Comscore Tracker

Ini Nih 8 Manfaat Positif di Balik Bermain Biola yang Mengejutkan!

-

Biola adalah salahsatu alat musik gesek yang sudah dikenal luas di kalangan anak-anak maupun dewasa. Merupakan instrumen yang indah, baik untuk dilihat maupun didengar. Jika kamu mulai berpikir untuk belajar memainkan biola, maka bukan hanya dapat memainkan lagu-lagu yang indah saja melainkan kamu juga akan menemukan beberapa manfaat yang mengejutkan!.... Ssst… siapa tahu salahsatunya adalah gebetan kamu jadi suka sama kamu. Yuk, Mari kita lihat apa saja manfaat lain dari memainkan biola untuk kamu.

1. Meningkatkan koordinasi dan keterampilan motorik yang baik.

Ketika kamu bermain biola, kamu perlu untuk mengkoordinasikan kedua jari dan lengan secara bersamaan. Menekan string dengan tangan kiri dan harus seiring dengan gerakan penggesek (bow) di kanan kamu untuk bisa bermain dengan benar. Dengan cara ini, belajar bermain biola mampu meningkatkan keterampilan koordinasi dan motorikmu.

2. Meningkatkan kepekaan/ feeling.

Saat memainkan Biola diperlukan perasaan atau feeling untuk mendapatkan pitch yang benar serta nada yang sesuai. Mengapa harus dengan feeling? Pada Biola tidak terdapat fretless layaknya gitar yang sudah ada fretless dengan tempat yang jelas dan pasti. Nah, bagus juga kan jika punya ‘feeling’ yang kuat, bisa tahu gebetan suka atau ngga ke kita.

3. Meningkatkan Kecerdasan Otak dan Mempertajam daya ingat.

Memainkan alat musik juga perlu mempelajari teknik-teknik tertentu supaya nada yang dihasilkan terdengar semakin indah, begitu juga saat memainkan biola maka otak ikut berperan serta dalam mempelajari teknik tersebut. Semakin mahir dalam memainkan biola maka akan sering memainkan lagu tanpa melihat lembaran musik ini juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Semoga mengantarmu berhasil di bidang akademik juga yaa.

4. Meningkatkan Kreativitas.

Mempelajari musik akan membantu menumbuhkan dan mengembangkan kreativitasmu. Apalagi saat kamu telah menguasai dasar-dasar dalam bermusik. Kamu bisa saja mulai gatal untuk mencoba menulis dan membuat sendiri lagu yang mewakili perasaanmu. Atau mungkin kamu ingin membuat sebuah lagu spesial untuk menembak ataupun melamar gebetan hatimu dengan memainkan sebuah lagu menggunakan biola.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh dan menurunkan stress.

Bermain biola adalah salahsatu cara melepaskan beban pikiran, dengan memainkan lagu-lagu yang yang disukai dan dengan suara alat musik yang menenangkan dapat memberikan relaksasi pada diri. Setelah selesai berlatih. Kamu mungkin merasa seolah-olah selesai sesi terapi yang efektif. So, saat kamu galau…mainkan biolamu! :)  

6. Melatih Kesabaran, konsentrasi dan ketekunan.

Sudah dapat dipastikan bahwa untuk menguasai alat musik Biola diperlukan kesabaran extra karena tingkat kesulitan yang tinggi serta butuh konsentrasi dan ketekunan. Oleh karena itu, tidak banyak orang yang bisa memainkan Biola. Ini merupakan fakta tentang biola yang tak terbantahkan. Siapa sih yang tidak suka dengan orang yang sabar dan tekun? Ayo, latihan terus.

7. Meningkatkan Rasa Percaya Diri.

Jika kamu ikut dalam grup orchestra, bermain di depan sekelompok orang di sebuah konser atau resital tidak lah mudah dan menegangkan saraf. Namun, kamu berani menempatkan diri disana dan mencoba sesuatu di luar zona kenyamananmu, hal ini dapat memberikan kamu rasa percaya diri yang lebih baik di wilayah tertentu di kehidupanmu, seperti kemampuan memberikan pidato di kelas.

8. Karir Cemerlang.

Mungkin menjadi pemain biola profesional bisa menjadi salahsatu pilihan karirmu, seperti Sang Maestro Almarhum Idris Sardi. Siapa tahu kamu menjadi Maestro Biola selanjutnya, ya kan?. Nah, itulah beberapa manfaat mengejutkan dari memainkan biola. Silakan rasakan sendiri sensasi mengejutkannya, semoga bermanfaat.

Yvonie OH Photo Verified Writer Yvonie OH

"love the life you live, live the life you love" :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya