Comscore Tracker

5 Tips Agar Momen Pernikahanmu Berjalan Hikmat dan Penuh Kebahagiaan

Supaya acara pernikahanmu berjalan baik dan lancar

Bicara soal pernikahan, semua orang pasti ingin menikah hanya sekali seumur hidup dengan orang yang benar-benar dicinta. Sehingga momen pernikahan sangat berharga dan tak akan terulang kembali ini diharapkan dapat berlangsung secara lancar.

Mulai dari mengoordinasikan jadwal acara pernikahan dengan tim dari jauh-jauh hari, menghindari konflik, hingga menghindari mengundang orang-orang yang merusak suasana acara. Nah, berikut beberapa tips agar momen pernikahanmu berjalan hikmat dan penuh kebahagiaan.

1. Koordinasikan tim pengurus acara dari jauh hari

5 Tips Agar Momen Pernikahanmu Berjalan Hikmat dan Penuh Kebahagiaanilustrasi diskusi (pexels.com/Edmond Dantes)

Acara pernikahan pasti ada prosesi yang harus dipersiapkan dengan matang dan terencana. Nah mengenai tim yang mengurus prosesi jalannya acara pernikahanmu, ada baiknya untuk mengkoordinasikannya dari jauh hari.

Gunanya tentu saja supaya semua tahap acara dapat berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Jadi diskusikanlah bersama dengan jelas supaya tidak ada gangguan sedikitpun selama pernikahan berlangsung. 

2. Gelar pernikahan di lokasi yang tidak menyulitkan

5 Tips Agar Momen Pernikahanmu Berjalan Hikmat dan Penuh Kebahagiaanilustrasi menikah (pexels.com/Jonathan Borba)

Tipsnya yang kedua agar momen pernikahanmu berjalan dengan lancar dan hikmat ialah dengan memilih lokasi yang tepat untuk acara. Kamu akan ribet sendiri jika nanti lokasinya terlalu jauh atau sulit dijangkau. 

Memilih lokasi yang tepat juga bagus untuk memudahkan tamu undangan yang datang, sehingga mereka tidak kesulitan untuk hadir. Momen bahagia sudah semestinya tidak menyulitkan orang lain, kan?

Baca Juga: 3 Langkah Mudah Atur Keuangan untuk Wujudkan Pernikahan Impian

3. Hindari konflik apapun selama acara berlangsung

5 Tips Agar Momen Pernikahanmu Berjalan Hikmat dan Penuh Kebahagiaanilustrasi menikah (pexels.com/David Guerrero)

Hindari segala jenis konflik supaya momen pernikahan berjalan dengan hikmat dan penuh bahagia. Mau itu konflik ringan atau yang sebenarnya sangat sensitif sekalipun, kalau bisa ditahan dulu sampai acara pernikahan selesai, ya.

Ketika pernikahan berlangsung tentu banyak orang yang akan datang, termasuk keluarga dari kedua belah pihak. Akan sangat kurang nyaman dan bikin momen pernikahan kacau apabila ada konflik yang terjadi. Dengan kata lain kamu harus banyak-banyak sabar dan menjaga sikap bijak. 

4. Pastikan semua orang bisa menikmati momen bahagia bersama selama pesta

5 Tips Agar Momen Pernikahanmu Berjalan Hikmat dan Penuh Kebahagiaanilustrasi pernikahan (pexels.com/Cleyder Duque)

Tipsnya yang keempat ialah dengan memastikan bahwa semua orang yang hadir dapat menikmati momen bahagiamu. Diskusikan hal ini secara terperinci dengan tim yang mengurus acara pernikahanmu. 

Mulai dari apa saja hiburan untuk memeriahkan acara pernikahanmu, makanan yang cocok dimakan semua orang yang datang, hingga mungkin souvernir yang bermanfaat untuk tamu. Pernikahan akan jadi lebih berkesan kalau tamu yang datang juga senang, kan?

5. Jangan undang orang-orang yang mungkin bisa merusak suasana

5 Tips Agar Momen Pernikahanmu Berjalan Hikmat dan Penuh Kebahagiaanilustrasi pasangan menikah (pexels.com/Burak Evlivan)

Tipsnya yang terakhir agar momen pernikahanmu berjalan dengan hikmat dan bahagia ialah dengan tidak mengundang orang-orang yang mungkin bisa merusak suasana. Tidak semua orang itu baik dan ikut bahagia ketika kamu dan pasanganmu menikah. 

Entah itu mantan kekasih, musuh, hingga mungkin orang-orang menyebalkan yang suka berbuat rusuh. Meskipun diundang atau tidak, itu adalah keputusanmu sendiri. Namun, lebih baik dihindari agar momen pernikahan dapat terjaga. 

Itulah tadi lima tips agar momen pernikahanmu berjalan hikmat dan penuh bahagia. Perlu persiapan dan koordinasi yang matang dengan orang-orang yang membantu mengurus prosesi acara, agar resepsi pernikahan pun lancar tanpa halangan.

Baca Juga: 9 Susunan Acara Lamaran, Tahap Penting Sebelum Pernikahan

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya