Comscore Tracker

5 Manfaat Merenung, Agar Hidup Lebih Berharga 

Merenung bisa meredakan stress 

Merenung bagi kebanyakan orang seringkali dianggap sesuatu hal yang kurang kerjaan, namun tahukah kamu ternyata merenung juga bisa memberikan manfaat bagi kestabilan mental kita lho. Apalagi ketika kamu tengah berada di titik terendah hidupmu.

Nah, di bawah ini ada lima manfaat merenung agar hidupmu lebih berharga, langsung simak aja yuk!

1. Membebaskan pikiran dari kesedihan

5 Manfaat Merenung, Agar Hidup Lebih Berharga pexels.com/Mentatdgt

Merenung bisa membebaskan pikiran kamu yang sedang kalut, cemas dan juga sedih menjadi sebuah kekuatan maha dahsyat bahwa hidupmu sangatlah berharga. Sesekali merenung tidak apa-apa karena pikiranmu juga membutuhkan jeda dari berbagai kepenatan hidup yang kerap kali menggelayut. Merenung juga bisa membuat pikiranmu kembali segar dan jauh dari stress.

2. Memikirkan kembali makna hidup yang sebenarnya

5 Manfaat Merenung, Agar Hidup Lebih Berharga pexels.com/Elijah O'donnell

Coba renungilah setiap perjalanan hidupmu dari kamu lahir ke dunia sampai saat ini ketika sudah dewasa. Ada banyak tawa bahkan tangis di setiap perjalanan hidupmu. Namun bandingkanlah dirimu yang dulu dengan dirimu yang sekarang.

Jika kehidupan kamu semakin baik itu berarti kamu b telah berhasil, namun jika hidupmu semakin buruk, cobalah untuk memperbaikinya, karena di kamus kehidupan tidak ada kegagalan dalam hidup.

Baca Juga: 5 Lagu Ini Bisa Jadi Teman Merenung Kala di Titik Terendah

3. Bersyukur dengan karunia yang telah Tuhan berikan

5 Manfaat Merenung, Agar Hidup Lebih Berharga pexels.com/Zun Zun

Jika kamu merenung di alam bebas, kamu akan takjub dengan ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Keindahan alam yang kamu lihat adalah karunia dari Tuhan betapa Tuhan sangat mencintai hamba-Nya. Rasa syukur yang kamu ucapkan di sela-sela perenungan sambil menikmati keindahan ciptaan Tuhan akan membuat hidupmu semakin berharga.

4. Memikirkan solusi atas permasalahan yang ada

5 Manfaat Merenung, Agar Hidup Lebih Berharga pexels.com/Artem Beliaikin

Merenung juga bisa memberikan solusi atas setiap permasalahan yang kamu hadapi. Karena pikiranmu yang tengah kalut justru akan menciptakan solusi ketika kamu merenung. Tanpa sadar pikiranmu yang sedang diistirahatkan itu akan membawamu pada sebuah hakikat kehidupan yang bisa membentuk solusi atas permasalahan yang menimpamu.

5. Memaknai hukum sebab akibat

5 Manfaat Merenung, Agar Hidup Lebih Berharga pexels.com/Bruce Mars

Jika kamu menebar kebaikan maka kebaikan itulah yang akan kamu dapatkan, namun jika kamu menebar kebencian atau keburukan maka keburukan pula yang akan kamu dapatkan. Itulah hukum sebab akibat, jika kamu merenungi setiap perlakuanmu baik itu kepada dirimu sendiri maupun kepada orang lain, maka kamu akan dapat dengan mudah mengetahui sikap dan tindakanmu itu baik atau malah buruk.

Nah, itulah kelima manfaat merenung agar hidupmu lebih berharga, pastikan untuk selalu menebar kebaikan ya. Semoga artikelnya bermanfaat!

Baca Juga: 5 Tanda dari Orang Sekitar Ini Tunjukkan Kamu Perlu Introspeksi Diri

Asih Purwanti Photo Verified Writer Asih Purwanti

Bukan Siapa-Siapa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya