TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Hadapi Pasangan yang Suka Mengeluh, Harus Ditegur

Biar gak jadi kebiasaan ya!

pexels.com/Vera Arsic

Mengeluh mungkin memang sifat manusiawi yang gak bisa dihindari. Tapi, jika mengeluh terus dilakukan dan menjadi semacam kebiasaan buruk, wah ini nih yang bahaya. Gak cuma bikin yang mendengar jadi bete, terbiasa mengeluh juga bikin rugi diri sendiri.

Jika pasanganmu adalah orang yang suka mengeluh, ada baiknya kamu mulai memberi nasihat padanya. Atau, ikuti beberapa cara berikut untuk menghadapi kebiasaan buruknya itu ya.

1. Katakan padanya secara langsung kamu tidak suka kebiasaannya yang satu itu

pexels/Trinity Kubassek

Sebagai pasangan, kamu adalah orang terdekatnya yang bisa dibilang cukup tahu tentang dirinya. Kamu tentu gak ingin dia memiliki kebiasaan mengeluh setiap hari kan? Salah satu cara yang paling mudah tentu adalah dengan mengatakannya secara terus terang dan sejujur-jujurnya bahwa kamu gak suka dengan kebiasaannya itu.

2. Tunjukkan bukti nyata jika hidup tanpa mengeluh itu lebih indah

pexels/Pixabay

Jika bicara terus terang terasa agak sulit bagimu, kamu bisa menunjukkan padanya secara tersirat bagaimana indahnya hidup tanpa mengeluh. Menggunakan kata-kata kiasan, atau sindiran halus mungkin bisa kamu lakukan. Yang penting, jangan sampai hal itu menyakiti hatinya.

Baca Juga: Jangan Mengeluh, Ini 5 Cara Menyikapi Pasangan yang Terlalu Workaholic

3. Selalu ceritakan kisah-kisah inspiratif dan share tulisan atau gambar berisi motivasi

pexels/mentatdgt

Manfaatkan media sosial untuk menghilangkan sifat mengeluh dalam dirinya. Kamu bisa membagikan tulisan, atau gambar berisi motivasi yang ada kaitannya dengan saran untuk berhenti mengeluh. Menceritakan kisah-kisah inspiratif dari tokoh-tokoh sukses juga bisa jadi solusi lainnya.

4. Tunjukkan hal-hal yang patut disyukuri ketimbang mengeluhkan segalanya

pexels/freestocks.org

Cara menghentikan kebiasaan mengeluh salah satunya adalah dengan bersyukur. Menyadari betapa banyak nikmat yang bisa disyukuri pasti akan membuat kebiasaan mengeluh itu perlahan tergantikan. Kamu bisa banget melakukan cara ini kepada pasanganmu.

Baca Juga: 5 Kerugian & Bahaya Saat Kamu Punya Hobi Mengeluh, Bikin Gak Bahagia!

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya