Comscore Tracker

7 Tipe Orang Berdasarkan Cara Berkomunikasi di Media Sosial

Kamu termasuk yang mana?

Zaman sekarang banyak orang lebih memilih untuk berkomunikasi melalui media sosial seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, dan Telegram, dibandingkan melalui SMS atau telefon biasa. Pasalnya, setiap aplikasi media sosial tersebut sudah dilengkapi fitur-fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan pesan teks, pesan suara, bahkan video call.

Tentu banyak pengalaman yang dialami setiap pengguna ketika menggunakan aplikasi media sosial tersebut. Setidaknya kita pasti pernah menemukan tipe-tipe orang di media sosial dengan beragam karakter, mulai dari tipe orang yang paling menyebalkan sampai yang paling mencengangkan, seperti berikut ini.

1. Tipe silent-reader, orang yang rajin melihat dan membaca postingan kamu tapi gak pernah mengomentari apapun

7 Tipe Orang Berdasarkan Cara Berkomunikasi di Media SosialUnsplash/Racit Tank

Tipe ini adalah tipe pengguna media sosial yang cukup menyebalkan. Tipe orang seperti ini kadang bisa membuatmu bertanya-tanya, sebenarnya mereka sangat sibuk atau memang mereka malas untuk menanggapi setiap chat atau postinganmu. Tipe orang seperti ini sering ditemukan di banyak media sosial, baik di Whatsapp Story, Facebook Story, maupun Instagram Story.

Postingan bahagia gak diucapin selamat, postingan sedih pun gak ditanggapi. Tipe orang seperti ini juga seringkali dicemooh warga group chat WhatsApp lantaran gak pernah menyuarakan opininya kecuali benar-benar dipaksa untuk memberikan respon.

2. Tipe very-busy-person, orang yang cuma read chat pribadimu tanpa membalas pesanmu

7 Tipe Orang Berdasarkan Cara Berkomunikasi di Media SosialUnsplash/Rubén Bagüés

Tipe orang seperti ini mirip dengan silent-reader. Ketika kamu sudah begitu semangat mengetikan kata-kata chat yang panjang dan banyak, tapi ujung-ujungnya pesanmu cuma di read. Mungkin tipe orang seperti ini lebih suka merespon pesanmu bukan dengan kata-kata, tapi dengan ekspresi. Pas dibaca, mereka langsung senyum atau langsung mengangguk-anggukan kepala. Mungkin mereka lupa kalau kamu sedang menunggu konfirmasi atas pesan kamu tersebut.

Tipe orang seperti ini biasanya adalah tipe super cuek yang agak kurang peka dengan perasaan orang lain. Tapi hal itu bukan berarti sifat mereka buruk, mungkin mereka terbiasa seperti itu. Memang butuh kesabaran ekstra untuk menghadapi tipe orang seperti ini.

3. Tipe ghost-user, orang yang gak pernah mengomentari dan nge-like postinganmu

7 Tipe Orang Berdasarkan Cara Berkomunikasi di Media SosialUnsplash/Social Cut

Tipe orang seperti ini memang agak membingungkan. Gak peduli sebijak apapun status yang kamu tuliskan dan sebagus apapun postingan foto-fotomu, tipe orang ini enggan untuk menunjukkan responnya. Bahkan untuk sekedar menekan tombol jempol atau love di postinganmu pun mereka enggan.

Mungkin bentuk apresiasi mereka terhadap status dan postinganmu cuma sebatas di dalam hati saja atau mungkin gengsi mereka yang ketinggian. Kalau kamu memang merasa tidak nyaman dengan tipe orang seperti ini, sebaiknya kamu unfollow atau unfriend saja dari media sosialmu.

Baca Juga: 6 Ide Aktivitas Produktif Buat Kamu yang Mau Detoks Media Sosial

4. Tipe minimalist, orang yang mengomentari postingan atau membalas chatmu dengan sepatah-dua kata saja

7 Tipe Orang Berdasarkan Cara Berkomunikasi di Media SosialUnsplash/Kev Costello

Tipe orang seperti ini termasuk tipe misterius. Kadang pesan yang sudah kamu ketik panjang lebar, direspon mereka dengan jawaban singkat “Iya” atau “Enggak”. Pesan yang lucu, direspon ketawa singkat “hehehe” atau “wkwkwk”. Pesan serius yang membutuhkan penjelasan panjang, kadang direspon singkat dan padat “Iya. Lalu?” atau “Okay. Jadi sekarang gimana?”.

Sepanjang-panjangnya chat mereka, mungkin cuma dua sampai tiga kalimat saja. Tipe seperti ini biasanya adalah orang-orang dengan pemikiran praktis dan anti ribet.

5. Tipe writer-wannabe, orang yang rajin berkomentar panjang dan mengirim pesan berparagraf, terstruktur, serta lengkap dengan tanda baca yang jelas

7 Tipe Orang Berdasarkan Cara Berkomunikasi di Media SosialUnsplash/Priscilla Du Preez

Tipe orang seperti ini memang cukup detail sehingga setiap kali berkomentar di media sosial selalu panjang-panjang komentarnya. Hal ini mungkin karena dilatarbelakangi oleh ambisi mereka untuk menjadi penulis, mereka justru akan merasa kesulitan ketika harus berkomentar dengan kalimat yang singkat.

Kamu pun harus punya kesabaran ekstra ketika mengobrol via chat dengan tipe orang seperti ini. Jangan buru-buru membalas pesan mereka, tunggulah sekitar 2-3 menit sampai status mengetik mereka berhenti barulah kamu membalas pesan mereka.

6. Tipe idealist, orang yang menganggap diri mereka paling tahu tentang segalanya

7 Tipe Orang Berdasarkan Cara Berkomunikasi di Media SosialUnsplash/Maliha Mannan

Tipe ini adalah tipe orang dengan pemikiran idealis dan cenderung egois karena mereka menganggap bahwa mereka tahu tentang segalanya dan pendapat merekalah yang paling ideal. Tipe orang seperti ini sering ditemui di dalam group chat WhatsApp ketika sedang membahas tentang sesuatu hal, mulai dari hal sepeleh hingga hal serius, mereka akan selalu hadir dengan opini-opini mereka yang tampak bijaksana.

Ketika ada anggota grup yang menentang opini mereka, mereka akan dengan tegas meminta penjelasan mengapa opininya ditolak dan menuntut bahwa penjelasan tersebut harus dilandasi dengan bukti dan fakta yang jelas.

7. Tipe pantomath, orang yang selalu ingin tahu segalanya tentang postinganmu

7 Tipe Orang Berdasarkan Cara Berkomunikasi di Media SosialUnsplash/Angelo Moleele

Tipe ini adalah tipe orang yang sangat kepo dengan setiap status dan postinganmu. Mereka akan selalu setia mengomentari postinganmu dengan beragam pertanyaan yang mungkin akan membuatmu jadi pusing sendiri. Mereka pun akan selalu memberikan jempol atau love pada postinganmu.

Hal ini bukan karena mereka begitu perhatian dengan kamu lho, mereka cuma gak bisa mengendalikan rasa ingin tahu yang ada di hati dan pikiran mereka. Meskipun kamu mengabaikan mereka, mereka akan tetap menyimpan pertanyaan tersebut dan akan menanyakannya kembali saat ada kesempatan mengobrol denganmu.

Jadi sebaiknya langsung ditanggapi saja saat itu. Kalau kamu merasa malas untuk menanggapi mereka, jawablah dengan kalimat yang singkat dan jelas.

Nah, dari 7 tipe orang tersebut, kamu yang mana nih?

Baca Juga: 5 Kerugian Ini Akan Diterima Bila Selalu Umbar Masalah di Media Sosial

Zpica Alfania Soukotta Photo Writer Zpica Alfania Soukotta

I am very black and white in what i feel.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya