Comscore Tracker

5 Cara Bijak Hadapi Pasangan yang Sedang Marah, Sabar dan Tetap Tenang

Dengarkan sampai dia selesai meluapkan marahnya padamu

Entah karena masalah yang ada dalam hubungan kalian, atau kesalahan yang kamu perbuat hingga membuat pasangan marah. Apa pun itu, kamu harus bisa menghadapi situasi ini dengan bijak agar pasangan yang tadinya marah bisa jadi tenang dan masalah pun teratasi dengan baik. Berikut ini adalah beberapa cara bijak untuk menghadapi pasangan yang sedang marah. 

1. Dengarkan dengan sabar marah-marahnya

5 Cara Bijak Hadapi Pasangan yang Sedang Marah, Sabar dan Tetap Tenangilustrasi pasangan bicara (pexels.com/RODNAE Productions)

Tidak ada tips yang lebih baik dari bersikap sabar saat pasanganmu sedang marah. Cukup diam dan dengarkan dengan sabar marah-marahnya sampai pasanganmu selesai meluapkan kekesalannya padamu. 

Cukup pahami bahwa marahnya itu tanda kalau dia sayang dan peduli padamu, karena mustahil orang yang tak cinta mau repot-repot marah tentang suatu hal yang tak dia anggap penting. Dengan mamahaminya kamu jadi lebih bisa sabar dalam menghadapinya yang sedang marah. 

2. Tetap kalem dan jangan terpancing emosi

5 Cara Bijak Hadapi Pasangan yang Sedang Marah, Sabar dan Tetap Tenangilustrasi bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Selain sabar mendengarkan pasanganmu yang sedang marah, cara bijak untuk menghadapinya ialah dengan tetap kalem dan jangan terpancing emosi. Mau dia semarah apa pun padamu, kamu jangan ikut terpancing emosi walaupun dia juga ada porsi salahnya. 

Ketenangan sikapmu adalah kunci untuk membuatnya jadi ikutan tenang ketika sudah selesai marah-marah. Ibarat menghadapi api dengan menjadi air, lama-lama apinya akan mereda. 

Baca Juga: Jangan Balik Marah, 5 5ikap Ini Wajib Dilakukan saat Pasangan Marah

3. Setelah dia selesai marah-marah, minta waktu untuk kalian berdua menenangkan diri

5 Cara Bijak Hadapi Pasangan yang Sedang Marah, Sabar dan Tetap Tenangilustrasi pasangan cuek (pexels.com/Cottonbro)

Cara bijak yang ketiga untuk menghadapi pasangan yang sedang marah ialah dengan meminta waktu tenang. Setelah dia selesai meluapkan marahnya padamu, minta waktu untuk kalian berdua bisa menenangkan diri. 

Bisa dalam kurun waktu beberapa jam, atau bahkan satu harian penuh sampai kalian benar-benar tenang. Hal ini tindakan yang bijak agar masalah tidak bertambah besar, karena kalian membicarakannya ketika sudah sama-sama tenang dan berpikir logis. 

4. Bahas permasalahan dengan jelas dan to the point tanpa menggunakan emosi

5 Cara Bijak Hadapi Pasangan yang Sedang Marah, Sabar dan Tetap Tenangilustrasi diskusi (pexels.com/Kindel Media)

Memuncaknya emosi pasangan pasti ada penyebabnya, dan hal ini harus ditangani dengan mendiskusikannya bersama tanpa menggunakan emosi. Setelah sama-sama tenang, bicarakanlah tentang penyebab dia marah, apa yang menjadi akar masalah hubungan kalian dan lain sebagainya. 

Dengan menguraikannya satu-persatu secara jelas, kalian jadi mengerti letak masalahnya dimana dan bisa mencari solusi yang tepat untuk itu. Karena setiap hubungan pasti ada masalahnya, dan menyelesaikan masalah bersama-sama adalah kunci untuk membangun hubungan dengan baik. 

5. Minta maaf jika memang salah dan ajak untuk menjadikan masalah itu sebagai bahan intropeksi

5 Cara Bijak Hadapi Pasangan yang Sedang Marah, Sabar dan Tetap Tenangilustrasi pasangan (pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas)

Setelah membahas permasalahan bersama dan ternyata dirimu yang salah hingga membuatnya marah, maka jangan ragu untuk minta maaf. Mengakui kesalahan tidak hanya dapat meredakan emosi tapi juga membuat hubungan aman dari keretakan. 

Tapi selain minta maaf dan memaafkan, gak ada salahnya juga untuk mengajak pasangan untuk menjadikan persoalan di antara kalian sebagai bahan intropeksi. Supaya ke depannya tidak terulang lagi dan tidak membuat pasanganmu marah untuk kedua kali. 

Kesimpulannya, menghadapi pasangan yang sedang marah itu harus dengan sikap tenang dan bijak. Pokoknya dengarkan saja dengan sabar supaya emosinya mereda, lalu selesaikan dengan diskusi bersama. 

Baca Juga: 9 Tips Menghadapi Pasangan yang Suka Ngambek, Harus Sabar!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya