selama dua hari.

11. Setiap orang punya jalan mereka sendiri.

15 Pelajaran Hidup Ini Bakal Kamu Dapatkan Setelah Nonton Reply 1988!sumber gambar: allkpop.com

Setiap orang punya kelemahan dan kelebihan masing-masing. Jangan merasa kamu bodoh hanya karena tidak jago matematika. Kamu pasti punya kelebihan, mungkin saja kamu belum menyadari. Duk Seon sangat lemah di matematika, tapi dia suka bahasa asing dan punya interpersonal skill yang bagus. Pada akhirnya jalan sukses Duk Seon adalah menjadi pramugari. 

12. Kalau suka sama seseorang, berusahalah dan jangan gampang menyerah. 

15 Pelajaran Hidup Ini Bakal Kamu Dapatkan Setelah Nonton Reply 1988!Sumber gambar: allaboutkoreanlover.blogspot.com

Pernah jatuh cinta dan ditolak gebetan? Belajarlah dari Sun Woo yang ditolak berkali-kali oleh Bo Ra. Sun Woo terus berusaha dan tidak menyerah. Akhirnya Bo Ra luluh melihat usaha keras Sun Woo. Hingga akhirnya mereka jadian. Begitu pula dengan Taek, dia selalu berusaha menunjukan rasa sukanya pada Duk Seon. Karena diam tanpa berbuat apa-apa tidak akan membawa dia ke sisimu.

13. Bagaimanapun, jangan pernah bertengkar dengan sahabatmu demi seorang perempuan.

15 Pelajaran Hidup Ini Bakal Kamu Dapatkan Setelah Nonton Reply 1988!sumber gambar: dramafever.com

Sahabat dan pacar adalah dua hal yang kadang menempatkanmu pada posisi sulit. Jika harus memilih, pilihlah sahabatmu ketimbang pacarmu. Kenapa?

Karena mereka lebih dulu ada bersamamu. Seperti halnya jalan yang dipilih Jung Hwan ketika mengetahui Choi Taek juga suka sama Duk Seon. Tanpa pertengkaran, dia mengikhlaskan semua demi utuhnya persahabatan mereka.

14. Tidak ada rahasia yang yang terkubur selamanya. Pada waktunya nanti, semua akan terbongkar. 

15 Pelajaran Hidup Ini Bakal Kamu Dapatkan Setelah Nonton Reply 1988!sumber gambar: clover-blossoms.com

Pada akhrinya semuanya akan ketahuan. Hubungan Sun Woo dan Bo Ra akhirnya diketahui oleh semua orang, begitu juga ketika Sun Woo pada akhirnya mengetahui ibunya bekerja di cleaning service di tempat pemandian umum.

Sekeras apapun kamu menyembunyikan sebuah rahasia, pada akhirnya akan terbongkar juga. Jika kamu punya rahasia sebaiknya beri tahu dia yang seharusnya tahu. Hal ini akan lebih baik daripada kamu kepergok di belakang. 

15. Hiduplah dari mimpi-mimpimu. Tercapai atau tidak, itu bukan masalah.

15 Pelajaran Hidup Ini Bakal Kamu Dapatkan Setelah Nonton Reply 1988!sumber gambar: dramabeans.com

Apa yang membuatmu tetap semangat menjalani hidup? Mimpi. Saat kamu punya mimpi. kamu akan punya semangat hidup yang lebih bermakna. Kamu akan berjuang untuk mewujudkannya. Apapun mimpimu, hiduplah dari sana. Berusahalah dan nikmati hidupmu. Jika pada akhirnya tidak tercapai, tidak masalah, kamu sudah berusaha sambil menikmati hidupmu. 

Serial drama Korea Reply 1988 adalah tontonan yang tak hanya menyajikan hiburan, tapi pelajaran hidup yang bermakna. Pelajaran yang membuat kamu tak mudah menyerah dan berusaha lebih baik dan bijak lagi. 

Baca Juga: 10 Hal yang Bisa Dipelajari Dari Reply 1988 Untuk Kemajuan Sinetron Indonesia

Topic:

Just For You