Comscore Tracker

Selama Pacaran, Selalu Terdapat 5 Hal Ini? Awas Toxic Relationship

Kalau ada, sebaiknya pikirkan kembali ya hubungan kalian

Kami paham, tidak ada suatu hubungan yang betul-betul sempurna. Tapi setidaknya, hubungan yang harmonis itu akan membuat kamu merasa lebih bahagia dalam menjalani hari. Sebaliknya saat kamu pacaran, kadang kamu suka terjebak dalam suatu hubungan yang toxic. Akibatnya, merasa capek sendiri, stres, tapi gak tahu harus berbuat apa karena kepalang sayang.


Kali ini IDN Times bakal memberi tahu beberapa tanda-tanda kamu berada di hubungan yang toxic. Kalau beberapa dari tanda di bawah ini sudah kamu rasakan, sebaiknya kamu mulai ambil tindakan deh. Coba simak dulu deh.

1. Kurangnya rasa percaya pada pasangan

Selama Pacaran, Selalu Terdapat 5 Hal Ini? Awas Toxic RelationshipShutterstock/Motortion Films

Dalam sebuah hubungan, rasa percaya satu sama lain adalah hal yang sangat krusial.
Ibaratnya, suatu hubungan yang tidak dilandasi dengan rasa kepercayaan itu sama kayaknya mobil tanpa bensin. Kamu bisa aja terus menjalin hubungan, tapi hubunganmu akan stuck di situ-situ saja. Kamu dan pasangan mudah curigaan satu sama lain hingga akibatnya sering berantem. Gak enak, ‘kan?

2. Kamu tidak memiliki waktu untuk bersosialisasi dengan temanmu yang lain

Selama Pacaran, Selalu Terdapat 5 Hal Ini? Awas Toxic RelationshipShutterstock/Antonio Guillem

Menghabiskan waktu bersama pasangan sama sekali bukan lah hal yang buruk. Namun apabila sudah berlebihan hingga kamu gak memiliki waktu untuk temanmu, atau lebih buruknya, kamu gak diperbolehkan bertemu mereka. Padahal kamu juga punya hak lho untuk bermain dengan yang lain. Kalau kamu mengalami hal ini, coba dibicarakan lagi ya. Buat dia mengerti bahwa kamu juga punya kehidupan yang lain. Atau, kamu juga bisa mengajak pacarmu untuk bermain bareng temen-temenmu. Biar makin akrab.

3. Drama yang gak ada abisnya

Selama Pacaran, Selalu Terdapat 5 Hal Ini? Awas Toxic RelationshipShutterstock/Dmitro Zinkevych

Dikit-dikit ngambek, terus drama. Padahal sebenernya gak ada yang perlu diambekin juga.
Ujung-ujungnya kamu pusing sendiri mikirin gimana caranya terhindar dari drama. Akibatnya, pekerjaan jadi terganggu karena kamu gak fokus. Percaya deh, hubungan yang baik itu seharusnya bisa meningkatkan kualitas hidupmu, bukan malah memperburuk.

4. Kamu merasa nggak aman ketika pacarmu marah

Selama Pacaran, Selalu Terdapat 5 Hal Ini? Awas Toxic RelationshipShutterstock/George Rudy

Merasa kesal atau marah ketika pasangan melakukan suatu kesalahan adalah hal yang
manusiawi. Namun bagaimana pun harus bisa kita sikapi dengan kepala dingin. Bahayanya adalah ketika kamu mulai merasa nggak aman atau takut ketika pasanganmu marah. Penyebabnya pun biasanya karena perilaku abusive yang dimiliki mereka. Misalnya, emosinya meledak-ledak ketika marah, verbal abuse, hingga yang paranya kekerasan fisik. Yang seperti ini sangat nggak baik lho untuk dipertahankan.

5. Saat jalan, cenderung boros dan menghabiskan uang tanpa ada faedahnya

Selama Pacaran, Selalu Terdapat 5 Hal Ini? Awas Toxic RelationshipShutterstock/imtmphoto

Mungkin niatnya baik, untuk menyenangkan pasangan sehingga mereka merasa dimanja. Tapi mengeluarkan uang untuk pasangan juga harus tahu batasnya lho. Kalau kamu sampai harus mengeluarkan banyak uang hanya untuk sekali jalan, kamu malah jadi boros dan gak bisa nabung. Pasanganmu juga bisa mikir kalau kamu berlebihan. Daripada boros, lebih baik uangnya dipakai untuk sesuatu yang lebih bermanfaat, membantu sesama misalnya.

Selama Pacaran, Selalu Terdapat 5 Hal Ini? Awas Toxic RelationshipIDN Times/Allianz

Kamu bisa lho ikutan berdonasi dengan cara yang menyenangkan lewat Allianz LifeChanger Concert, di mana kamu bisa nonton konser band favoritmu sembari berdonasi untuk membantu saudara kita tertimpa bencana gempa di Sigi, Sulawesi Tengah. Beberapa musisi yang tampil di antaranya adalah Kikan, Endah n’ Rhesa, Andra Ramadhan, Dedi Lisan dari Andra & the Backbone, dan masih banyak yang lainnya.

Uang yang terkumpul dari konser tersebut nantinya akan digunakan untuk pembangunan
huntara atau hunian sementara, sarana MCK, dan kegiatan trauma healing untuk anak-anak para korban bencana. Yuk, segera beli tiketnya di sini ya! Kapan lagi bisa bersenang-senang sekaligus bisa membantu saudara-saudara kita.

Topic:

  • Vika Widya Alfianti

Just For You