Comscore Tracker

5 Langkah Cerdas Mencintai Diri Sendiri, Kamu Sudah Cukup Baik Kok!

Biar gak kebanyakan insecure!

Mencintai diri sendiri adalah hal penting yang harus sudah disadari. Bagi sebagian orang, hal ini mungkin lebih sulit ketimbang mencintai orang lain. Namun, ketika kamu memulai membiasakan untuk mencintai dirimu, kamu menjadi semakin mengenal dirimu seutuhnya.

Mencintai diri sendiri artinya kamu berusaha menerima sebaik mungkin siapa dirimu sesungguhnya, termasuk dari sisi buruk dan baik di masa lalu. Yuk, mulai mencintai diri sendiri dengan lima langkah mudah di bawah ini. 

1. Bersyukur, kamu sudah cukup baik kok!

5 Langkah Cerdas Mencintai Diri Sendiri, Kamu Sudah Cukup Baik Kok!Unsplash.com/Nathan Dumlao

Langkah pertama yang mesti kamu biasakan adalah bersyukur. Menerima segala hal yang kamu miliki saat ini. Termasuk soal fisik, indra yang lengkap, tubuh yang sehat, usia yang bertambah, serta soal bagaimana kamu menjalani hari-harimu.

Kamu sudah cukup baik, tanamkan ini di benakmu. Kamu diberikan pemberian yang cukup hingga dikelilingi orang-orang tersayang. Kamu hanya perlu lebih banyak bersyukur untuk membuat kamu semakin mencintai diri sendiri. 

2. Menjadi diri sendiri, berhenti mengikuti orang lain

5 Langkah Cerdas Mencintai Diri Sendiri, Kamu Sudah Cukup Baik Kok!Pexels.com/August de Richelieu

Jangan samakan ukuran sepatu orang lain di kaki kita, begitulah pepatah mengatakan. Artinya, jangan samakan dirimu dengan orang lain. Jangan hidup dengan standar hidup orang lain. 

Buat standar hidupmu sendiri. Kamu hidup untuk dirimu, bukan orang lain. Jadi, berhenti mengikuti gaya hidup orang lain. Kamu harus mulai mencintai gaya hidup mu sendiri, maka kamu akan lebih mudah mencintai dirimu sendiri.  

3. Percaya dengan kemampuan dirimu, maksimalkan potensi yang dimiliki

5 Langkah Cerdas Mencintai Diri Sendiri, Kamu Sudah Cukup Baik Kok!pexels.com/cottonbro

Langkah selanjutnya adalah dengan percaya sepenuhnya dengan kemampuan yang dimiliki. Kamu harus jadi orang yang pertama untuk percaya dengan kemampuanmu sendiri. Kalau bukan kamu yang mulai, siapa lagi? 

Kerahkan segala potensi yang kamu miliki, maksimalkan itu semua dengan kepercayaan dirimu yang penuh. Mencintai kemampuan artinya kamu percaya pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa dan sanggup. 

Baca Juga: 5 Hal Buruk yang Didapat jika Terlalu Berlebihan Mencintai

4. Penerimaan terhadap kekurangan dan kesalahan

5 Langkah Cerdas Mencintai Diri Sendiri, Kamu Sudah Cukup Baik Kok!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Setiap manusia dianugerahi kemampuan juga dengan kekurangan. Sebagai manusia, kamu harus bisa menerima keduanya dengan sama rasa. Tidak mungkin kamu menemui jalan yang terus sempurna, pasti ada bebatuan kecil hingga jalan-jalan yang berlubang. 

Sama dengan kehidupan, kamu pasti akan menemui kekurangan yang kadang menjadi penyebab kegagalan yang kamu lalui. Tapi, itu adalah sebuah proses. Langkah terbaik menghadapinya adalah dengan penerimaan. Semakin baik kamu menerima hal-hal yang menurutmu sulit, semakin baik kamu mengenal dirimu seutuhnya. 

5. Memaafkan masa lalu dan menghargai masa depan

5 Langkah Cerdas Mencintai Diri Sendiri, Kamu Sudah Cukup Baik Kok!Unsplash.com/Sarah Cervantes

Sebagai manusia, kamu pasti akan banyak melewati fase-fase kehidupan yang penuh lika-liku. Tidak selalu baik, namun juga tidak selalu buruk. Beberapa waktu di belakang yang telah kamu lalui, mungkin adalah kesalahan. Kamu pernah sangat membenci dirimu sendiri karena hal yang menurutmu fatal. Atau kamu sangat tidak menyukai situasi dan titik tertentu di masa lalu, yang menggambarkan bertapa rendahnya dirimu. 

Namun, itu semua adalah bentuk proses dari fase-fase kehidupan yang tengah kamu jalani. Maafkan masa lalumu yang kadang mengecewakan itu. Sebaliknya, hargai masa depan yang kamu punya dengan berterimakasih pada dirimu sendiri. Beterimakasih atas perjuangan yang kamu lalui hingga hari ini. 

Kunci mencintai diri sendiri adalah penerimaan. Semakin baik kamu menerima, semakin kamu merasa bahwa kamu sudah cukup baik menjadi dirimu sendiri. Kamu tidak kekurangan satu hal apa pun, karena apa pun itu kamu bisa mencintainya dengan baik. Jadi, sudahkah kamu mencintai dirimu?

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Kamu Sebenarnya Kurang Mencintai Diri Sendiri, Sadarkah?

Nurul Zahara Photo Verified Writer Nurul Zahara

Hanya mencoba menguraikan isi kepala.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya