Comscore Tracker

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Kamu Memutuskan Bercerai, Penting Lho!

Jangan asal bercerai kalau belum memikirkan hal-hal ini

Pernikahan merupakan salah satu hal yang membawa perubahan dan pengaruh besar dalam hidup seseorang, dan hal yang paling buruk dalam pernikahan ialah jika harus berpisah atau bercerai dari pasangan. Akan tetapi saat mengambil keputusan besar seperti itu tentu kamu gak bisa sembarangan, harus memikirkan matang-matang dan mempertimbangkan banyak hal.

Seperti beberapa hal di bawah ini yang sebaiknya kamu pertimbangkan sebelum memutuskan bercerai, simak baik-baik agar keputusanmu lebih bijak ya!

1. Bagaimana membiayai hidupmu setelah berpisah

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Kamu Memutuskan Bercerai, Penting Lho!Pexels.com/Andrea Puacquadio

Bercerai dengan pasangan tentu kamu harus memikirkan bagaimana caranya menghidupi diri, kalau laki-laki mungkin santai saja karena memang tugasnya bekerja, namun bagi ibu rumah tangga tentu hal ini tidak mudah. Karena meski mungkin pasangan akan tetap mengirimi biaya hidup walau sudah cerai, namun setidaknya kamu harus punya pemasukan sendiri.

2. Bercerai karena itu keputusan terbaik atau cuma karena emosi

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Kamu Memutuskan Bercerai, Penting Lho!Pexels.com/Ketut Subiyanto

Sebelum kamu memutuskan bercerai kamu harus memikirkannya baik-baik, bahwa apakah hal itu memang keputusan terbaik untuk kalian atau cuma karena sedang emosi. Karena perceraian bukanlah main-main, gak bijaksana kalau mengambil keputusan itu karena dipengaruhi emosi saat sedang ada masalah kan.

3. Siapa yang akan merawat anak

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Kamu Memutuskan Bercerai, Penting Lho!Pexels.com/Ketut Subiyanto

Hal lainnya yang juga sangat penting untuk kamu pertimbangkan ialah perihal siapa yang akan merawat anak. Apakah itu kamu atau dia, dan mungkin kalian bisa bergantian melakukannya secara adil. Karena jangan sampai anak malah menjadi korban dari perceraianmu dengan pasangan, kasihan dia.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Memulai Hubungan Baru pasca Kamu Bercerai dari Pasangan

4. Hubungan setelah bercerai

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Kamu Memutuskan Bercerai, Penting Lho!Pexels.com/Cottonbro

Hubungan dengan pasangan setelah bercerai juga sering jadi dilema, namun memang penting untuk dipertimbangkan. Tentang apakah kamu tetap berhubungan baik dengannya sebagai teman, atau malah memilih bermusuhan dan total putus hubungan apapun. Sebab jika perceraian itu didasari kebijaksanaan dan kedewasaan tentu hal ini pun patut dipikirkan.

5. Cara agar anak tidak kehilangan sosok orangtua meski bercerai

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Kamu Memutuskan Bercerai, Penting Lho!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Tidak sedikit anak yang menjadi korban dari broken home, kehilangan sosok orangtua dan hanya memiliki salah satu. Jadi pastikan untuk memikirkan hal ini juga ya, jangan sampai setelah bercerai nanti anak malah kehilangan sosok orangtuanya. Tetap temani dia dan buat dia paham bahwa meski kini berpisah namun kalian bakal tetap ada untuknya.

Itulah tadi lima hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan bercerai. Jadi jika memang itu merupakan keputusan terbaik, tapi dampak buruknya bisa terminimalisir dengan kebijaksanaan berdua.

Baca Juga: 5 Alasan yang Membuat Seseorang Mantap Putuskan untuk Bercerai

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya