Comscore Tracker

5 Alasan Logis Kenapa Menikah Muda Berisiko Tinggi Terhadap Perceraian

Sebab menikah itu bukan sekadar tinggal bersama saja lho

Fenomena menikah muda kian banyak terjadi di zaman sekarang. Melihat dari niat baik pasangan muda yang ingin menghindarkan diri dari tindakan yang tidak sesuai norma dan agama, memang menjadi penenang keadaan. Namun pertimbangan untuk bisa sampai di keputusan menikah muda itu butuh pemikiran panjang dan matang. 

Jika tidak momok menakutkan dari perceraian besar terjadi, karena berikut ini lima alasan kenapa menikah muda berisiko tinggi terhadap perceraian. 

1. Ketidaksiapan individu secara emosional

5 Alasan Logis Kenapa Menikah Muda Berisiko Tinggi Terhadap Perceraiandramabeans.com

Menikah di usia remaja atau terbilang masih muda tidak disarankan karena permasalahan rumah tangga sungguh lah rumit. Ini akan semakin kacau berantakan jika kedua belah pihak belum siap secara emosional.

Tingkat kedewasaan pemikiran, amarah, kebijaksanaan dan kesabaran merupakan bagian penting dari lancarnya rumah tangga. Bila hal-hal tadi belum dipenuhi maka namun pernikahan sudah dilaksanakan maka gak heran kalau kemungkinan bercerai besar terjadi.

2. Keinginan tinggi untuk menikmati masa muda

5 Alasan Logis Kenapa Menikah Muda Berisiko Tinggi Terhadap Perceraiandramabeans.com

Masa muda adalah masa emas yang hanya terjadi sekali seumur hidup. Dan ketika janji pernikahan itu terucap, akan banyak hal menyenangkan di masa muda yang terpaksa dilewatkan begitu saja.

Perceraian yang terjadi di usia pernikahan muda umumnya terjadi karena pihak-pihak tertentu yang tidak rela melewatkan masa emas ini karena tanggung jawab menjadi sepasang suami istri bahkan orangtua.

Baca Juga: Mimpi Menikah Muda? 5 Persiapan yang Wajib Dilakukan dari Sekarang

3. Tekanan dari keluarga yang bisa jadi bencana

5 Alasan Logis Kenapa Menikah Muda Berisiko Tinggi Terhadap Perceraiandramabeans.com

Salah satu sumber masalah rumah tangga muncul karena keluarga. Meskipun keluarga adalah bagian terdekat dari kehidupan sehari-hari tapi ini juga tekanan besar yang bisa jadi bencana. Sebut saja tuntutan untuk bisa segera memiliki momongan, kesejahteraan sandang, pangan dan papan, hingga hal-hal sepele yang jadi rumit.

4. Urusan finansial yang belum stabil

5 Alasan Logis Kenapa Menikah Muda Berisiko Tinggi Terhadap Perceraiandramabeans.com

Kesetiaan bukan perkara mudah untuk ditemukan, banyak pasangan menikah muda yang bercerai karena menikah tanpa pertimbangan matang dan pada beberapa waktu kemudian berpisah karena tak kuat hidup susah. Suka duka pernikahan muda bakal makin terasa saat keuangan tak mengalami kemajuan.

5. Ketidaksanggupan mengurus anak

5 Alasan Logis Kenapa Menikah Muda Berisiko Tinggi Terhadap Perceraiandramabeans.com

Tanggung jawab sebagai orang tua sangat besar. Pasangan muda yang belum memenuhi kesiapan memiliki anak akan kewalahan dan merasa gerah karena terlalu berat menanggung tanggung jawab. Ketidaksanggupan mengurus anak ini akan berujung debat panjang dan membuat anak sebagai korban dari perceraian.

Menikah muda boleh dilakukan jika pertimbangan tentang kehidupan di masa depan sudah didiskusikan secara matang bersama pasangan. Kalau belum siap lebih baik menunggu demi kebaikan diri sendiri dan masa depan kalian!

Baca Juga: Meski Masih Muda, Ini 5 Tanda Kamu Sudah Siap Menikah

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya