Comscore Tracker

5 Tanda Hidupmu Terlalu Bergantung pada Pasangan

Kamu sampai gak bisa melakukan apa-apa tanpa dia

Suatu hal yang wajar bila pasangan ingin memanjakan dan mengurusmu ketika menjalin hubungan, begitu pula dengan dirimu yang senang ketika dimanjakan dan dipenuhi segala kebutuhannya. Tapi meskipun terbilang wajar, kalau perlakuan seperti itu sudah sampai di tahap menggantungkan hidup pada pasangan maka sudah tidak bisa dianggap wajar lagi. 

Hal ini menunjukkan bahwa hidupmu sudah terlalu bergantung pada pasangan, benar-benar tidak sehat untuk dirimu sendiri dan juga hubungan. Pembahasan lengkapnya ada di bawah ini, jadi simak baik-baik, ya! 

1. Kebutuhanmu gak bisa terpenuhi kalau gak dibiayai olehnya

5 Tanda Hidupmu Terlalu Bergantung pada Pasanganilustrasi pasangan belanja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika biaya kebutuhan hidupmu sebagian besar atau bahkan sepenuhnya ditanggung pasangan, maka itu sudah menjadi tanda pertama kalau dirimu sebenarnya terlalu bergantung padanya. Karena tanpa dia kamu jadi tidak bisa hidup dan serba kekurangan. 

Kalau dia benar-benar mencintaimu dan tidak keberatan dengan itu tentu tidak apa-apa, tapi kalau ketergantunganmu malah membuat hidupnya berat maka cepatlah intropeksi diri dan hilangkan ketergantunganmu padanya. Karena hal ini juga bisa merugikan dirimu sendiri yang jadi tidak berdaya dan jatuh miskin jika ditinggal olehnya. 

2. Ke mana-mana jadi takut sendirian dan harus ditemani

5 Tanda Hidupmu Terlalu Bergantung pada Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/Katerina Holmes)

Hal lainnya yang menandakan bahwa hidupmu sudah di tahap terlalu bergantung pada pasangan ialah jika semakin lama berhubungan kamu jadi makin takut untuk ke mana-mana sendiri. Kamu jadi cemas dan merasa lemah kalau pergi ke suatu tempat tanpa ditemani olehnya. 

Biasanya hal ini terjadi karena terbiasa ditemani oleh pasangan ke manapun dan dilarang olehnya untuk pergi sendiri. Sehingga tanpa kamu sadari kamu jadi bergantung dan kehilangan kepercayaan dirimu untuk bisa menjaga diri sendiri ketika tidak bersamanya. 

3. Takut berlebihan kalau dia pergi jauh dan tidak ada di dekatmu

5 Tanda Hidupmu Terlalu Bergantung pada Pasanganilustrasi sedih (pexels.com/SHVETS Productions)

Hidupmu terbilang sangat bergantung pada pasangan jika dirimu diserang rasa takut berlebihan jika dia pergi jauh dan tidak ada di dekatmu. Yang mana biasanya bakal bikin kamu nangis histeris kalau dia harus kerja dan tinggal jauh denganmu alias LDR. 

Rasa butuh akan keberadaannya yang berlebihan seperti ini sangat tidak sehat untuk dirimu sendiri, dirinya dan juga hubungan. Kamu yang jadi tidak bisa apa-apa kalau tidak ada dia, dirinya yang jadi harus mengalah dan menuruti kemauanmu meski harus menyia-nyiakan kesempatan, serta hubungan yang jadi toxic karena kamu yang mengekang dengan ketergantungan hidupmu padanya. 

Baca Juga: 5 Tips Kendalikan Hidup Sendiri Sejak Masih Muda, biar Gak Bergantung

4. Mengambil keputusan apapun harus ada persetujuan dan dukungannya

5 Tanda Hidupmu Terlalu Bergantung pada Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Ketergantungan hidup yang berlebihan pada pasangan juga ditandai dengan dirimu yang tidak bisa mengambil keputusan hidup sendiri. Apapun keputusan yang mau kamu buat harus tanya dulu padanya, yang mana semua jadi harus atas persetujuan dan dukungannya. 

Bisa jadi dia yang membiasakanmu untuk bergantung padanya untuk pengambilan keputusan, atau bisa jadi juga hal ini disebabkan oleh ketergantunganmu padanya yang jadi insecure kalau gak gak mengikut sertakan dia dalam keputusanmu. Tapi apapun alasannya hal ini tetap tidak baik untuk dibiarkan, yang mana hidupmu bisa berakhir hilang arah karena tidak membuat keputusan atas prinsipmu sendiri. 

5. Bisa bad mood parah kalau gak diprioritaskan dan dimanja

5 Tanda Hidupmu Terlalu Bergantung pada Pasanganilustrasi menolak (pexels.com/RODNAE Productions)

Tandanya yang terakhir kalau hidupmu sudah terlalu bergantung pada pasangan ialah ketika kamu jadi bad mood parah jika tidak diprioritaskan dan dimanja oleh pasangan. Yang mana harimu jadi gak lengkap dan sangat hampa kalau tidak ada dia. 

Paling parahnya, karena saking bergantung padanya kamu jadi tidak terima kalau dia lebih mementingkan kesibukannya daripada dirimu. Seolah-olah dia harus selalu ada untuk melayani dan membuatmu senang. Kamu jadi seperti berkuasa atas hidupnya meski nyatanya dirimulah yang membutuhkan dia. 

Terlalu menggantungkan hidup pada pasangan bisa bikin hubungan jadi toxic. Jadi pastikan kamu peka terhadap lima tanda tadi dan segera memperbaiki diri sebelum dia terbebani oleh ketergantunganmu, ya. 

Baca Juga: 5 Sikap yang Menyebabkan Pacar Selalu Bergantung Padamu

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya