Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya untuk Gak Buru-Buru Menikah di Usia 20-an

Karena menikah itu dijalani kalau memang sudah siap

Banyak orang berpendapat bahwa ketika seseorang berada di usia tertentu maka harus menikah, padahal menikah itu kan bukan sebuah bentuk perlombaan ataupun perkara usia matang saja. Sebaliknya, justru ada baiknya bagi kamu untuk tidak buru-buru menikah di usia 20-an, lho.

Berikut ini beberapa alasan tentang pentingnya untuk tidak buru-buru menikah saat kamu berusia 20-an, simak penjelasannya juga ya!

1. Menikmati masa muda

5 Alasan Pentingnya untuk Gak Buru-Buru Menikah di Usia 20-anPexels.com/Snaps Philippines

Ada banyak orang yang menikah namun berakhir menyesal karena tidak memiliki waktu bersenang-senang lagi. Maka dari itu, bagi kamu yang berusia 20-an dan dinilai legal untuk menikah, ada baiknya untuk tidak terburu-buru. Nikmatilah masa mudamu sebaik-baiknya, sebab ketika menikah nanti hidup dan waktumu sudah bukan milik dirimu seorang lagi. Ada tanggung jawab baru yang harus kamu tanggung, dan itu tidak mudah.

2. Memperjuangkan mimpi

5 Alasan Pentingnya untuk Gak Buru-Buru Menikah di Usia 20-anPexels.com/Startup Stock Photos

Usia 20-an adalah usia emas di mana kamu bisa sangat produktif dan memiliki banyak ide kreatif. Jangan sia-siakan kesempatanmu untuk memperjuangkan mimpi, sebab waktu tidak akan bisa diulang kembali. Selain itu, perjuanganmu dalam meraih mimpi juga bisa menjadi cerita inspiratif bagi anakmu kelak, kan? Jadi tidak perlu terburu-buru menikah.

3. Berbakti pada orangtua sepuasnya

5 Alasan Pentingnya untuk Gak Buru-Buru Menikah di Usia 20-anPixabay.com/Truthseeker08

Orangtua membesarkanmu, mendidik, menyekolahkanmu hingga kamu bisa mandiri dan mendapat pekerjaan yang menjanjikan. Meski setiap orang berpendapat hal yang berbeda, namun bukankah lebih baik jika kamu berbakti pada orangtua dahulu sebelum menikah? Membalas segala kebaikannya dan membuat mereka bahagia. 

Baca Juga: 5 Alasan Klasik Kenapa Orang Buru-buru Menikah

4. Tidak asal memilih pasangan untuk diajak menikah

5 Alasan Pentingnya untuk Gak Buru-Buru Menikah di Usia 20-anPexels.com/Renato Abati

Hal positif lainnya di balik tidak buru-buru menikah di usia 20-an adalah kamu jadi tidak asal dalam memilih pasangan untuk diajak menikah. Karena pernikahan itu bukan hubungan yang gampang minta putus seperti saat pacaran, jadi kamu sebaiknya benar-benar yakin dahulu dengan pasangan apakah dia merupakan orang yang tepat untuk menjadi teman hidupmu kelak.

5. Menyiapkan diri secara total untuk menikah, terutama mental

5 Alasan Pentingnya untuk Gak Buru-Buru Menikah di Usia 20-anPexels.com/Alan Retratos

Sekali lagi, kamu harus memahami bahwa menikah itu tidak semudah saat masih pacaran. Dan untuk melewati berbagai hal yang terjadi dalam pernikahanmu nanti, dibutuhkan mental yang benar-benar kuat. Apalagi jika kamu memiliki anak. Maka dari itu ada baiknya kamu untuk tidak buru-buru menikah, persiapkan mental dengan total dahulu jika memang mau menikah.

Itulah beberapa alasan tentang pentingnya bagi kamu untuk tidak buru-buru menikah di usia 20-an.

Baca Juga: Demi Kebaikan, Jangan Buru-buru Menikah karena 5 Alasan Ini 

afifah hanim Photo Community Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You