Comscore Tracker

Menyepelekan Pencapaianmu, Jauhi 5 Tipe Teman Ini Kalau Mau Maju!

Dia yang selalu mematahkan semangatmu tiap ingin sukses

Memang benar bahwa sukses dan majunya hidup kita semua bergantung apada seberapa besar usaha kita untuk meraihnya. Akan tetapi gak bisa disangkal juga bahwa ada bagian kecil peran teman dalam sukses atau tidaknya hidup kita.

Teman yang baik dan supportive akan mendukungmu meraih kesuksesan dengan penuh semangat, kebalikannya dengan teman yang toxic dan pesimis. Yang mana teman-teman yang seperti itu malah menurunkan semangatmu dengan menakut-nakuti kalau kamu bakal gagal atau juga menyepelekan setiap pencapaianmu. Makanya sebisa mungkin jauhi teman yang tidak baik kalau mau maju, terutama lima tipe teman di bawah ini! 

1. Mengajakmu menyia-nyiakan waktu untuk hang out gak jelas

Menyepelekan Pencapaianmu, Jauhi 5 Tipe Teman Ini Kalau Mau Maju!ilustrasi teman (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Tipe teman pertama yang mesti kamu jauhi kalau mau maju ialah mereka yang sering banget ngajak hang out tanpa tujuan yang jelas. Dengan kata lain mereka adalah tipe teman yang mengajakmu untuk menyia-nyiakan waktu.

Kamu gak bakal bisa maju kalau terus berteman dengan orang-orang seperti ini, kenapa? Karena logikanya, apa usaha yang kamu lakukan sebagai persiapan masa depan kalau yang kamu lakukan bersama mereka hanyalah buang-buang waktu saja. Main-main menghabiskan waktu dan uang tanpa ada manfaat apapun. 

2. Menyepelekan pencapaian yang kamu raih

Menyepelekan Pencapaianmu, Jauhi 5 Tipe Teman Ini Kalau Mau Maju!ilustrasi bicara (pexels.com/RODNAE Productions)

Teman sejati adalah mereka yang mendukung dan bangga terhadap apapun pencapaian yang kamu raih, bukan malah menyepelekan pencapaian yang berhasil kamu dapatkan. Jadi kalau temanmu termasuk ke dalam orang-orang yang menyepelekan pencapaian temannya maka segera jauhi.

Karena sesungguhnya kamu tidak akan bisa maju jika terus bergaul dengan orang semacam itu. Sebab apapun pencapaianmu tak akan pernah terlihat baik bagi mereka, bahkan cenderung mengecilkan semangatmu sehingga kamu merasa malu terhadap apa yang kamu capai. Benar-benar tipe teman yang toxic

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Teman SMA adalah Teman Seumur Hidupmu

3. Mengejekmu kalau rajin belajar dan berambisi

Menyepelekan Pencapaianmu, Jauhi 5 Tipe Teman Ini Kalau Mau Maju!ilustrasi teman (pexels.com/Monstera)

Kalau dirimu ingin maju maka jauhilah tipe teman yang ketiga ini, yaitu mereka yang mengejekmu ketika rajin belajar dan berambisi untuk maju. Jangan lama-lama berteman dengan orang seperti ini atau kamu juga bakalan ikut jadi seperti mereka.

Dengan diejek seperti itu sama saja membuatmu berpikir bahwa rajin belajar dan berambisi untuk mengejar prestasi tertentu itu salah. Padahal mestinya bisa saling dukung bersama teman untuk sama-sama mengembangkan diri, bukannya begitu ada yang rajin malah diejek dan dibuat malu. 

4. Gak merasa bersalah memanfaatkanmu untuk keuntungannya

Menyepelekan Pencapaianmu, Jauhi 5 Tipe Teman Ini Kalau Mau Maju!ilustrasi bicara (pexels.com/RODNAE Productions)

Salah satu teman yang sangat perlu kamu jauhi jika ingin memiliki kehidupan yang maju ialah tipe teman yang tak tahu malu dalam memanfaatkanmu. Entah itu memanfaatkan hartamu atau pengaruhmu dalam dunia kerja.

Pokoknya dia jelas-jelas memanfaatkanmu tapi dia gak malu dan gak merasa bersalah akan itu. Percayalah, berteman dengan orang yang seperti ini hanya akan buang-buang waktu saja. Kecuali kalau kamu memang suka kalau dimanfaatkan orang. 

5. Menakut-nakutimu bakal gagal setiap kali mau berjuang untuk sukses

Menyepelekan Pencapaianmu, Jauhi 5 Tipe Teman Ini Kalau Mau Maju!ilustrasi bicara (pexels.com/August de Richelieu)

Tipe teman terakhir yang juga harus kamu jauhi kalau mau maju ialah teman yang pesimis dan berusaha mempengaruhimu dengan sifat pesimisnya. Sehingga setiap kali kamu mau berjuang meraih kesuksesan dia pun berusaha menakut-nakuti kalau kamu bakal gagal.

Bukannya menyemangati, tipe teman seperti ini akan menurunkan semangatmu hingga akhirnya percaya pada perkataannya bahwa kamu mungkin akan gagal. Benar-benar berpengaruh buruk untuk hidupmu karena kamu jadi gak pernah berani melakukan apapun ketika dipengaruhi olehnya.

Jika temanmu ada yang termasuk lima tipe tadi maka segeralah jaga jarak dan jauhi, karena mereka bisa mempengaruhimu dan menghambat hidupmu untuk maju. 

Baca Juga: 5 Etika Saat Berinteraksi dengan Teman, Hargai Satu Sama Lain!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya