Comscore Tracker

5 Plus Minus Balikan dengan Mantan, Dihantui Trauma Masa Lalu

Ada kenangan buruk yang menghantui hubungan

Semua pasangan yang berakhir putus punya alasan dan penyebabnya sendiri kenapa hubungan yang dijalin tidak bisa dipertahankan. Tapi meskipun begitu terkadang perasaan tak bisa berubah begitu saja dan ada ruang tersendiri di hati untuk mantan. 

Karena itulah sebagian orang memilih untuk balikan dengan mantan, yang mana meskipun tidak secinta dulu tapi ada alasan kenapa ingin balikan. Namun di balik indahnya bersama mantan, terdapat plus minus balikan dengan mantan, lho.

Sebelum memutuskan menjalaninya, ketahui terlebih dahulu plus minus balikan dengan mantan, ya. Daripada salah di kemudian hari, nih!

1. Sudah sangat mengenal satu sama lain

5 Plus Minus Balikan dengan Mantan, Dihantui Trauma Masa Laluilustrasi ngobrol (pexels.com/William Fortunato)

Sisi plusnya kalau balikan sama mantan ialah kamu dan dia sudah sangat mengenal satu sama lain. Hal ini jadi kelebihan tersendiri yang membuat hubungan lebih mudah dijalani dan dimulai kembali. 

Alasan kenapa sebagian orang memilih balikan dengan mantan dibanding kenalan dengan orang baru, karena malas untuk mulai dari nol lagi untuk memahami satu sama lain. Tentu hal ini bukanlah masalah kalau pribadinya memang baik dan cocok denganmu. 

2. Meningkatkan kualitas hubungan dari sebelumnya

5 Plus Minus Balikan dengan Mantan, Dihantui Trauma Masa Laluilustrasi pasangan (pexels.com/Vlada Karpovich)

Sisi plus kedua kalau balikan sama mantan ialah hubungan yang dijalani tinggal ditingkatkan saja kualitasnya. Berkaca dari kegagalan hubungan sebelumnya, jangan sampai terulang kembali dan intropeksi untuk lebih baik lagi dalam membangun hubungan. 

Tentunya untuk melakukan ini dibutuhkan kedewasaan, tidak hanya pada dirimu tapi juga kedewasaan pasangan untuk membangun hubungan sehat yang lebih baik. Karena hubungan tetap bisa diperbaiki asal dua belah pihak sama-sama mau berusaha. 

3. Sudah kenal dan dekat dengan keluarganya

5 Plus Minus Balikan dengan Mantan, Dihantui Trauma Masa Laluilustrasi keluarga (pexels.com/RODNAE Productions)

Salah satu plusnya kalau balikan sama mantan ialah karena sudah dekat dan kenal dengan keluarganya. Apalagi kalau keluarganya memang benar-benar baik dan menerimamu ketika menjalin hubungan dengannya dulu. 

Sehingga kedekatan dengan keluarganya pun jadi pertimbangan untuk balikan. Sebab tidak semua orang beruntung bertemu calon mertua yang baik dan bisa menerima pasangan anaknya. 

Baca Juga: 5 Alasan Logis untuk Balikan dengan Mantan, Jangan Buru-Buru!

4. Hubungan bisa saja dihantui trauma masa lalu

5 Plus Minus Balikan dengan Mantan, Dihantui Trauma Masa Laluilustrasi pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Tapi dibalik sisi plusnya tetap ada sisi minus yang perlu diketahui juga kalau balikan dengan mantan. Yang mana meskipun niatnya baik untuk membangun kembali hubungan lama, tapi yang namanya luka hati tentu ada bekasnya. 

Penyebab kenapa kalian putus bisa jadi trauma masa lalu yang menghantui hubungan kalian saat ini. Hal ini mungkin tidak nyaman  khususnya untuk kamu yang merupakan tipe overthinker, bawaannya jadi cemas dan takut kalau apa yang terjadi dulu bakal dia lakukan lagi saat sudah balikan. 

5. Adanya trust issue dan mengungkit-ungkit kesalahan

5 Plus Minus Balikan dengan Mantan, Dihantui Trauma Masa Laluilustrasi bertengkar (pexels.com/RODNAE Productions)

Sisi minus lainnya kalau balikan sama mantan ialah bakal ada trust issue di dalam hubungan. Tidak semua orang, tapi sebagian besar orang yang pernah putus lalu balikan pasti tak bisa percaya sepenuhnya lagi pada pasangan. 

Dan kita semua tahu bagaimana parahnya krisis kepercayaan memicu banyak masalah dalam hubungan. Apalagi ketika bertengkar biasanya kesalahan di masa lalu ketika pernah putus jadi diungkit lagi. 

Sah-sah saja jika kamu ingin balikan dengan mantan. Tapi tentu keputusan itu diikuti dengan sisi plus minus balikan dengan mantan yang bakal kamu hadapi.

Baca Juga: Baikan dengan Mantan Tanpa Balikan? Ini 5 Syarat yang Dipenuhi

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya