Comscore Tracker

5 Faktor Sepele yang Menjadi Pemicu Terjadinya Rasa Cemburu

Tak hanya tentang mantan guys

Rasa cemburu di dalam sebuah hubungan merupakan salah satu hal yang cukup wajar dan lumrah terjadi, namun jika rasa cemburu yang hadir ini memiliki volume yang berlebihan tentu hal ini juga sangat mengganggu keberlangsungan hubungan yang sedang dijalani.

Ada kalanya faktor pemicu rasa cemburu sering hadir karena hal-hal yang cukup sepele, namun meski sepele hal ini juga tidak bisa di anggap remeh.

Lantas apa saja 5 faktor sepele yang menjadi pemicu terjadinya rasa cemburu? Untuk itu mari kita simak ulasan di bawah ini.

1. Lingkungan kerja

5 Faktor Sepele yang Menjadi Pemicu Terjadinya Rasa Cemburuunsplash.com/@Brooke Cagle

Di dalam lingkungan kerja tentu kita akan berhadapan dengan berbagai orang yang tak luput dari lawan jenis, karena ada beberapa kepentingan tertentu maka secara tidak langsung kita akan sering melakukan komunikasi baik secara online maupun offline.

Nah, biasanya faktor ini menjadi penyebab api cemburu yang sering terjadi di dalam sebuah hubungan percintaan.

2. Lingkup pertemanan

5 Faktor Sepele yang Menjadi Pemicu Terjadinya Rasa Cemburupexels.com/@Jopwell

Faktor pada poin kedua ini sering terjadi apabila kita mementingkan kepentingan yang berkaitan dengan lingkup pertemanan, sehingga secara tidak langsung seolah-olah kita tidak memprioritaskan pasangan.

Terlebih jika dalam lingkup pertemanan tersebut terdapat peran lawan jenis, tentu hal ini sangat berpengaruh terhadap penilaian pasangan sehingga menimbulkan api cemburu.

Baca Juga: Egois Dan Suka Cemburu, Ini Dia 5 Tanda Bahwa Pasanganmu Belum Dewasa

3. Hobi atau kegemaran

5 Faktor Sepele yang Menjadi Pemicu Terjadinya Rasa Cemburupexels.com/@Midia

Kedengarannya cukup unik, namun perlu kita sadari bahwa ada beberapa pasangan kekasih yang merasa cemburu hanya karena pasangannya terlalu mementingkan hobi dan kegemarannya. Sehingga cemburu dengan hobi atau kegemaran ini memiliki arti bahwa waktu dan prioritas merupakan sepasang komponen hubungan yang cukup berpengaruh.

4. Lingkaran media sosial

5 Faktor Sepele yang Menjadi Pemicu Terjadinya Rasa Cemburupexels.com/@Kaboompics.com

Lingkaran media sosial rupanya memiliki efek yang cukup banyak, sehingga dapat dikatakan sebagai sebab timbulnya api cemburu di dalam sebuah hubungan.

Pasalnya, dengan aktif menggunakan media sosial kita akan berinteraksi secara virtual dengan lawan jenis yang ditandai dengan adanya aktivitas Like maupun Comment yang nantinya dapat menjadi akar permasalahan dari api cemburu.

5. Lingkungan keluarga

5 Faktor Sepele yang Menjadi Pemicu Terjadinya Rasa Cemburuunsplash.com/@Tyler Nix

Meski faktor ini tidak memiliki pengaruh yang cukup besar, namun ada beberapa pasangan kekasih yang justru menjadikan faktor ini sebagai alasan timbulnya api cemburu.

Biasanya hal ini terjadi ketika salah satu pasangan lebih mementingkan keluarganya di saat bersamaan dengan kepentingan pasangan. Namun di sisi lain faktor ini juga dapat dijadikan sebagai tolak ukur kedewasaan pasangan saat dihadapkan dengan pilihan antara keluarga dan pasangan.

Nah, itulah 5 faktor sepele yang menjadi pemicu terjadinya rasa cemburu. Tentunya kelima faktor di atas memiliki peran yang cukup berpengaruh terhadap sebab terjadinya api cemburu di dalam sebuah hubungan.

Namun sebagai pribadi yang dewasa, hendaknya kita bisa menghadapi situasi tersebut agar kita bisa memperkecil terjadinya masalah yang timbul karena adanya api cemburu.

Baca Juga: 5 Situasi yang Bolehkan Kamu Cemburu pada Pasangan, Jangan Dipendam!

Agung Prasetya Photo Verified Writer Agung Prasetya

Salah satu cara berbagi ilmu dengan menuliskannya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya