TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Sikap yang Baiknya Diambil Setelah Tahu Mantan Jadian Sama Sahabatmu

Paling penting adalah pikirkan perasaanmu sendiri dulu

unsplash/Eliott Reyna

Rasa cinta itu gak bisa selalu diatur pada siapa jatuhnya. Seperti ketika kamu mengetahui kalau mantanmu jadian sama sahabatmu sendiri. Padahal dulu, kamu sering curhat ke temanmu ini sewaktu kalian masih jadian. Dalam hati sih, kamu merasa seperti dikhianati sahabat sendiri. Namun marah pun gak lagi ada untungnya. Kalian sudah lama putus dan sahabatmu juga punya hak untuk pacaran dengan siapapun, termasuk mantanmu sendiri. 

Nah, sebagai teman dekat dan mantan mereka kamu harus berhati-hati dalam bersikap. Jangan sampai hubungan mereka berdampak buruk bagi kehidupan pribadimu. Makanya, disarankan kamu bisa menunjukkan kelima sikap berikut ini. Supaya kalian bertiga bisa sama-sama nyaman menjalani kehidupan masing-masing.

1. Pastikan dulu mereka dekat setelah kalian berdua putus

unsplash/Trung Thanh

Pertama-tama cari tahu dulu, kapan tepatnya mereka berdua mulai dekat. Pastikan itu terjadi ketika kamu sudah resmi putus darinya. Jika mereka menjadi akrab usai kamu berpisah dari mantan pacarmu ini, kamu gak boleh marah. Sebab itu berarti mereka berdua tidak selingkuh di belakangmu.

Bisa jadi, karena dulunya mantanmu kerap kali curhat soal kalian ke dia, lama-lama mereka saling menemukan kenyamanan. Nah, pas dia sudah putus denganmu baru deh, mulai PDKT ke sahabatmu ini. 

Baca Juga: 5 Tips Kuatkan Hati saat Hubungan Sudah Bertahun-tahun Berakhir Putus

2. Tetap berhubungan baik dengan sahabat tapi kurangi dulu intensitas pertemuan kalian

unsplash/kevin laminto

Setelah tahu faktanya mereka jadian setelah kalian lama berpisah, gak ada alasan buatmu untuk membenci sahabatmu sendiri, dong. Tetap jalin komunikasi yang baik dengannya, tapi kamu gak perlu juga dekat-dekat terus ke dia.

Di awal-awal coba untuk kurangi intensitas pertemuan kalian. Saat itu, 'kan mereka berdua sedang kasmaran, terlalu sering menghabiskan waktu bersama temanmu ini juga bakal membuat kalian berdua merasa canggung. Belum lagi jika mantanmu tahu, dia juga bisa merasa gak enak hati ke kamu, lho. 

3. Sebisa mungkin hindari obrolan yang menyangkut mantan

unsplash/kevin laminto

Tiap kali kamu dan sahabatmu mengbiskan waktu berdua, sebisa mungkin hindari percakapan yang menyangkut mantan. Mungkin dia bakal menanyakan tentang kebiasaan pacarnya yang notabene adalah mantan kekasihmu. Tapi kamu harus berani menolak tegas untuk tidak membicarakan si dia. Seharusnya sahabatmu bisa maklum, meskipun awalnya pasti dia mengira kalau kamu masih sakit hati melihat mantanmu jadian dengan sahabat sendiri. 

4. Tegaskan ke sahabatmu bahwa kamu gak mau dilibatkan dalam urusan asmara mereka ke depannya

unsplash/Baylee Gramling

Selanjutnya kamu juga perlu menegaskan sejak dini, bahwa dirimu gak mau disangkut pautkan sama urusan mereka. Bukan berarti kamu gak memberi restu atas hubungan ini. Akan tetapi, kamu sadar posisimu saat ini bisa serba salah kalau gak pas menempatkan diri. Bisa saja saat sahabatmu curhat dan kamu memberi saran, eh saran itu justru membuat masalah makin runyam. Tentu kamu nantinya yang bakal disalahkan, padahal niatmu tulus ingin membantu. 

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kamu Butuh Kehadiran Sahabat Saat Alami Putus Cinta

Verified Writer

Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya