Comscore Tracker

5 Tips Kuatkan Hati saat Hubungan Sudah Bertahun-tahun Berakhir Putus

Awalnya memang akan terasa sangat sulit

Menjalani hubungan bertahun-tahun, tentu saja telah membuatmu merasa sangat nyaman dengannya dan telah membuat rencana masa depan bersama. Namun, ketika akhirnya hubungan yang kamu jalani selama ini berakhir dengan alasan-alasan tertentu, maka kamu pun akan merasa frustasi dan tidak bisa menerima semuanya. 

Merasakan seperti itu adalah hal yang sangat wajar sekali karena kamu benar-benar sudah mencintainya, tapi ingat lagi bahwa kamu harus bisa bangkit dan menguatkan dirimu. Untuk bisa tetap kuat menjalani hari tanpanya lagi, maka kamu bisa melakukan beberapa tips di bawah ini biar bisa move on. 

1. Ikhlaskan semuanya, meski itu akan terasa menyakitkan

5 Tips Kuatkan Hati saat Hubungan Sudah Bertahun-tahun Berakhir Putuspexels.com/nappy

Menapaki proses move on memang akan membuatmu seperti berasa dalam neraka dan hari-harimu akan jauh lebih kesepian tanpa kehadirannya lagi. Jalan satu-satunya untuk lepas dari kemenderitaan tersebut adalah dengan ikhlas. Mengikhlaskan semua yang telah terjadi dapat membuatmu paham bahwa perpisahan ini harus dilakukan karena jika tidak, hubunganmu dengannya hanyalah keterpaksaan saja.

2. Sadari bahwa jodoh itu telah diatur oleh Tuhan

5 Tips Kuatkan Hati saat Hubungan Sudah Bertahun-tahun Berakhir Putuspexels.com/Ric Rodrigues

Kamu dan dia hanya bisa berharap dan merencanakan semuanya, tapi tentang takdir, itu sudah diatur oleh Tuhan. Putusnya hubunganmu saat ini menandakan bahwa kamu dan dia masih belum berjodoh. 

Sudah ada jodoh yang disiapkan Tuhan untukmu, tentunya akan jauh lebih baik lagi. Tidak apa-apa bersedih di awal karena ke depannya, kamu akan merasa bahagia kembali. 

3. Berhenti kepo dengan hidupnya setelah kalian putus

5 Tips Kuatkan Hati saat Hubungan Sudah Bertahun-tahun Berakhir Putuspexels.com/Andrea Piacquadio

Jika kamu memang ingin menguatkan hatimu dan bisa lepas dari bayang-bayangnya, maka mulailah berhenti untuk mencari kabarnya lagi. Selalu penasaran dengan kabar dia adalah wajar, tapi jika dilakukan terus-terusan, maka kamu tidak akan bisa move on.

Tegaslah untuk dirimu sendiri. Berhenti kepo lagi dengan hidupnya karena sekarang kamu dan dia sudah tidak punya ikatan apa pun lagi. 

Baca Juga: Harus Ikhlas, 5 Tanda Ini Buktikan Dia Bukan Jodoh yang Tuhan Berikan

4. Utamakan untuk membuat dirimu sibuk

5 Tips Kuatkan Hati saat Hubungan Sudah Bertahun-tahun Berakhir Putuspexels.com/Anthony Shkraba

Keluarkanlah kesedihanmu di awal-awal kamu putus dengannya. Setelah itu, kamu harus kembali lagi bangkit dan menjalani hidupmu karena berakhirnya hubunganmu dengannya, tidak lantas membuat hidupmu berakhir juga.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyibukkan dirimu, tentunya dengan aktivitas-aktivitas yang kamu sukai. Bahkan, kamu juga bisa lebih sering bertemu dan berkumpul dengan teman-temanmu. 

5. Tumbuhkanlah cinta untuk dirimu sendiri

5 Tips Kuatkan Hati saat Hubungan Sudah Bertahun-tahun Berakhir Putuspexels.com/Edu Carvalho
Terlalu mencintai orang lain hanya akan membuatmu terus-terusan berharap dan akhirnya malah kecewa jika harapan tersebut tidak tercapai. Dan, kali ini kamu sedang merasakan kecewa yang sangat mendalam. 
 
Oleh karena itu, ambilah pelajaran berharganya bahwa mencintai diri sendiri jauh lebih penting sekarang. Dengan kamu mencintai dirimu sendiri, maka proses untuk move on akan jauh terasa lebih cepat. 
 
Terlepas dari berapa lamanya kamu menjalin hubungan dengannya dan usaha apa saja yang telah dilakukan, kamu harus bisa bersikap ikhlas. Keikhlasan bisa membuat kamu menjadi lebih dewasa lagi dan jadi sosok yang lebih baik. Percayalah bahwa akan ada sosok pengganti yang jauh lebih baik lagi untukmu dan akan datang di waktu yang tepat. 

Baca Juga: Jomblo! Simak 5 Tempat Romantis yang Dipercaya Bisa Dekatkan Jodoh

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya