Comscore Tracker

5 Cara agar Pasanganmu Berhenti Merasa Insecure dalam Hubungan

Bangkitkan rasa percaya dirinya dengan cara-cara positif

Tinggi dan rendah rasa percaya diri seseorang sangat berpengaruh dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk di dalam hubungan. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam sebuah hubungan pun ada tipe pasangan yang mudah merasa insecure, dan hal itu pastinya mempengaruhi tingkat kenyamanan di dalam hubungan, kan.

Maka dari itulah pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa cara yang kiranya bisa kamu lakukan agar pasanganmu berhenti insecure. Apa sajakah itu? Yuk simak!

1. Jangan membanding-bandingkan pencapaianmu dengan dirinya 

5 Cara agar Pasanganmu Berhenti Merasa Insecure dalam HubunganPexels.com/Fauxels

Jika menginginkan pasanganmu untuk berhenti merasa insecure maka caranya yang pertama ialah jangan membanding-bandingkan pencapaianmu denganmu. Mungkin, kamu lebih berprestasi dibanding dia, atau bahkan memiliki karier yang lebih sukses dan cemerlang. Perbedaan seperti itu sangat wajar terjadi di dalam hubungan, namun jangan membandingkan atau terlalu membanggakan diri karena hal itu bisa memancing perasaan insecure pasangan.

2. Tunjukkanlah kebanggaanmu dalam memilikinya 

5 Cara agar Pasanganmu Berhenti Merasa Insecure dalam HubunganPexels.com/Katerina Holmes

Kemudian caranya yang kedua agar pasanganmu berhenti merasa insecure dalam hubungan ialah dengan menunjukkan kebanggaanmu dalam memiliki dirinya sebagai kekasih. Gak perlu berlebihan, tapi cukup puji hal-hal baik yang ia miliki dan bagaimana kebahagiaanmu sejak menjalin hubungan dengannya. Jadi rasa insecurenya hilang ketika tahu kalau ternyata dirinya berharga untukmu.

3. Beri dia kepercayaan untuk menjadi independen 

5 Cara agar Pasanganmu Berhenti Merasa Insecure dalam HubunganPexels.com/Andrea Piacquadio

Kemudian caranya yang ketiga ialah dengan memberi pasanganmu kepercayaan untuk menjadi sosok yang independen. Karena setiap orang pada umumnya akan menjadi lebih percaya diri jika mampu mandiri dan gak bergantung. Jadi kalau kamu terbiasa posesif dan over protective maka cobalah kurangi hal itu secara perlahan, ya.

Baca Juga: 6 Zodiak yang Sering Insecure terhadap Pasangan, Takut Kehilangan

4. Yakinkan bahwa kamu setia dan bersedia menemaninya berkembang 

5 Cara agar Pasanganmu Berhenti Merasa Insecure dalam HubunganPexels.com/Katerina Holmes

Lalu caranya yang keempat ialah dengan meyakinkan pasanganmu bahwa dirimu akan setia dan mau menemaninya untuk berkembang. Biasanya, seseorang tanpa disadari merasa insecure ketika pasangannya lebih sukses dan hebat dibanding dirinya. Bisa jadi karena takut kehilangan dan digantikan dengan sosok yang lebih hebat dari dirinya, maka dari itulah kamu perlu meyakinkan dia.

5. Jangan bawa-bawa masa lalu di dalam hubungan kalian 

5 Cara agar Pasanganmu Berhenti Merasa Insecure dalam HubunganPexels.com/Cottonbro

Dan caranya yang terakhir agar pasanganmu berhenti merasa insecure adalah dengan tidak membawa-bawa masa lalu di dalam hubungan kalian. Pada dasarnya hubungan yang dibayangi masa lalu memang tidak baik dan bisa berdampak pada perasaan pasangan, apalagi jika dia merasa bahwa dirinya tidak lebih baik dari seseorang yang ada di masa lalumu itu. 

Perasaan insecure pasangan tentu ada sebabnya, dan daripada memaksanya berubah kamu bisa coba lakukan cara-cara tadi untuk membantunya lebih percaya diri dalam hubungan.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Suka Insecure dalam Circle Pertemananmu Sendiri

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya