Comscore Tracker

Playing Victim, Kenali 5 Red Flag Pasangan Manipulatif

Tipe pasangan toxic yang menghancurkanmu perlahan

Pasangan dengan perilaku manipulatif sering tidak disadari karena kerap diartikan sebagai bentuk cinta dan dianggap normal bagi sebagian orang. Namun alangkah baiknya jika kita bisa mengenali pasangan manipulatif supaya tidak dibuat hancur olehnya, berikut adalah beberapa tanda atau red flag-nya. 

1. Playing victim dan memojokkanmu ketika ada masalah

Playing Victim, Kenali 5 Red Flag Pasangan Manipulatifilustrasi bertengkar (pexels.com/Timur Weber)

Red flag pertama yang bisa kamu kenali dari pasangan manipulatif ialah dirinya yang tak pernah mau disalahkan. Baik itu ketika dia berbuat salah ataupun saat ada masalah dalam hubungan, dia selalu playing victim dan memojokkanmu. 

Sadar atau tidak, sikapnya ini membuatmu jadi selalu merasa salah dalam hubungan kalian. Yang mana ia membolak-balikkan fakta dan keadaan supaya kamu merasa bersalah dan selalu minta maaf padanya. 

2. Tidak memvalidasi perasaanmu

Playing Victim, Kenali 5 Red Flag Pasangan Manipulatifilustrasi bicara (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Tanda kedua dari pasangan manipulatif ialah dirinya tidak pernah memvalidasi perasaanmu, terutama perasaan negatif. Entah itu kamu yang merasa sedih, kecewa, marah, curiga, atau perasaan lainnya yang diakibatkan oleh dirinya. 

Dia tidak memperbolehkanmu untuk merasa sedih atau kecewa padanya, yang mana ia alihkan dengan beribu alasan dan logikanya. Yang mana lama-kelamaan kamu jadi gak bisa mengenali lagi jenis perasaanmu karena sudah dibiasakan denial olehnya. 

Baca Juga: Manipulatif Banget, Inilah 6 Tanda Dia Seorang Convert Narcissist

3. Memohon untuk dimaafkan tapi mengulang kesalahan terus-menerus

Playing Victim, Kenali 5 Red Flag Pasangan Manipulatifilustrasi pasangan memohon (pexels.com/Vera Arsic)

Red flag lainnya yang sering banget dilakukan pasangan manipulatif ialah dirinya yang mempermainkan perasaanmu. Yakni setiap kali melakukan kesalahan dia memohon-mohon agar dimaafkan, tapi kemudian melakukannya lagi. 

Sengaja melakukan hal yang membuatmu sakit hati karena berpikir akan selalu dimaafkan. Harus hati-hati sama pasangan seperti ini, karena kamu dibuat buta dari sisi jahatnya dengan perlakuannya yang manis dan seolah bucin saat membujukmu. 

4. Mengendalikan pikiranmu agar sepaham dengannya

Playing Victim, Kenali 5 Red Flag Pasangan Manipulatifilustrasi bicara (pexels.com/Keira Burton)

Pasangan manipulatif juga bisa dikenali dari dirinya yang berusaha mengendalikan pikiranmu. Menanamkan doktrin pemahaman yang dia punya agar tertanam di pikiranmu dan kalian menjadi sepaham. 

Baik itu tentang prinsip hidup yang dia anggap benar, pemahaman agama, karier, hingga baik buruk pribadi seseorang. Jika kamu tidak punya pendirian kuat serta wawasan yang luas, bisa sangat berbahaya untuk terikut doktrin darinya yang kamu anggap benar begitu saja. 

5. Membuatmu menyerahkan diri sepenuhnya padanya

Playing Victim, Kenali 5 Red Flag Pasangan Manipulatifilustrasi pasangan (pexels.com/Jonathan Borba)

Kalau pasanganmu berusaha mempengaruhimu untuk berpikir bahwa dirimu adalah miliknya, maka itu juga termasuk red flag pasangan manipulatif. Yang mana dia merasa berhak atas dirimu atas dasar status hubungan dan cinta. 

Banyak orang terjebak dengan pasangan seperti ini karena mengira kalau kepemilikan adalah bentuk cinta, padahal sebenarnya tidak. Bukan suatu hal yang wajar jika dirimu diminta menyerahkan diri dan berkorban habis-habisan untuk pasangan. 

Akan sangat baik jika kamu bisa cepat mengenali red flag pasangan manipulatif seperti di atas tadi. Sebelum mental dan pikiranmu dirusak perlahan-lahan olehnya karena terlena dalam hubungan toxic

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Bisa Bikin Pasangannya Super Bucin, Manipulatif!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya