Comscore Tracker

5 Cara Menunjukkan Kepercayaan pada Pasangan, Beri Dia Tanggung Jawab

Buat dia merasa dipercaya dengan kamu andalkan

Bukan suatu hal yang baru bahwa di dalam hubungan sangat membutuhkan kepercayaan pada satu sama lain. Waspada dan hati-hati memang boleh, tapi jangan sampai kamu membuat pasangan merasa dirinya tidak cukup dipercaya dan selalu diragukan dalam hubungan. 

Lalu bagaimanakah cara menunjukkan kepercayaan pada pasangan? Ada banyak caranya, mulai dari memberinya ruang untuk bersosialisasi dengan siapa saja, tidak terhasut dengan omongan orang tentangnya, hingga memberinya suatu tanggung jawab dalam hubungan. Tapi kalau mau tahu lebih jelasnya, simak beberapa caranya dalam pembahasan berikut ini, ya!

1. Beri dia ruang untuk bersosialisasi

5 Cara Menunjukkan Kepercayaan pada Pasangan, Beri Dia Tanggung Jawabilustrasi teman (pexels.com/Yan Krukov)

Mungkin belum banyak orang sadar bahwa memberi ruang bagi pasangan untuk bersosialisasi termasuk salah satu cara menunjukkan kepercayaanmu padanya. Bahwa kamu memberinya ruang untuk bergaul dengan siapa saja, baik laki-laki atau perempuan. 

Bukan karena tidak bisa cemburu, tapi berusaha percaya padanya bahwa dia bisa menjaga batasan saat bergaul. Dengan begitu dia pun dengan sendirinya akan menghargai dan menjaga kepercayaan yang telah kamu berikan. 

2. Minta bantuannya ketika butuh

5 Cara Menunjukkan Kepercayaan pada Pasangan, Beri Dia Tanggung Jawabilustrasi pasangan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Cara paling mudah menunjukkan kepercayaanmu pada pasangan ialah dengan mengandalkannya. Mintalah bantuan padanya ketika kamu butuh, bahkan meskipun bantuan untuk hal kecil atau sederhana sekalipun. 

Ketika dia merasa diandalkan olehmu, dengan sendirinya ia pun berpikir bahwa kamu percaya padanya. Seperti minta tolong untuk packing barang-barang, mengirim pesanan, atau mengandalkannya untuk meng-handle pekerjaan yang menumpuk. 

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Kepercayaan dari Pasangan yang Punya Trust Issue

3. Tidak mengecek HP-nya walaupun diperbolehkan

5 Cara Menunjukkan Kepercayaan pada Pasangan, Beri Dia Tanggung Jawabilustrasi pakai HP (pexels.com/Samson Katt)

Ada banyak cara untuk menunjukkan kepercayaan pada pasangan, salah satunya ialah dengan tidak mengecek HP-nya. Bagi sebagian orang, hal ini diartikan sebagai kepercayaan yang berharga bahwa kamu tidak meragukan kesetiaannya. 

Apalagi kalau pasanganmu tidak melarang dan boleh-boleh saja kalau mau mengecek HP-nya, tapi kamu memilih untuk tidak melakukannya. Walaupun sikap yang sederhana, tapi hal itu menunjukkan bagaimana kamu menghargai privasinya dan memilih untuk percaya padanya bahwa tak ada yang dia sembunyikan di HP itu. 

4. Tidak langsung percaya pada hasutan orang sebelum ada penjelasan darinya

5 Cara Menunjukkan Kepercayaan pada Pasangan, Beri Dia Tanggung Jawabilustrasi bicara (pexels.com/Fauxels)

Saat menjalin hubungan kadang mungkin kamu akan bertemu dengan orang-orang iseng yang suka menghasut. Menghasut untuk putus atau bertengkar dengan pasangan dan membongkar keburukan yang kamu tidak tahu. 

Sehingga cara untuk menunjukkan kepercayaanmu pada pasangan ialah dengan tidak langsung percaya pada omongan orang. Tunggu penjelasan dari pasangan dan simpulkan dari berbagai sudut pandang agar tidak salah paham dan menuduh pasangan yang tidak-tidak. 

5. Beri dia tanggung jawab mengurus sesuatu untuk hubungan kalian

5 Cara Menunjukkan Kepercayaan pada Pasangan, Beri Dia Tanggung Jawabilustrasi pasangan (pexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas)

Cara paling sering yang bisa dilakukan untuk menunjukkan kepercayaanmu pada pasangan ialah dengan memberinya tanggung jawab. Dengan memberinya tugas untuk memegang suatu tanggung jawab, berarti kamu mengandalkannya, dan percaya kalau dia bisa. 

Misalnya seperti memberinya tanggung jawab untuk mengurus keperluan pertunangan atau pernikahan, memegang uang untuk tabungan menikah, atau yang lainnya. Ketika dia merasa berguna dan memiliki peran penting untukmu dan juga hubungan, di situlah bukti kalau kamu percaya padanya. 

Percaya bukan berarti kamu sepenuhnya yakin pada pasangan, akan tetapi memberinya kesempatan untuk memegang kepercayaan darimu. Dan untuk menunjukkan kepercayaan pada pasangan, kamu bisa melakukannya dengan lima cara di atas. Hal itu, otomatis akan membuat dia merasa diandalkan olehmu.

Baca Juga: Tips Membangun Kepercayaan Kembali dalam Hubungan, Sulit tapi Mungkin

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya