TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

First Impression, Penilaian di Awal Jumpa yang Belum Tentu Benar

Pandangan pertama belum tentu benar

Ilustrasi PDKT ke gebetan. (pixabay.com/rawpixel)

Salah satu sifat manusia yang tidak bisa dihilangkan adalah menilai sesuatu, termasuk menilai seseorang. Penilaian kita pada orang lain terjadi setiap saat bahkan ketika baru bertemu untuk pertama kali. Memberi penilaian di awal jumpa inilah yang disebut sebagai first impression.

Penilaian pada pandangan pertama atau first impression memang tak dapat dihindari. Namun, apa yang kita nilai di pertemuan awal belum tentu benar. Lantas, seperti apa first impression itu?

Baca Juga: 5 Hal Soal First Impression yang Perlu Kamu Tahu, Jangan Cepat Menilai

1. Apakah sebetulnya first impression dan apa saja faktor yang memengaruhinya?

unsplash/trung18tuoi

Sesuai dengan namanya, first impression merupakan momen saat seseorang membuat gambaran mengenai seseorang yang baru ditemuinya. Umumnya, first impression terjadi begitu cepat. Beberapa ilmuwan bahkan menyatakan orang hanya butuh waktu sepersepuluh detik untuk melakukan first impression setelah melihat wajah seseorang.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi penilaian seseorang di awal jumpa. Namun, komunikasi nonverbal memiliki andil besar. Raut wajah, gerak tubuh, serta pakaian yang dikenakan adalah segelintir aspek yang umumnya dilihat pertama kali saat bersua dengan orang baru.

2. Siapa saja yang bisa mengalami first impression dan apakah penilaian cepat di awal selalu tepat?

pixabay/StockSnap

First impression dapat dialami oleh siapa saja. Siswa, guru, pekerja kantoran hingga mertua pun sering mengalami keadaan semacam itu. Mereka pastinya, secara sadar atau tidak, akan menilai orang yang baru dikenalnya dan sebaliknya. Namun, penilaian di awal ini tak sepenuhnya akurat.

First impression kurang tepat menjadi patokan dalam menggambarkan seseorang secara keseluruhan. Ini disebabkan selain karena penilaian yang cepat juga dipengaruhi oleh lingkungan ketika first impression terjadi. Seorang polisi pastinya akan tampak tegas di hadapan polisi lainnya sehingga kita akan menilai sesuai kondisi yang ada. Namun, bisa jadi ketika tak sedang bertugas ada sifat lain yang muncul.

Baca Juga: Apa Ya First Impression Orang Lain tentang Dirimu?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya