Comscore Tracker

5 Langkah Mudah Jadi Pendengar yang Baik, Bangun Healthy Relationship 

Biar pasangan semakin betah bersamamu 

Relationship atau sebuah hubungan tidak sesederhana bisa langsung bahagia selamanya karena saling cinta dengan pasangan, diperlukan sikap saling mengerti dan pemahaman. Makanya gak heran kalau menjadi pendengar yang baik untuk satu sama lain itu sangat diperlukan saat menjalin hubungan.

Berikut ini ada beberapa langkah mudah yang mungkin bisa kamu lakukan demi menjadi pendengar yang baik, simak penjelasannya ya.

1. Berikan perhatian penuh dan jangan memotong kata-katanya 

5 Langkah Mudah Jadi Pendengar yang Baik, Bangun Healthy Relationship Pexels.com/Ba Tik

Pertama dalam menjadi pendengar yang baik ialah dengan memberi pasanganmu kesempatan untuk bicara dan jangan memotong kata-katanya. Karena gak ada satu orang pun di dunia ini yang suka jika perkataannya diinterupsi, jadi dengarkanlah dia dan beri perhatian penuh pada setiap ceritanya.

2. Simak dengan baik apa yang ia katakan atau ceritakan padamu 

5 Langkah Mudah Jadi Pendengar yang Baik, Bangun Healthy Relationship Pexels.com/Cottonbro

Menjadi seorang pendengar yang baik itu gak hanya mendengarkan saja, namun juga harus menyimak dengan baik. Ingatlah bahwa dengan menyimak serta memahami cerita pasangan akan membuatmu semakin mengerti dirinya, jadi gak ada ruginya kan?

3. Utamakan sikap saling menghargai 

5 Langkah Mudah Jadi Pendengar yang Baik, Bangun Healthy Relationship Pexels.com/Gustavo Fring

Keinginan menjadi seorang pendengar yang baik dalam hubungan gak akan bisa terwujud jika tidak di dasari oleh sikap saling menghargai, baik itu kamu ataupun dirinya. Entah itu menghargai dalam hal topik pembicaraan yang jangan sampai menyinggung perasaan, attitude pada saat mendengarkan, atau juga cara dalam bercerita.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar untuk Menjadi Pendengar yang Baik

4. Pahamilah dirinya dengan sepenuh hati 

5 Langkah Mudah Jadi Pendengar yang Baik, Bangun Healthy Relationship Pexels.com/Vera Arsic

Menjadi pendengar yang baik berarti kamu pun harus berusaha memahami dirinya dengan sepenuh hati. Mengerti karakter atau pribadi pasangan itu memang perlu waktu dan usaha, tapi percayalah bahwa hubungan kalian justru bakal semakin mendalam jika saling memahami. Jadi membicarakan tentang apapun juga bakal nyambung.

5. Selalu selesaikan pembicaraan agar tak ada salah paham 

5 Langkah Mudah Jadi Pendengar yang Baik, Bangun Healthy Relationship Pexels.com/Immortal Shots

Jangan biarkan pembicaraan menggantung, setiap cerita yang kamu atau dia ceritakan usahakan untuk menceritakannya sampai tuntas. Karena kalau ceritanya setengah-setengah nanti bisa timbul salah paham dan masalah. Selain itu juga akan mengganggu kenyamanan dalam hubungan.

Komunikasi dan menjadi pendengar yang baik di dalam hubungan itu sangatlah penting, jadi jangan ragu untuk mencoba beberapa langkah tadi agar kamu bisa menjadi pendengar yang baik di dalam hubungan ya.

Baca Juga: Sering Jadi Teman Curhat, 5 Tanda Kamu adalah Pendengar yang Baik 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya