Comscore Tracker

11 Cara Ini Bisa Kamu Terapkan Agar Terhindar dari Toxic Relationship

Jangan sampai toxic relationship merusak segalanya

Hampir sebagian orang mempertahankan hubungan yang gak sehat dengan pasangannya hanya karena satu alasan, yaitu takut menghadapi kesendirian. Jika ini terjadi pada kamu, ingatlah bahwa kamu jauh lebih berharga terlepas dari hubunganmu yang sehat atau gak.

Mungkin langkah pertama dalam mengevaluasi pilihanmu di masa lalu dan saat ini adalah kamu harus mulai menghindari segala hal buruk dengan pasanganmu. Berikut ini 10 cara agar terhindar dari toxic relationship.

1. Temukan chemistry

11 Cara Ini Bisa Kamu Terapkan Agar Terhindar dari Toxic RelationshipUnsplash/Toa Heftiba

Chemistry biasanya mengacu pada ketertarikan fisik tapi bisa mencakup daya tarik intelektual juga. Ini tentang bagaimana kamu menemukan orang yang tepat. Apakah kamu menikmati hubungan satu sama lain dan adakah chemistry diantara kalian? Ini penting, karena tanpa adanya hal ini, kamu gak lebih dari sekedar teman dalam menjalin hubungan.

Jika kamu gak menemukan chemistry dengan seseorang, sebaiknya kamu gak mengambil langkah yang lebih jauh untuk menjalin hubungan percintaan dengannya agar nantinya kamu gak terjebak dalam toxic relationship.

2. Adanya kesesuaian

11 Cara Ini Bisa Kamu Terapkan Agar Terhindar dari Toxic RelationshipUnsplash/Savs

Ini tentang berbagi tujuan bersama, bersenang-senang bersama, dan saling menyukai, serta mempertahankan pasangan melalui masa-masa sulit. Namun, chemistry dan kompatibilitas sangat penting demi mencapai hubungan sehat yang tahan lama.

Jika kamu hanya tertarik dengan seseorang tapi gak memiliki chemistry dan kompatibilitas denganmu, kamu mungkin menjalin hubungan dengan sepihak dan tentunya gak sehat.

3. Jangan takut sendiri

11 Cara Ini Bisa Kamu Terapkan Agar Terhindar dari Toxic RelationshipUnsplash/Christin Hume

Banyak orang yang puas dengan hubungan yang salah, itu karena mereka takut menjadi jomblo. Seseorang cenderung merasakan stigma tersebut ketika mereka gak memiliki pasangan.

4. Buatlah pertimbangan sebelum menjalin hubungan

11 Cara Ini Bisa Kamu Terapkan Agar Terhindar dari Toxic RelationshipUnsplash/Clem Onojeghuo

Buatlah daftar karakteristik untuk menentukan pasanganmu kelak, tapi bukan hal remeh temeh seperti tipe wajah atau tubuhnya. Yang ini jauh lebih penting seperti kepribadiannya dia, yang bersikap bijaksana atau bertanggung jawab misalnya. Jadi ketika kamu didekati oleh seseorang, kamu bisa mengontrol diri agar gak mudah terbius dengan penampilannya saja. Hal ini akan membantu kamu untuk lebih menjaga sikap agar gak terburu-buru dalam menjalin hubungan dengan seseorang yang gak sesuai dengan daftar kepribadian pasangan yang sudah kamu tetapkan.

3. Jangan mudah puas jika kamu bisa mendapatkan yang lebih baik

11 Cara Ini Bisa Kamu Terapkan Agar Terhindar dari Toxic RelationshipUnsplash/ Max Rovensky

Ketika kamu mudah berkompromi dengan sesuatu yang buruk, dan menurutmu itu hal yang wajar, biasanya kamu akan terjebak ke dalam toxic relationship. Fokuslah pada kesepakatan yang telah kamu buat dan pilih pasangan yang bisa menjadi kebahagiaan dalam kehidupanmu kelak. Jika kamu bisa mendapatkan yang lebih baik, lalu mengapa kamu harus mempertahankan sesuatu yang buruk.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pasangan Baru Menikah

6. Carilah pasangan yang membuatmu mengekspresikan semua hal

11 Cara Ini Bisa Kamu Terapkan Agar Terhindar dari Toxic RelationshipUnsplash/Daniel Lincoln

Dengan kata lain, kamu bisa menjadi diri sendiri dan gak harus mengikuti kemauan dia saja. Hubungan yang baik itu jika kamu merasa aman, nyaman dan bebas mengekspresikan pikiran, perasaan, dan keinginanmu secara terbuka tanpa takut ditolak.

7. Tumbuhkan rasa saling menghormati

11 Cara Ini Bisa Kamu Terapkan Agar Terhindar dari Toxic RelationshipUnsplash/Dimitri de Vries

Kamu bisa menerima, mengagumi, dan menghormati satu sama lain. Jika kamu gak menghormati pasanganmu, hal itu akan menghancurkan chemistry dan menimbulkan sesuatu yang buruk.

Seorang pasangan yang benar-benar peduli denganmu adalah orang yang menghormati harga dirimu. Dia menghargaimu, memberimu pujian, dan mendorongmu untuk melakukan hal-hal yang sesuai dengan minat kamu.

8. Pastikan kalau dia bisa dipercaya

11 Cara Ini Bisa Kamu Terapkan Agar Terhindar dari Toxic RelationshipUnsplash/Parker Whitson

Perhatikan apakah pasanganmu bisa dipercaya apa gak. Apakah mereka seseorang yang bisa diandalkan? Ataukah mereka menunjukkan konsistensi antara kata-kata dan tindakannya? Pastikan hal itu agar kamu gak terjebak dalam toxic relationship.

9. Komunikasi yang baik

11 Cara Ini Bisa Kamu Terapkan Agar Terhindar dari Toxic RelationshipUnsplash/Christin Hume

Untuk menghindari hubungan yang gak sehat, ada baiknya kalian memiliki komunikasi yang baik. Pastikan kalau dia menjadikanmu prioritas utama demi menghargai hubungan kalian.

10. Pilih pasangan yang selalu terbuka padamu

11 Cara Ini Bisa Kamu Terapkan Agar Terhindar dari Toxic RelationshipUnsplash/Alvin Mahmudov

Hubungan yang baik adalah ketika pasangan selalu melibatkanmu dalam lingkaran hidupnya. Seperti saat dia sedang bahagia, dia akan selalu ingat denganmu dan mencoba membahagiakanmu bukannya asik sendiri dengan teman-temannya. Atau ketika dia mengalami masalah, orang pertama yang dia datangi adalah kamu. Dia selalu terbuka padamu apapun situasi yang dihadapinya.

11. Pastikan kalau pasanganmu selalu membicarakan masa depan bersamamu

11 Cara Ini Bisa Kamu Terapkan Agar Terhindar dari Toxic RelationshipUnsplash/Jessica Rockowitz

Jangan buang waktumu pada hubungan yang gak memiliki masa depan. Melepaskan hubungan gak sehat itu memang gak pernah mudah. Tapi dengan kesadaran diri, kamu bisa menentukan seberapa pantaskah kamu dengan pasanganmu.

Itulah dia 11 cara agar kamu terhindar dari toxic relationship. Semoga kamu lagi gak berada di dalam lingkaran toxic relationship ya

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pasangan Baru Menikah

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya