TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tipe Orang saat Curhat sama Teman, Ada yang Suka Melebih-lebihkan?

Curhat apa bergosip?

ilustrasi sahabat (pexels.com/Liza Summer)

Punya beban pikiran dan uneg-uneg yang mengganggu? Kamu pasti butuh teman untuk curhat dan menumpahkan seluruh keluh kesahmu. Gak cuma bikin lega, kamu juga bisa dapat saran dan masukan yang berguna dari orang lain jika curhat pada orang yang tepat.

Siapa sih yang gak pernah curhat? Pasti semuanya pernah melakukan kegiatan menyenangkan satu ini, kan? Nah, dari beberapa tipe orang curhat berikut, kira-kira kamu termasuk golongan yang mana nih? 

1. Menggebu-gebu dan sangat bersemangat

ilustrasi protes (pexels.com/Karolina Grabowska)

Yang pertama, adalah mereka yang ketika curhat selalu bersemangat dan menggebu-gebu. Walaupun curhat tentang hal sedih, orang semacam ini tetap menggunakan mode semangat dan excited saat bercerita. Sehingga, yang mendengar pun bisa ikut-ikutan bersemangat untuk menanggapi curhatannya.

Orang seperti ini biasanya memang seorang story teller sejati. Mereka bisa membuat curhatannya seolah 'hidup'.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Sering Curhat di Media Sosial, Pernah Begini?

2. Awalnya main rahasia-rahasiaan, ujung-ujungnya dibongkar juga

ilustrasi orang curhat (pexels.com/Mental Health America)

Ada juga nih tipe orang yang awalnya gak mau curhat. Sok main rahasia-rahasiaan dengan alasan gak mau membongkar aib orang lain lah, atau gak mau bergosip lah, dan lain sebagainya.

Tapi, ujung-ujungnya mereka juga yang gatel sendiri ingin bercerita. Alhasil, curhatannya pun bisa panjang banget karena sudah dipendam sekian lama. 

3. Menggunakan reaksi yang berlebihan

ilustrasi sedih (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tipe berikutnya adalah mereka yang curhat dan menggunakan reaksi yang berlebihan. Menangis duluan untuk suatu cerita yang ternyata gak sedih, tertawa ngakak padahal gak lucu, dan lainnya. Mereka ini memang ekspresif banget sampai bikin pendengar curhatnya jadi bingung harus bereaksi seperti apa.

Orang dengan tipikal begini seringkali susah mengatur kalimat dan kata-kata yang ingin dia sampaikan. Sehingga, menggunakan reaksi yang berlebihan dia rasa lebih dari cukup untuk menjelaskan semuanya. 

4. Santai, kalem, dan langsung pada intinya

ilustrasi orang ngobrol (Pexels.com/Evelina Zhu)

Tipe berikutnya adalah mereka yang curhat dengan santai, kalem, dan langsung pada intinya. Gak berbelih-belit dan gak over reaction juga. Curhatnya benar-benar dari hati dan karena ingin mendapatkan masukan yang berguna.

Curhatnya orang semacam ini seringkali sudah dia pikirkan matang-matang. Jadi, dia gak sekedar curhat sama sembarang orang. 

Baca Juga: 5 Cara Hadapi Temen yang Suka Adu Nasib saat Kamu Curhat, Menohok!

Verified Writer

Desy Damayanti

Black is the new pink ❣️ ig: desy_damay

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya