TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Sikapi Pandangan Buruk Orang Lain terhadap Hubungan Asmaramu

Jangan terlalu diambil pusing? 

ilustrasi sepasang kekasih (unsplash.com/Takashi Watanabe)

Setiap orang berhak memandang suatu hubungan sebagai suatu kebaikan maupun keburukan. Namun, tentu semua itu bisa terjadi tanpa atau dengan alasan yang jelas. 

Karena sifatnya bisa sangat mempengaruhi hubunganmu, sedikitnya ada lima cara menyikapi pandangan buruk orang lain terhadap hubungan asmaramu. Biar gak ada kesalahpahaman, yuk baca sampai habis. 

1. Terima dengan baik penilaian orang lain yang bisa menjadi ajang introspeksi bagi hubunganmu

ilustrasi introspeksi hubungan (unsplash.com/Mindy Sabiston)

Setiap orang yang menilai buruk hubunganmu tidak terjadi begitu saja, biasanya ada alasan mendasar di balik itu semua. Benar atau tidaknya, itu tergantung bagaimana cara kamu menanggapinya. 

Penilaian orang lain mungkin sedikit agak pedas, namun kamu bisa menerimanya dengan baik agar bisa menjadi ajang introspeksi bagi hubunganmu. Ini bisa menjadi nilai yang lebih positif, hubunganmu bisa menjadi tambah harmonis. 

Baca Juga: 5 Trik Menyikapi Pasangan yang Ingin Me Time dalam Hubungan

2. Abaikan pandangan orang lain yang sifatnya menjatuhkan atau merugikan hubunganmu kedepannya

ilustrasi sepasang kekasih (unsplash.com/Natalia Barros)

Penilaian buruk orang lain memang ditujukan atas dasar berbagai macam alasan, salah satunya menjatuhkan. Penilaian semacam ini sangatlah berbahaya, bahkan bisa membuat hubunganmu retak begitu saja. 

Pada akhirnya, kamu bisa mengabaikan pandangan orang lain yang sifatnya menjatuhkan atau merugikan hubunganmu ke depannya. Jangan terlalu dimasukan ke dalam hati, atau sampai menanggapinya terlalu berlebihan. 

3. Jalani hubungan sesuai dengan apa yang menurutmu benar, jangan terpaku pada opini orang lain

ilustrasi sepasang kekasih bergandengan (unsplash.com/Corryne Wooten)

Penilaian orang lain terhadap hubunganmu biasanya berdasarkan opini yang berasal dari cara pandang dia terhadap hubungan percintaan. Dia tidak terlalu peduli dengan benar atau tidaknya, dia memandang hubunganmu berdasarkan opini dirinya sendiri. 

Cara menyikapi situasi semacam ini tidak boleh sembarangan, kamu harus menjalani hubungan sesuai dengan apa yang menurutmu benar, jangan terpaku pada opini orang lain yang sifatnya masih samar-samar. 

4. Beri penjelasan singkat akan hubungan asmaramu jika kamu sudah merasa risi

ilustrasi tiga orang berjalan (unsplash.com/Nonso Emmanuel Biose)

Setiap orang berhak memandang hubungan asmaramu bagaimanapun bentuknya, asalkan itu tidak merugikan hubungan itu sendiri yang dapat mempengaruhi jalannya hubungan yang sudah terjalin selama ini. 

Jika pandangan orang lain sudah membuat hubunganmu merasa risi, lebih baik beri penjelasan singkat atas kebenaran yang terjadi dalam hubunganmu. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahpahaman yang berujung merugikan, atau bahkan jangan sampai kamu satu-satunya pihak yang dirugikan. 

Baca Juga: 5 Tips Menyikapi Pasangan yang Pemalu dan Pendiam, Catat Bro!

Verified Writer

Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya