Comscore Tracker

Jika Punya 10 Tanda Ini, Artinya Kamu Pribadi Bermental Baja!

Kamukah salah satunya?

Ketika orang lain mengatakan sesuatu yang menyakitkan hati, mengkritik atau menghina kekurangan kamu, pasti tersinggung, sedih dan marah. Ketiga perasaan itu sangatlah normal dan wajar. Namun apabila hal itu membuat kamu merasa  ingin meledak dalam kemarahan, menangis, atau bahkan sedih selama berhari-hari, sebaiknya kamu mencoba menumbuhkan mental baja.

Meski tidak ada salahnya menjadi seseorang yang sensitif, sangat tidak menyenangkan apabila kamu mudah terguncang karena komentar belaka. Dengan belajar melihat segala sesuatu secara lebih luas, memiliki sikap positif, dan membangun kepercayaan diri, kamu akan menjadi lebih tegar ketika kali berikutnya merasa direndahkan. Seperti kesepuluh tanda di bawah ini.

1. Memiliki prinsip yang teguh

Jika Punya 10 Tanda Ini, Artinya Kamu Pribadi Bermental Baja!star.koreandrama.org

Jika kamu memiliki prinsip dan mengerti prioritas, kamu gak akan kesulitan mengambil keputusan besar dalam hidup kamu. Hal ini akan memiliki rutinitas pemeliharaan diri yang baik, kondisi mental kamu akan membaik, dan kamu akan lebih bisa untuk mengacuhkan komentar-komentar negatif yang dilontarkan kepadamu dan akan mengasah mental seseorang menjadi lebih kuat.

2. Percaya pada kemampuan diri

Jika Punya 10 Tanda Ini, Artinya Kamu Pribadi Bermental Baja!vanitee.com

Pada dasarnya, setiap orang telah didesain unik oleh Tuhan, berbeda antara satu dengan yang lainnya. Orang yang bermental baja memiliki caranya yang unik, dia akan langsung mengeksekusi gagasan yang muncul dikepalanya, ataupun menghadapi setiap tantangan yang muncul dalam hidupnya. Karena dia percaya pada kemampuan yang ada di dirinya.

3. Menggunakan waktu secara produktif

Jika Punya 10 Tanda Ini, Artinya Kamu Pribadi Bermental Baja!allkpop.com

Orang yang bermental baja akan fokus kepada hal yang benar-benar mereka inginkan dan gak akan menyia-nyiakan waktu berharganya untuk hal yang gak produktif. Hal itu akan membawamu sampai pada tujuanmu. Hal lainnya, apabila kamu merasa bangga dengan kemampuan alami, kepribadian, dan kekuatan-kekuatanmu yang lain, kamu dapat menerima kritik dengan sepenuh hati dan memanfaatkannya untuk mengembangkan diri. Membangun kepercayaan diri yang tinggi adalah cara terbaik untuk menumbuhkan mental baja.

4. Mampu menghadapi rasa takut

Jika Punya 10 Tanda Ini, Artinya Kamu Pribadi Bermental Baja!pann.com

Ketakutan adalah emosi yang dialami, kuncinya adalah mengenali rasa takut. Tidak peduli seberapa menakutkan kelihatannya, kamu selalu memutuskan untuk duduk bersama dengan rasa takut itu sendiri dengan menerima kehadirannya bukan dengan menghindarinya, karena dengan menghindar tidak membuatnya pergi, mencari jalan lain juga tidak lantas membuatnya hilang, dan mengabaikan pun tidak membuat rasa sakit yang muncul berkurang. Menerima diri sendiri saat ini sambil terus berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik adalah salah satu ciri dari orang bermental baja.

5. Mampu belajar dari kesalahan

Jika Punya 10 Tanda Ini, Artinya Kamu Pribadi Bermental Baja!pexels.com

Mengakui kesalahan memang bukan perkara mudah. Namun, hal yang harus disadari adalah, kesalahan dapat membuat kamu belajar, tumbuh, dan memperbaiki diri. Pelajaran hidup yang paling penting pun bisa didapatkan dari kesalahan yang pernah dibuat sendiri. Orang dengan mental baja gak akan berusaha untuk membenarkan atau menutupi kesalahan mereka dari orang lain. Mereka akan belajar dari kesalahan dan berharap untuk menjadi lebih baik, karena waktu dan pengalaman bisa menjadi guru yang baik untuk belajar.

6. Hidup dengan jujur

Jika Punya 10 Tanda Ini, Artinya Kamu Pribadi Bermental Baja!cloudinary.com

Kejujuran adalah batu penjuru segala kesuksesan. Saat jujur, orang akan menjadi percaya dan mudah bekerja sama, sehingga di saat seperti itu kehadiran kamu akan sangat bermanfaat. Dan orang-orang yang bermental baja akan jujur dengan dirinya sendiri. Apa yang mereka perbuat gak akan bertolak belakang dengan apa yang mereka katakan.

7. Bertanggung jawab atas semua keputusan yang diambil sendiri

Jika Punya 10 Tanda Ini, Artinya Kamu Pribadi Bermental Baja!dramasrevise.com

Tanda orang yang punya mental baja tidak akan pernah duduk santai untuk sekedar dikasihani atas keadaan yang menimpanya. Orang-orang yang bermental baja selalu berteanggung jawab penuh atas keputusan yang diambilnya. Mereka juga selalu belajar dari kesalahan jika mengalami kegagalan dan berusaha untuk tidak mengulangi kegagalannya lagi.

8. Melihat kesulitan sebagai kesempatan

Jika Punya 10 Tanda Ini, Artinya Kamu Pribadi Bermental Baja!jurnal.id

Melihatnya dari sudut pandang yang berbeda, sehingga setiap kesulitan atau masalah yang dihadapi hanya dianggap sebagai sebuah peluang untuk dapat tumbuh dan berkembang. Mungkin orang lain yang tidak memiliki mental baja biasanya kesal dengan kesulitan yang dihadapi, namun berbeda dengan jenis orang orang yang bermental baja, dia akan menerima kesulitan untuk menjadi lebih baik.

9. Selalu bersyukur

Jika Punya 10 Tanda Ini, Artinya Kamu Pribadi Bermental Baja!soompii.com

Orang orang bermental baja tidak mengharapkan hasil secara instan, mereka menghormati dan menikmati sebuah proses sebagai jalan menuju sesuatu yang diharapkan. Mereka juga tidak lupa untuk selalu mensyukuri setiap proses yang ada. Biasanya orang-orang dengan tipe ini gak akan rakus dan selalu merasa kekurangan.

10. Memiliki optimisme yang tinggi dan tidak bersikap impulsif

Jika Punya 10 Tanda Ini, Artinya Kamu Pribadi Bermental Baja!pexels.com

Orang bermental baja biasanya tidak akan bertindak secara impulsif, mereka memahami bahwa tindakan berubah-ubah akan membawa dampak yang tidak baik bagi masa depannya. Ketika dihadapkan dengan rintanganpun, mereka akan berpikir optimis namun tetap rasional.

Nah, apakah kamu tergolong orang di atas?

Asih Purwanti Photo Verified Writer Asih Purwanti

Menulis adalah cara untuk melarikan diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya