TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Plus Minus Menikah dengan Sahabat, Jadi Stuck karena Terlalu Enjoy

Asyik tapi juga ada titik jenuhnya karena sudah kenal lama

ilustrasi pasangan (pexels.com/Polina Zimmerman)

Jodoh itu unik, yang mana kita tidak tahu kapan dipertemukan dan siapa yang akan menjadi jodoh kita dalam hidup ini. Bisa jadi pasangan yang sudah pacaran lama, orang yang baru dikenal, atau bahkan sahabat sendiri yang dari dulu dekat bak saudara. 

Tidak ada yang salah terlepas dari siapapun jodoh kita, apalagi kalau ternyata menikah dengan sahabat sendiri yang sudah kenal bagaimana pribadinya. Tapi sebaik apapun hubungan ketika menikah dengan sahabat, tetap ada plus minusnya yang harus kamu tahu. Beberapa di antaranya pun bisa disimak dalam pembahasan berikut ini. 

Baca Juga: 5 Plus Minus Memilih Tidak Menikah, Hidup Bebas Tapi Kadang Kesepian

1. Asyik karena bisa seru-seruan bareng

ilustrasi tertawa (pexels.com/Olya Kobruseva)

Banyak orang senang jika berjodoh dan menikah dengan sahabat karena poin plus yang satu ini, yaitu rasanya asyik punya pasangan yang bisa diajak seru-seruan bareng. Karena kalau dulunya sahabatan tentu gak ada yang namanya jaim, dan itu rasanya asyik. 

Kehidupan pernikahan jadi bisa dinikmati dengan hati senang karena punya pasangan yang asyik. Gak merasa tertekan dan penuh kekangan karena sama-sama easy going selayaknya sahabatan saat sebelum menikah dulu. 

Baca Juga: 5 Plus Minus Cari Pasangan dari Dating App, Gampang Ghosting!

2. Mudah untuk saling berkompromi tentang segala hal

ilustrasi pasangan kerja (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Poin plus lainnya kalau menikah dengan sahabat ialah mudah untuk saling berkompromi tentang semua hal. Karena seperti yang kita tahu, kehidupan pernikahan itu gak hanya tentang cinta saja, tapi ada banyak hal yang harus dikompromikan bersama. 

Mulai dari urusan rumah, pekerjaan, parenting anak, hingga bagaimana menjadi pasangan yang baik untuk satu sama lain. Dan melakukannya dengan dia yang dulunya sahabat jadi terasa lebih santai, bicara tentang apapun gak perlu takut. 

3. Mungkin akan ada titik bosan dan jenuh dengan satu sama lain

ilustrasi pasangan cuek (pexels.com/Ron Lach)

Yang namanya menjalin hubungan dalam jangka waktu lama seperti pernikahan, tentu akan ada titik jenuh dan bosan dengan pasangan. Termasuk kalau menikah dengan sahabat, apalagi sebelumnya sudah bersahabat lama yang pastinya sangat sering bertemu. 

Entah ini termasuk sebagai poin minus atau tidak, tapi ada dua kondisi yang bisa terjadi jika menikah dengan sahabat. Pertama, kalian saling bosan karena sudah tahu semua baik buruknya dan sudah terlalu terbiasa bersama. Kondisi keduanya, kalau kejenuhan terus berlanjut yang ada hubungan jadi terasa hambar, dan ini tidak nyaman dijialani apalagi untuk pernikahan. 

4. Tidak berkembang karena terlalu enjoy dan menerima apa adanya

ilustrasi pasangan (pexels.com/Cup Of Couple)

Sebenarnya baik buruknya hubungan tergantung bagaimana kedua belah pihak dalam membangunnya hingga jadi berkualitas. Tapi satu poin minus yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan ialah, menikah dengan sahabat bisa membuat diri kalian tidak berkembang. 

Memang ada pasangan yang justru maju bersama ketika menikah dengan sahabat, tapi ada juga yang hidupnya jadi stuck. Faktor utamanya karena sudah terlanjur nyaman dan menerima apa adanya, jadinya gak ada dorongan untuk mengembangkan diri jadi lebih baik dan maju. 

Baca Juga: 6 Plus Minus Bikin Tangga di Depan Rumah, Estetis

Verified Writer

afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya