Comscore Tracker

Di-Ghosting Setelah Kencan, 5 Penolakan yang Sering Terjadi Saat PDKT

Bikin gebetan jadi bingung karena nolaknya secara isyarat

Yang namanya PDKT tentu wajar jika ada ketidak cocokan dan berakhir gagal, karena memang tujuannya untuk mencari pasangan yang tepat untuk menjalin hubungan. Penolakan adalah suatu hal yang biasa terjadi pada saat PDKT, dan ada banyak banget macam-macamnya. 

Ada yang berterus terang menolak dengan mengatakan secara langsung, menolak dengan tidak mau diajak kencan, atau menolak sang gebetan dengan menghilang setelah berkencan. Yang mana kita sendiri pun juga harus peka dalam melihat penolakan dari gebetan supaya tahu kapan harus mundur. Beberapa di antaranya bisa dilihat dalam pembahasan berikut ini. Yuk disimak! 

1. Setelah kencan langsung hilang kabar dan gak bisa dihubungi

Di-Ghosting Setelah Kencan, 5 Penolakan yang Sering Terjadi Saat PDKTilustrasi pegang HP (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Penolakan yang paling sering terjadi pada saat PDKT ialah tipe penolakan ghosting. Yang mana setelah berkencan salah satu pihak akan menghilang dan lost contact dengan gebetannya. 

Biasanya terjadi ketika dia illfeel dan sama sekali tidak menyukai sang gebetan ketika bertemu langsung. Tapi apapun alasannya menolak dengan cara seperti ini tidak dibenarkan, ya. Karena bisa membuat dia yang ditinggal tanpa kabar jadi kepikiran dan insecure dengan dirinya sendiri. 

2. Ajakan kencan selalu ditolak dengan alasan sibuk

Di-Ghosting Setelah Kencan, 5 Penolakan yang Sering Terjadi Saat PDKTilustrasi pasangan (pexels.com/Keira Burton)

Jika gebetanmu selalu menolak ajakan kencan dengan alasan sibuk, maka hal itu juga sebenarnya merupakan salah satu penolakannya terhadapmu. Meski tidak mengatakan penolakannya secara langsung, tapi terlihat jelas kalau dia tidak ingin dekat lebih jauh dengan berkencan. 

Karena pada dasarnya tidak ada satu orang pun di dunia ini yang benar-benar sibuk sampai tidak ada waktu untuk kencan dengan orang yang ia suka, bagaimanapun pasti akan meluangkan waktu. Jadi kalau gebetanmu seperti ini tentu kamu tahu bahwa itu saatnya berhenti mendekati dan berharap padanya. 

Baca Juga: 5 Rahasia Sukses Kencan Pertama biar Terhindar dari Ghosting

3. Menghindar setiap kali membahas tentang keinginanmu untuk menjalin hubungan dengannya

Di-Ghosting Setelah Kencan, 5 Penolakan yang Sering Terjadi Saat PDKTilustrasi bicara (pexels.com/Liliana Drew)

PDKT memang saat untuk saling mendekatkan diri antara satu sama lain, tapi terlepas dari itu gak bisa memungkiri juga bahwa pasti ada satu atau dua kali kita memberi sinyal pada gebetan tentang keinginan untuk pacaran dengannya. Nah, kalau dia selalu mengalihkan pembicaraanmu maka itu juga salah satu bentuk penolakan, lho. 

Karena dia tidak ingin kamu berharap lebih padanya kalau dia menanggapi godaan dan sinyal perasaanmu padanya. Makanya sebelum menumbuhkan harapan apa-apa ia lebih memilih mengalihkan pembicaraan, atau menanggapinya dengan cuek. 

4. Pemberian dan bantuanmu selalu ditolak dengan sopan

Di-Ghosting Setelah Kencan, 5 Penolakan yang Sering Terjadi Saat PDKTilustrasi bicara (pexels.com/Mikhail Nilov)

Macam penolakan lainnya yang sering terjadi pada saat PDKT ialah jika dia menolak pemberian atau bantuanmu dengan sopan. Nolaknya memang sopan, tapi itu sudah menunjukkan kalau dia tidak ingin utang budi padamu dan membuatmu jadi lebih dekat dengannya jika menerima apa yang kamu beri. 

Karena semandiri apapun seseorang kalau dibantu atau diberi sesuatu dari orang yang disukai pasti diterima. Setidaknya kalau pun mesra sungkan maka hal itu akan berakhir dengan balas memberi untuk satu sama lain. Benar kan? 

5. Dia dekat dengan lawan jenis lain di depanmu

Di-Ghosting Setelah Kencan, 5 Penolakan yang Sering Terjadi Saat PDKTilustrasi pasangan bicara (pexels.com/Ivan Samkov)

Penolakan yang terakhir ini bisa dibilang sebagai penolakan yang sangat jelas, yakni dia yang dengan entengnya dekat dengan lawan jenis lain di depanmu. Mungkin itu gebetan barunya dan caranya dalam menunjukkan bahwa dia ingin lepas darimu dan beralih ke yang lain. 

Cara ini memang sangat jelas terlihat sebagai penolakan, tapi bisa dibilang sebagai tindakan yang cukup kasar dan menyakiti hati. Karena dengan meninggalkan begitu saja dan langsung dekat dengan lain tentu rasanya sakit, seolah-olah dirimu mudah sekali untuk digantikan yang lain. 

Dari lima macam tadi, adakah penolakan yang pernah kamu alami saat menjalin PDKT? Penolakan yang membuatmu jadi sadar diri untuk mundur dan berhenti mendekatinya. 

Baca Juga: 5 Cara Terbaik Move On Setelah Terkena Ghosting, Lupakan Masa Lalu 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya