Comscore Tracker

Cerdas Atur Situasi, 5 Tanda Kamu Punya Self-Control yang Baik

#ANGPOIN Mampu meminimalkan kesalahan

Self-control atau kemampuan mengontrol diri adalah suatu hal yang harus dimiliki oleh setiap individu. Dengan self-control yang baik, seseorang akan mampu mengendalikan segala keadaan yang terjadi. 

Seseorang dengan self-control yang baik mampu berpikir rasional, bertindak preventif, pandai mengatasi masalah serta mampu mengambil keputusan yang tepat sasaran. Secara sederhana, lima kemampuan di bawah menggambarkan seseorang dengan pengendalian diri yang baik.

1. Mampu mengelola ekspektasi dengan baik

Cerdas Atur Situasi, 5 Tanda Kamu Punya Self-Control yang BaikUnsplash.com/Christina @ wocintechchat.com

Mengendalikan diri artinya memahami bagaimana mengatur dan mengelola ekspektasi. Jika kamu membuatnya berlebihan tentu itu memiliki resiko atau kekecewaan yang semakin besar.

Orang dengan self-control yang baik tau bagaimana mengelola ekspektasi agar mudah dicapai tanpa harus merasa kecewa berlebih jika itu gagal. Sebab, mereka pasti sudah punya pertimbangan yang matang, sehingga tidak mudah terjebak dengan keputusannya sendiri.

2. Tahu kapan harus berjuang dan harus mengalah

Cerdas Atur Situasi, 5 Tanda Kamu Punya Self-Control yang BaikPexels.com/Andrea Piacquadio

Orang yang mampu mengendalikan diri tentu paham kapan harus berjuang dan kapan harus mengalah. Karena kemampuannya itu, mereka sudah memikirkan peluang dan resikonya yang mungkin timbul ketika memutuskan salah satunya.

Mereka akan mengalah ketika itu dirasa bukan atmosfer yang cocok baginya, sebaliknya, mereka akan berjuang dengan keras ketika dirasa mampu dan sesuai dengan kualitasnya. 

Baca Juga: 5 Penyebab Orang-orang Cenderung Menjauhi Kamu, Perlu Evaluasi Diri

3. Tahu standar hidup, punya perencanaan yang jelas

Cerdas Atur Situasi, 5 Tanda Kamu Punya Self-Control yang BaikPexels.com/Cottonbro

Merencanakan tujuan yang jelas, menimbang baik dan buruk suatu hal, serta mengatur standar hidupnya sendiri adalah tanda kalau kamu mampu mengontrol dirimu dengan baik.

Kamu tidak akan mudah tergoda dengan apa yang ada pada orang lain, sebab kamu tau bahwa kamu punya standar hidupmu sendiri. Kamu hanya akan fokus dengan apa yang telah kamu rencanakan, bagaimana menghadapi dan mengatasinya sesuai dengan gayamu sendiri. Jadi, kamu gak akan ambil pusing dengan gangguan dari orang lain. 

4. Mampu meminimalkan kesalahan

Cerdas Atur Situasi, 5 Tanda Kamu Punya Self-Control yang BaikUnsplash.com/ Tim Gouw

Karena kamu sudah punya perencanaan yang jelas, sudah pasti kamu punya cara untuk mengendalikan resiko yang mungkin timbul. Dengan pengendalian itu, tentunya kamu bisa meminimalkan permasalahan yang timbul.

Self-control
yang baik membuat kamu jadi orang yang lebih hati-hati sehingga penting untuk memikirkan tindakan preventif. Tentunya dengan kemampuan tersebut kamu akan terhindar dari kesalahan yang sama. 

5. Paham situasi untuk pengambilan solusi pemecahan masalah

Cerdas Atur Situasi, 5 Tanda Kamu Punya Self-Control yang BaikPexels.com/Fauxels

Karena kemampuan self-control yang baik, seseorang akan mampu menilai plus dan minus suatu permasalahan yang terjadi. Menganalisisnya dengan sangat detail untuk menentukan skema pemecahan yang sesuai sehingga akan menghasilkan keputusan yang tepat sasaran. 

Mereka tidak akan merasa terburu-buru atau ceroboh dalam menghadapi permasalahan. Karena, mereka paham betul bahwa tindakan itu hanya akan berakhir merugikan. Mereka cenderung bersikap tenang dan mampu menghadapinya dengan bijak. 

Kemampuan self-control punya banyak keuntungan yang akan berguna dalam berbagai aspek. Kamu menjadi orang yang lebih hati-hati, punya analisa yang baik, hingga mampu meminimalkan masalah yang timbul. Yuk, asah lagi kemampuanmu yang satu ini! 

Baca Juga: 5 Keuntungan Kalau Kamu Punya Self Control yang Baik

Nurul Zahara Photo Verified Writer Nurul Zahara

Hanya mencoba menguraikan isi kepala.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya