Comscore Tracker

Meski Sudah Putus, Tetap Hargai Mantanmu dengan 5 Sikap Ini 

Tetap saling jaga martabat satu sama lain dengan bijak

Meski putus hubungan itu sakit dan membuat kita kehilangan, namun bukan berarti kita lantas menjadikan mantan sebagai musuh. Sebagaimana hubungan yang diawali dengan niatan baik dan perasaan tulus, ketika putus pun mestinya tetap menjaga hubungan satu sama lain dengan baik. 

Bukan menyuruhmu untuk tetap dekat dengan mantan dan bersikap seperti tak terjadi apa-apa, melainkan tetap saling menjaga martabat satu sama lain. Dengan kata lain, kamu tetap harus menghargai mantan dengan menjaga sikap seperti lima poin di bawah ini. Apa sajakah itu? Yuk simak pembahasannya! 

1. Gak berlagak akrab ketika dia bersama gebetan barunya 

Meski Sudah Putus, Tetap Hargai Mantanmu dengan 5 Sikap Ini ilustrasi pasangan bicara (pexels.com/Ivan Samkov)

Sikap pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghargai mantan ialah tidak berlagak akrab ketika dia sedang bersama dengan gebetan barunya. Kamu harus tahu menjaga sikap dan memposisikan diri. 

Setelah putus, tentu baik kamu dan dirinya berhak untuk dekat dengan siapa saja dan mencari pasangan baru. Jadi, harus saling menghargai satu sama lain. Tidak boleh ada kecemburuan ataupun sikap yang mengganggu hubungan asmara mantan. 

2. Menjadikan kenangan momen intimate sebagai rahasiamu dan dia saja 

Meski Sudah Putus, Tetap Hargai Mantanmu dengan 5 Sikap Ini ilustrasi pasangan (pexels.com/Zeinab Ghassemi)

Suatu hal yang tidak bisa diubah terhadap mantan ialah tentang kalian yang dulu pernah menjalin hubungan dan mengukir memori untuk satu sama lain. Ada baiknya untuk menjadikan hal itu sebagai privasi kalian berdua saja setelah putus. 

Mulai dari kenangan bersama yang menyenangkan, dramatis, hingga momen mesra bersama yang berkesan untuk kalian berdua. Jika kamu ingin menghargainya, maka tidak perlu menceritakan hal itu pada siapa-siapa dan cukup jadi rahasia berdua saja. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Tiba-tiba Kepikiran Balikan sama Mantan

3. Tidak menjelek-jelekkannya di depan pasanganmu yang baru 

Meski Sudah Putus, Tetap Hargai Mantanmu dengan 5 Sikap Ini ilustrasi pasangan diskusi (pexels.com/Katerina Holmes)

Ketika menjalin hubungan, kebanyakan orang akan bertanya tentang masa lalu pasangannya bersama mantan. Pada momen ini, sebaiknya kamu tidak menjelek-jelekkan mantan di hadapannya. Hal ini termasuk salah satu sikap untuk menghargai mantan sebagai orang yang pernah menjadi sosok istimewa di hidupmu. 

Jangan mentang-mentang sudah putus, lalu kamu bebas menjelek-jelekkan atau bahkan menyebar aibnya. Hargailah dia dan jaga martabatnya dengan tidak berkata buruk tentangnya. Tidak perlu memuji atau bahkan membanggakannya di depan pasanganmu, tapi cukup jadilah mantan yang bersikap gentle dan tahu bagaimana menghargai orang. 

4. Tidak mencampur masalah pribadi dengan pekerjaan

Meski Sudah Putus, Tetap Hargai Mantanmu dengan 5 Sikap Ini ilustrasi bersalaman (pexels.com/Fauxels)

Jika kamu dan mantan secara kebetulan bekerja di tempat yang sama atau terlibat dalam kerja sama kerja, maka bersikaplah profesional dengan tidak mencampurkan urusan pribadi dengan pekerjaan. Ini merupakan salah satu caramu untuk menghargainya. 

Tidak semua orang ingin hubungannya di masa lalu dibahas kembali saat tidak sengaja terlibat dalam urusan pekerjaan. Bahkan, lebih baik lagi untuk bersikap tidak acuh dan memandangnya sebagaimana orang biasa yang menjadi relasi dalam pekerjaan, dengan begitu baik kamu dan juga dia bisa sama-sama nyaman. 

5. Bersikap biasa saja ketika bertemu di suatu tempat 

Meski Sudah Putus, Tetap Hargai Mantanmu dengan 5 Sikap Ini ilustrasi bicara (pexels.com/Liliana Drew)

Sikap terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghargai mantan ialah dengan bersikap biasa saja jika tak sengaja bertemu di suatu tempat. Jangan panik atau bahkan tiba-tiba emosi ketika melihatnya karena itu bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman. 

Jika kamu tidak mau bersikap ramah padanya maka cukup bersikap biasa saja selayaknya pada orang asing. Tapi kalau dia menyapamu lebih dulu kamu pun bisa menjawab sapaannya dan mengobrol kecil dengannya sebagai bentuk menghargai eksistensinya di hidupmu dulu. 

Putus hubungan bukan berarti saling benci dan menjelek-jelekkan satu sama lain. Tapi jagalah martabat dan harga diri dengan sikap-sikap yang bijak. Karena meskipun sudah jadi mantan, dia tetaplah seseorang yang pernah istimewa di hidupmu. 

Baca Juga: 5 Motivasi Mantan Suka Pamer Kemesraan sama Gebetan Barunya

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya