Comscore Tracker

5 Karakter Pasangan yang Siap Jadi Teman Hidupmu, Jangan Hanya Cinta!

Apa pasanganmu siap jadi teman hidupmu?

Cari pasangan untuk komitmen jangka panjang, bukan hal mudah. Banyak alasan kenapa orang tidak berada dalam hubungan jangka panjang. Mereka tidak yakin dengan komitmennya. Faktor luar maupun faktor dari dalam diri, sangat memengaruhi keberlangsungan suatu hubungan.

Dilansir Psychology Today, menurut Grant Hilary Brenner MD, DFAPA, seorang psikiatris, dalam mencari pasangan sehidup semati, kepribadian pasangan memainkan peran kunci. Ini dia 5 karakter pasangan yang siap jadi teman hidupmu. Apa pasangan kamu begini?

1. Dewasa

5 Karakter Pasangan yang Siap Jadi Teman Hidupmu, Jangan Hanya Cinta!ilustrasi pasangan berpelukan (pexels.com/Jonathan Borba)

Menjadi dewasa bukan berarti gak bertingkah laku kekanak-kanakan. Menjadi dewasa juga bukan tentang pasangan yang perhatian sama kamu atau mengerti kamu. Dilansir Bustle, menurut Lisa Firestone, Ph.D., editor dan ahli hubungan di Psych Alive, menjadi dewasa berarti belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan di hubungan dulu.

Seseorang yang dewasa akan berusaha memperbaiki diri dan gak terus-menerus terlarut dalam masa lalunya, sehingga gak akan menghalangi hubungannya saat ini. Mereka melihat masa lalu sebagai suatu pelajaran, bukan sesuatu yang harus disesali terus-terusan.

2. Terbuka

5 Karakter Pasangan yang Siap Jadi Teman Hidupmu, Jangan Hanya Cinta!ilustrasi pasangan (pexels.com/Van Thang)

Gak ada satu pun manusia yang sempurna. Ketika pasanganmu sudah mulai membuka kekurangannya dan menunjukkan sisi yang menjadi kelemahannya, itu artinya dia benar-benar percaya padamu. Merekalah yang bisa kamu jadikan pasangan hidupmu.

Kunci dari hubungan yang baik adalah komunikasi. Entah itu hal sederhana atau sekiranya sensitif, dengan berkomunikasi, kamu mengenal pasangan lebih baik, memahami perasaan, mimpi, keinginan, dan pikiran mereka. Karena itu, belajarlah untuk saling terbuka dengan pasangan.

3. Jujur

5 Karakter Pasangan yang Siap Jadi Teman Hidupmu, Jangan Hanya Cinta!ilustrasi pasangan saling berpelukan (pexels.com/Joao Jesus)

Pasangan ideal akan mementingkan kejujuran di atas segalanya. Ketidakjujuran akan membuat kepercayaan yang ditanamkan padamu menjadi hilang. Kebanyakan pasangan sampai harus putus karena ketidakjujuran ini.

Menyembunyikan sesuatu untuk kebaikan pasangan, juga bukan hal yang baik. Bahkan dalam situasi yang menyakitkan, jujur jauh lebih baik ketimbang terus-menerus berbohong.

Sekali berbohong, kamu harus membuat kebohongan lain untuk menutupinya. Pada akhirnya, semua kebohonganmu tidak pernah berhenti.

Baca Juga: 5 Alasan Gak Perlu Menunggu Pacar yang Hanya Sekadar Memberi Harapan

4. Responsif

5 Karakter Pasangan yang Siap Jadi Teman Hidupmu, Jangan Hanya Cinta!ilustrasi pasangan saling menatap satu sama lain (pexels.com/Jonathan Borba)

Responsif bukan soal seberapa cepat chat dibalas. Responsif di sini berarti pasangan mau mendengar perasaanmu dan memahami masalah dari sudut pandangmu. Secara ilmiah, sikap responsif telah terbukti sebagai salah satu faktor utama dalam hubungan yang berhasil.

Dilansir Bustle, menurut Samantha Joel, seorang peneliti, responsif bicara tentang mengerti dan menerima perspektif dan kebutuhan pasangan. Cari pasangan yang responsif secara emosional, fisik, maupun verbal. Dengan demikian, kamu akan merasa sangat spesial ketika bersama dengannya.

5. Mandiri dan mau menghormatimu

5 Karakter Pasangan yang Siap Jadi Teman Hidupmu, Jangan Hanya Cinta!Ilustrasi pasangan (Pexels.com/Daisy Anderson)

Menjalin hubungan bukan berarti kamu gak punya privasi. Pasangan yang baik harusnya bisa memahami nilai dan kebutuhanmu. Mereka sensitif terhadap perasaan dan keinginan kamu. Jangan karena kalian pacaran, lantas pasangan bisa seenaknya mengendalikan hidupmu.

Mereka yang menghormati keinginan pasangan dan menempatkan dirinya setara adalah pasangan ideal yang harus kamu pertahankan. Mereka gak memaksamu mengikuti jalan pikirnya. Mereka menerimamu apa adanya dan menyayangimu karenanya.

Itu dia 5 karakter pasangan yang siap naik level jadi teman hidupmu. Setiap orang melihat hal yang berbeda-beda ketika mencari pasangan. Mungkin itu penampilan, kemapanan, kepribadian, dan lain-lain.

Pada akhirnya, yang bisa benar-benar tahu apakah pasanganmu itu jodohmu, hanya kamu sendiri. Kalau pasanganmu punya 5 karakter di atas, mungkin itu tandanya kamu sudah menemukan The One.

Baca Juga: 5 Cara Menikmati Kesendirian Saat Jomblo Tanpa Terburu Punya Pacar

Agnes Z. Yonatan Photo Verified Writer Agnes Z. Yonatan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya