Comscore Tracker

5 Alasan Kejujuran dan Terbuka Kunci Hubunganmu Harmonis

Berani terapkan? #IDNTimesLife

Bisa dibilang kalau keharmonisan hubungan merupakan keinginan dari semua pasangan, dan percayalah bahwa tidak ada yang tidak mungkin sebab hal ini bisa diwujudkan dengan usaha. Dan untuk itu, ada banyak hal yang menjadi berpengaruh besar dan menjadi kunci hubungan yang harmonis, salah satunya adalah keterbukaan perasaan.

Keterbukaan perasaan memiliki pengaruh besar untuk membuat hubunganmu harmonis, lho. Untuk lebih jelasnya bisa simak pada pembahasan di bawah ini.

1. Jarang salah paham karena sama-sama tahu bagaimana perasaan pasangan

5 Alasan Kejujuran dan Terbuka Kunci Hubunganmu HarmonisIlustrasi pasangan(pexels.com/Polina Zimmerman)

Dengan adanya keterbukaan perasaan antara satu sama lain maka kesalah pahaman pun bisa dihindari, dan inilah alasan pertama kenapa keterbukaan perasaan bisa bikin hubungan harmonis. Sebab baik kamu ataupun dia sama-sama tahu perasaan satu sama lain.

Logikanya, kalau sudah saling terbuka maka tak ada lagi yang bisa bikin salah paham, kan. Bahkan gak ada cemburu buta ataupun saling curiga serta berprasangka buruk.

2. Bisa jadi support system ketika ada salah satu yang merasa down

5 Alasan Kejujuran dan Terbuka Kunci Hubunganmu HarmonisIlustrasi pasangan(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu dan pasangan juga bisa menjadi support system untuk satu sama lain kalau sudah terbiasa terbuka soal perasaan. Gak perlu repot membaca kode ataupun isyarat kalau sedang down, melainkan bisa saling menghibur dan menyemangati di waktu yang tepat. Sehingga hubungan pun menjadi harmonis sebab tak ada yang kesepian ataupun kurang perhatian.

3. Gak ada cemburu buta kalau berteman dengan lawan jenis

5 Alasan Kejujuran dan Terbuka Kunci Hubunganmu HarmonisIlustrasi teman(pexels.com/Keira Burton)

Kalau kamu dan pasangan selalu terbuka dengan perasaan maka gak ada cemburu buta kalau berteman dengan lawan jenis. Kenapa? Karena pada dasarnya sudah tahu sedalam apa perasaan satu sama lain, jadi hubungan pun tidak diwarnai dengan drama-drama melelahkan. Dan selain harmonis, hubungan juga terjaga untuk tetap sehat dan tidak tidak membatasi kebebasan masing-masing.

Baca Juga: 6 Tips Merawat Hubungan agar Tetap Harmonis sampai Kakek Nenek

4. Tahu jika kelewat batas dan menyakiti pasangan

5 Alasan Kejujuran dan Terbuka Kunci Hubunganmu HarmonisIlustrasi pasangan (Pexels.com/Alex Green)

Kemudian dengan kejujuran dan keterbukaan perasaan di dalam hubungan bikin kalian jadi sama-sama tahu kalau misalnya sudah kelewatan batas dan menyakiti pasangan. kalau dipendam dia gak bakal tahu dan sadar, tapi kalau terbuka padanya maka dia pun jadi tahu kalau ada dari kata-kata dan sikapnya yang kurang tepat dan menyakiti. Dengan begitu kalian juga jadi lebih mudah untuk saling intropeksi diri dan berubah menjadi lebih baik.

5. Dengan adanya keterbukaan, kepercayaan pada pasangan jadi sepenuhnya

5 Alasan Kejujuran dan Terbuka Kunci Hubunganmu HarmonisIlustrasi pasangan(pexels.com/Vera Arsic)

Salah satu kunci paling penting dalam menciptakan hubungan yang harmonis ialah kepercayaan. Dan gak perlu khawatir karena kepercayaan pada satu sama lain akan tetap terjaga dengan diterapkan keterbukaan perasaan di dalam hubungan. Karena tak ada yang dibohongi kalau sejak awal sudah saling terbuka, begitu juga dengan kekecewaan dan pengkhianatan yang gak mungkin terjadi. Simple banget, kan?

Semua hal baik di dalam hubungan itu harus dimulai sama-sama, termasuk dalam menerapkan keterbukaan perasaan untuk membuat hubunganmu harmonis. Simple tapi sangat berdampak pada sehatnya sebuah hubungan.

Baca Juga: 5 Kiat Membangun Hubungan yang Harmonis, Meski Punya Pasangan Cuek

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya