Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Gak Mudah bagi Single Parent untuk Menikah Lagi

Sulit mencari pasangan saat anak menjadi prioritas utamanya

Semua orang tentu menikah dan membangun rumah tangga dengan tujuan untuk hidup bersama selamanya, namun bagaimana akhir sebuah hubungan tidak ada yang tahu. Dan bukan salahmu jika hubungan pernikahanmu berakhir sehingga menjadi orangtua tunggal untuk anak.

Namun tak seperti saat muda dulu yang bisa menjalin hubungan baru dengan mudah, seorang single parent biasanya lebih sulit untuk merasa yakin untuk menjalin hubungan dan menikah lagi. Lima alasan di antaranya pun ada dalam pembahasan berikut ini, yuk simak!

1. Traumanya pada kegagalan pernikahan di masa lalu yang belum hilang

5 Alasan Kenapa Gak Mudah bagi Single Parent untuk Menikah LagiPexels.com/Engin Akyurt

Alasan pertama kenapa seorang single parent cenderung sulit untuk yakin menikah lagi ialah, bisa saja karena traumanya pada kegagalan pernikahan di masa lalu belum hilang. Dia masih belum bisa membuka hati dan mempercayai orang baru untuk masuk ke hidupnya. Karena sakitnya bercerai dan putus saat pacaran tentu berbeda.

2. Terlanjur nyaman dengan hidupnya saat ini

5 Alasan Kenapa Gak Mudah bagi Single Parent untuk Menikah LagiPexels.com/Sora Shimazaki

Alasannya yang kedua adalah mungkin dirinya sudah terlanjur nyaman dengan hidupnya saat ini dengan menjadi orangtua tunggal untuk anak-anak. Sehingga sulit baginya melepas kenyamanan itu dan mencoba menjalin hubungan serta memutuskan menikah lagi. Sebab ada orang-orang yang justru merasa bebas dan bahagia jika sendiri.

3. Anak dan keluarga masih menjadi prioritas utamanya

5 Alasan Kenapa Gak Mudah bagi Single Parent untuk Menikah LagiPexels.com/Elly Fairytale

Percayalah, sulit bagi seorang single parent untuk berpikirkan menikah lagi ketika keluarga dan anak merupakan prioritas utamanya. Selain bekerja, waktunya sudah habis dipakai untuk mengasuh dan membahagiakan anak. Dan setiap orang tentu bebas menentukan prioritas utama dalam hidupnya, kan?

Baca Juga: 5 Kesulitan Jadi Single Parent yang Justru Bakal Menguatkanmu

4. Gak gampang mencari pasangan yang bisa menerima status single parent dengan tulus

5 Alasan Kenapa Gak Mudah bagi Single Parent untuk Menikah LagiPexels.com/Ketut Subiyanto

Kemudian alasannya yang keempat ialah karena bukanlah suatu hal yang mudah untuk menemukan pasangan yang bisa menerima status dan keadaan dirinya sebagai orangtua tunggal dengan tulus. Kalau tidak hati-hati malah bisa salah pilih dan mengakibatkan hancurnya kebahagiaan keluarga dan anak. Maka dari itu perlu pemikiran matang bagi seorang single parent untuk yakin menikah lagi.

5. Perlu keyakinan bahwa pasangannya bisa menjadi orangtua tiri yang baik untuk anaknya

5 Alasan Kenapa Gak Mudah bagi Single Parent untuk Menikah LagiPexels.com/Elly Fairytale

Kemudian alasannya yang terakhir yaitu karena diperlukan keyakinan terlebih dulu bahwa calon pasangannya bisa menjadi orangtua tiri yang baik untuk anak, makanya tidak mudah baginya untuk menikah lagi. Karena sebagai single parent tentu anak juga akan terlibat jika ia menikah lagi, dan mencari yang terbaik itu sulit.

Itulah tadi beberapa alasan kenapa seorang single parent cenderung sulit untuk yakin menikah lagi, makanya gak heran kalau ia butuh waktu lama sebelum menikah kembali.

Baca Juga: Sekarang Sukses, 10 Artis Korea Ini Dibesarkan oleh Single Parent 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya