Comscore Tracker

5 Kriteria yang Perlu Kamu Tetapkan dalam Pencarian Pasangan Hidup

Supaya pernikahanmu berjalan langgeng dan harmonis

Pernikahan adalah hubungan yang lebih serius tingkatannya dibanding pacaran. Kamu dan pasangan akan saling memegang komitmen dan menjalani kehidupan rumah tangga bersama. Hidup bersama dalam waktu lama, tentu kamu gak mau kalau sampai salah pilih pasangan, kan? 

Itulah kenapa demi mendapatkan pasangan yang tepat, kamu harus menetapkan standar atau kriteria pasangan hidup yang kamu cari. Gak perlu standar yang terlalu tinggi, tapi pastikan dia bertanggung jawab atas hidupnya dan gak neko-neko. Lima di antaranya bisa kamu simak dalam pembahasan berikut ini. 

1. Bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan keluarganya

5 Kriteria yang Perlu Kamu Tetapkan dalam Pencarian Pasangan Hidupilustrasi keluarga (pexels.com/Askar Abayev)

Standar pertama yang harus kamu tetapkan saat mencari pasangan hidup ialah pastikan dia tipe orang yang bertanggung jawab. Maksudnya bertanggung jawab di sini yaitu dia bisa bertanggung jawab atas dirinya sendiri dan juga keluarganya. 

Dia bertanggung jawab atas setiap sikap dan perkataannya, hal-hal di dalam pekerjaan pun tidak pernah ia abaikan. Selain itu, ia juga harus bisa bertanggung jawab terhadap keluarga, membantu merawat orangtua yang sudah tua, atau membantu menyekolahkan adiknya hingga lulus dari pendidikan yang layak. Dari sini kamu bisa lihat bahwa dia akan bertanggung jawab ketika menikah denganmu kelak. 

2. Mencintaimu karena pribadimu

5 Kriteria yang Perlu Kamu Tetapkan dalam Pencarian Pasangan Hidupilustrasi pasangan (pexels.com/Nil Alves)

Wajar bila seseorang awalnya tertarik pada penampilan atau hal lainnya, tapi pastikan bahwa kamu memilih pasangan hidup yang mencintai pribadimu. Ini merupakan standar dasar yang perlu dimiliki supaya menikah dengan bahagia nantinya. 

Karena kecantikan dan ketampanan bakal memudar seiring bertambahnya usia, akan tetapi ketika dia mencintai pribadimu cintanya tak akan pudar meski kamu tua nanti. Karena saat menikah yang kita hadapi adalah kepribadian pasangan, penampilan fisik atau kesuksesan karier gak bisa mempertahankan perasaan cinta. 

Baca Juga: 6 Kekeliruan saat Membicarakan Masalah dengan Pasangan 

3. Bisa diajak deep talk dan mau belajar memahami

5 Kriteria yang Perlu Kamu Tetapkan dalam Pencarian Pasangan Hidupilustrasi bicara (pexels.com/Gary Barnes)

Standar ketiga yang harus kamu tetapkan pada saat mencari pasangan hidup ialah pastikan dia merupakan orang yang bisa diajak deep talk. Bukan hanya sebagai pendengar yang baik saja, akan tetapi dia yang mau belajar memahami dirimu. 

Karena komunikasi tidak akan cukup jika tidak dibarengi dengan pengertian dan pemahaman. Dan hal ini sangatlah penting dalam pernikahan karena dialah yang akan menjadi partner hidupmu untuk menghadapi berbagai masalah kehidupan kelak. 

4. Punya prinsip yang benar dalam menjalani hidup

5 Kriteria yang Perlu Kamu Tetapkan dalam Pencarian Pasangan Hidupilustrasi kerja (pexels.com/Fauxels)

Kalau mau mencari pasangan hidup yang baik untuk dirimu maka pastikan kamu menetapkan standar yang keempat ini, yaitu dia harus punya prinsip yang benar dalam menjalani hidup. Cari tahu apakah prinsip hidupnya sejalan denganmu atau tidak. 

Melalui prinsip hidup yang dia pegang kamu bisa melihat apakah dia punya pola pikir yang lurus dan benar. Karena kalau pola pikirnya dan prinsipnya salah, bisa-bisa kamu malah diajak ke jalan yang sesat ketika menikah dengannya nanti. Pokoknya pastikan dia gak neko-neko dalam menjalani hidupnya. 

5. Family oriented

5 Kriteria yang Perlu Kamu Tetapkan dalam Pencarian Pasangan Hidupilustrasi keluarga (pexels.com/RODNAE Productions)

Standar kelima yang juga gak kalah penting saat mencari pasangan hidup ialah pastikan kamu memilih tipe pasangan family oriented. Dimana dia tahu bagaimana menentukan prioritas hidupnya dan tetap mengutamakan keluarga. 

Tipe pasangan yang seperti ini biasanya gak neko-neko kalau menjalin hubungan. Selain itu ia juga akan menyayangi keluargamu karena dia tahu betapa pentingnya peran keluarga di dalam hidup kita. Pokoknya idaman banget untuk dijadikan pasangan hidup. 

Jangan pernah menurunkan standarmu hanya demi lebih mudah mendapatkan pasangan hidup, karena kamu memang harus mencari dan memilih pasangan hidup terbaik. Setidaknya harus memenuhi lima standar tadi supaya pernikahanmu langgeng dan harmonis. 

Baca Juga: 5 Sikap yang Dibutuhkan Pasangan saat Kamu Melakukan Kesalahan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya