Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Belum Siap Jalin Ikatan Jangka Panjang, Tak Perlu Dipaksa

Pernikahan bukan main-main, lho! 

Sejatinya di dunia ini gak ada orang yang mau hidup sendirian. Setiap orang pasti berharap memiliki pasangan yang mencintainya, menikah dan mempunyai anak. Memang klasik sih, tapi begitulah siklus kehidupan. 

Yang jadi masalah, terkadang seseorang menikah hanya karena tuntutan usia atau tekanan dari lingkungan sekitar. Padahal menikah bukanlah perkara sepele. Jika tak sanggup mempertahankan komitmen, efeknya ya bisa berisiko pada perpisahan sehingga menimbulkan patah hati atau bahkan trauma. 

Nah, berikut ini tanda-tanda yang menunjukkan bahwa sebenarnya kamu belum siap menjalin hubungan jangka panjang. Kira-kira kamu merasakan juga gak? Langsung simak yuk! 

1. Kamu kerap kali merasa bosan dan hambar setiap menjalani hubungan jangka panjang

5 Tanda Kamu Belum Siap Jalin Ikatan Jangka Panjang, Tak Perlu Dipaksajazminemedia.com

Coba pikirkan, saat kamu menjalin hubungan dengan seseorang dalam jangka panjang, kira-kira apakah rasa cintamu semakin kuat atau malah kamu mudah merasa bosan, hambar, dan gak terlalu menggebu-gebu lagi? 

Jika kamu termasuk tipe yang gampang merasa bosan tanpa alasan, maka agaknya kamu perlu menimbang ulang untuk meneruskan hubunganmu. 

Ingat lho, menikah itu adalah sesuatu yang sakral. Kamu dituntut untuk bisa hidup dengan satu orang sampai maut memisahkan. Ada baiknya kamu belajar arti kesetiaan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menempuh jenjang yang lebih serius. 

2. Kamu menyukai kebebasan. Kamu bahkan masih sering caper dengan lawan jenis

5 Tanda Kamu Belum Siap Jalin Ikatan Jangka Panjang, Tak Perlu Dipaksadramabeans.com

Kamu masih suka banget dengan kebebasan, kamu gak mau diatur-atur, apalagi dituntut banyak hal? Well, sikap yang demikian ini sebenarnya kurang baik. Terlebih jika kamu masih sering genit dengan lawan jenis, entah itu lewat chat, telepon atau lainnya.

Kebiasaan tersebut tentunya harus bisa kamu hentikan. Sebab jika tidak, maka bisa jadi toxic dalam hubungan, memicu kecemburuan, bahkan akan menjadi faktor risiko perpisahan. 

Baca Juga: 7 Tanda Hubungan Akan Bertahan Meski Ujian Datang Silih Berganti

3. Komitmen yang kalian bangun berdua seringkali bikin kamu merasa tertekan

5 Tanda Kamu Belum Siap Jalin Ikatan Jangka Panjang, Tak Perlu Dipaksaelle.vn

Komitmen merupakan salah satu kunci langgengnya sebuah ikatan pernikahan. Dengan kamu berusaha menjaga komitmen, maka itu bisa membuat hubunganmu semakin kuat. 

Sebaliknya, apabila kamu memandang komitmen sebagai hal main-main, atau mungkin kamu merasa tertekan akan janji-janji yang telah kalian buat, tandanya kamu memang belum siap menjalani hubungan serius. 

Lalu apa yang harus dilakukan? Tak perlu memaksa diri. Cobalah belajar menata diri dan hatimu dulu. Tunggu sampai kamu benar-benar siap. Yang terpenting, jangan sampai keputusan yang kamu buat malah merugikan orang lain. 

4. Kamu selalu ingin diprioritaskan, tak mau berusaha memahami pasangan, apalagi mengalah

5 Tanda Kamu Belum Siap Jalin Ikatan Jangka Panjang, Tak Perlu Dipaksalayar.id

Menjalani pernikahan tentunya sangat berbeda dengan pacaran. Saat kamu menyandang status sebagai istri atau suami, atau bahkan orang tua, kamu harus bisa menjadi lebih bijak.

Perasaan ingin selalu diprioritaskan, selalu dimanja, atau meminta dimengerti tanpa mau mau mengerti, justru akan sering memicu pertikaian dalam hubunganmu. 

Kamu harus mencoba memahami bahwa cinta bukan sekedar 'memberi'. Tetapi cinta juga membutuhkan pengorbanan dan ketulusan hati.

5. Kamu kesulitan bersikap dewasa. Hubunganmu terlalu banyak drama

5 Tanda Kamu Belum Siap Jalin Ikatan Jangka Panjang, Tak Perlu Dipaksabumppy. com

Tanda terakhir yang menunjukkan kamu belum siap menjalin ikatan jangka panjang, yakni kamu terlalu childish atau kekanakan. Memang sih, kamu tak perlu mengubah karaktermu untuk bisa mendapatkan kasih sayang dari seseorang. Tapi setidaknya, berusahalah melatih kedewasaan. 

Jangan pula selalu menghadapi masalah dengan pasangan secara berlebihan. Belajarlah mengendalikan emosi. Perlu kamu tahu, bahwa sebuah hubungan yang terlalu banyak drama itu gak baik, bahkan bisa mengurangi keharmonisan, lho! 

Lebih baik kamu belajar bersikap terbuka. Menjaga komunikasi dengan pasangan bisa jadi kunci hubungan yang langgeng.

Nah, sekiranya itulah sederet faktor yang menjadi penanda kamu belum siap menjalin hubungan jangka lama. Jika kamu merasa memiliki tanda-tanda tersebut, dont wory! Gunakan saja waktumu untuk belajar tentang tanggung jawab, kedewasaan, dan kesetiaan terlebih dulu. Kelak jodoh akan datang tepat waktu, kok! 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sedang Terjebak Dalam Hubungan Tanpa Status

Amaniya Photo Verified Writer Amaniya

Pengembara di bumi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You