Comscore Tracker

Jangan Sedih, Ini 5 Cara Hadapi Orang yang Suka Bullying

Hadapi dengan cara yang keren

Perilaku bullying banyak sekali kita temukan baik di sekolah, di tempat kerja bahkan di lingkungan rumah. Apalagi di jaman teknologi modern seperti sekarang, banyak warganet yang melakukan tindakan bullying lewat media sosial, seolah tidak peduli dengan perilakunya yang merugikan orang lain itu biasanya mereka melontarkan tulisan-tulisan menghina kepada para korban, yang membuat pihak yang menjadi korban bullying tersebut menjadi rendah diri bahkan melakukan hal-hal yang bisa menyakiti diri sendiri. Untuk mengantisapisi orang yang suka ngebully baik di keseharian maupun di dunia maya, 5 cara hadapi orang yang suka ngebully di bawah ini bisa kamu ikuti, diintip yuk!

1. Perbanyak teman

Jangan Sedih, Ini 5 Cara Hadapi Orang yang Suka Bullyingunsplash.com/Omar Lopez

Memperbanyak teman bisa mengurangi para pelaku bullying membully kita lho, karena biasanya kalau banyak teman, para pelaku bullying tidak akan berani mengganggu kita dan teman-teman kita pasti akan membela. Pelaku bullying lebih suka mengganggu orang-orang yang suka menyendiri dan tidak memiliki teman, karena dianggap lemah. Untuk itu ada baiknya kita memperbanyak teman di lingkungan yang positif, bukan bermaksud untuk berlindung di ketiak teman, melainkan agar kita bisa lebih berani dan merasa tidak sendirian menghadapi para pelaku bullying.

2. Balas bully dengan prestasi

Jangan Sedih, Ini 5 Cara Hadapi Orang yang Suka Bullyingunsplash.com/Luiz Olmedo

Biasanya para pelaku bullying selain mengincar para penyendiri, mereka juga sering mengganggu orang-orang yang memiliki kepercayaan diri rendah. Setiap manusia diciptakan Tuhan dengan kelebihan dan kekurangan, kita jangan hanya terpaku dan meratap diri dengan kekurangan yang ada pada diri, alangkah lebih baiknya kita memusatkan pikiran kepada kelebihan yang dimiliki. Karena bisa jadi, kelebihan yang kita jadikan prestasi itu justru akan membungkam para pelaku bullying itu sendiri. Mereka hanya ingin kita terus terpuruk dengan perasaan minder yang tak berkesudahan.

Baca Juga: Sangat Perasa, 5 Zodiak Ini Dikenal Anti Bullying

3. Jangan emosi

Jangan Sedih, Ini 5 Cara Hadapi Orang yang Suka Bullyingunsplash.com/Rawpixel

Para pelaku bullying suka sekali memancing amarah kita, jika kita terpancing, maka mereka senang. Nah, untuk menghentikan aksi tidak terpuji mereka, selagi bullying itu hanya sebatas melontarkan kata-kata hinaan, jangan dulu terbawa emosi apalagi balik membully mereka dengan kata-kata yang lebih kejam, hal itu membuat kita tidak ada bedanya dengan mereka, justru hal itu akan membuat mereka senang karena berhasil mengganggu kita. Tapi jangan pula didiamkan saja, balas saja hinaan mereka dengan kata-kata candaan versi kita sendiri agar mulut mereka berhenti menghina.

4. Laporkan para pelaku bullying

Jangan Sedih, Ini 5 Cara Hadapi Orang yang Suka Bullyingyoutube.com

Jika bullying itu sudah benar-benar kelewatan, dan dampak yang diakibatkannyapun membuat kita tersiksa, sebaiknya laporkan saja perbuatan mereka itu ke orang tua kedua belah pihak, jika meski sudah dilaporkan kepada orangtua, mereka masih tetap membully, agar ada efek jera, laporkan hal itu ke polisi. Apalagi sekarang sudah ada undang-undang pidana untuk pelaku body shaming, hukumannya bisa sampai 9 bulan hingga 6 tahun penjara.

5. Mengungkapkan secara face to face perasaan tidak nyaman kita kepada orang yang suka ngebully

Jangan Sedih, Ini 5 Cara Hadapi Orang yang Suka Bullyingunsplash.com/Marcus Wallis

Jangan takut untuk mengungkapkan perasaan tidak nyaman kita atas tindakan mereka yang membully. Bicaralah secara langsung dan ungkapkan keberatan kita atas perkataan atau tindakan yang mereka lakukan pada kita. Karena dengan begitu mereka bisa sadar dan berhenti untuk membully kita serta hal itu untuk menunjukkan pada mereka bahwa kita bukan penakut seperti yang mereka sangka.

Nah, itu dia kelima cara menghadapi orang yang suka membully, so, jangan pernah takut dan sedih ya, karena kita berharga!

Baca Juga: Sering Dibully Karena Badannya, Remaja Ini Turunkan Berat Hingga 60kg

Asih Purwanti Photo Verified Writer Asih Purwanti

Bukan Siapa-Siapa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You