Comscore Tracker

5 Hal Soal First Impression yang Perlu Kamu Tahu, Jangan Cepat Menilai

Gak semua first impression itu adalah real, lho

Bertemu dengan orang baru atau berada di lingkungan yang baru pasti dong mengharuskan kita membuat sebuah kesan pertama dengan semenarik mungkin.

Begitupun dengan orang-orang yang bertemu dengan kita. Tentu saja akan selalu ada first impression yang seringkali kita perlukan untuk memberikan penilaian sementara terhadap orang tersebut.

Namun, jangan mudah menjadikan sebuah kesan pertama sebagai hal yang utama, lho. Yuk simak beberapa poin soal first impression berikut ini.

1. Don't judge the book by its cover

5 Hal Soal First Impression yang Perlu Kamu Tahu, Jangan Cepat Menilaiunsplash/Eliott Reyna

Pasti sudah kenal dan gak asing lagi lah ya sama istilah don't judge the book by its cover dong? Maksudnya, tentu aja soal penilaian kita terhadap orang baru. Jangan sampai penampilan luar orang tersebut membuat kita terlalu gampang mendefinisikan seseorang. Padahal, yang namanya penampilan tentu bisa berbohong.

Gak semua orang yang terlihat baik itu benar-benar baik, begitupun sebaliknya.

2. Harus netral di kesan pertama

5 Hal Soal First Impression yang Perlu Kamu Tahu, Jangan Cepat Menilaiunsplash/Kelly Sukkema

Bicara soal baik atau buruknya seseorang, kita memang harus selalu waspada terhadap seseorang. Karena bukan tidak mungkin di suatu kesempatan kita bertemu dengan orang yang berniat jahat. Namun, bukan dengan begitu kita jadi mengklasifikasikan semua orang baru sebagai orang jahat. Kita harus mampu mengubah mindset kita dan berpikir netral.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Ini Terkesan Sepele Saat Bergaul dengan Orang Lain

3. First impression bukan segalanya

5 Hal Soal First Impression yang Perlu Kamu Tahu, Jangan Cepat Menilaiunsplash/Ethan Hoover

Perlu banget nih kita ingat dan catat dalam benak kita masing-masing bahwa first impression bukanlah segalanya. Maksudnya di sini yaitu kita gak bisa dengan gampangnya menilai seseorang hanya dari kesan pertama yang dia berikan.

Misal, saat bertemu si A untuk pertama kalinya, kita menganggap dia sombong karena gak membalas senyum kita. Padahal, mungkin aja saat itu suasana hatinya sedang sedih dan lain sebagainya.

4. Meski begitu, first impression juga harus diperhitungkan

5 Hal Soal First Impression yang Perlu Kamu Tahu, Jangan Cepat Menilaiunsplash/frankie cordoba

Karena meninggalkan kesan yang biasanya paling diingat dari seseorang, first impression memang cukup penting bagi sebagian orang. Jika gak mau mendapat cap buruk di mata orang lain, berusahalah untuk selalu menjadi pribadi yang baik dan ramah. Karena, semua itu mengandung kebaikan untuk kita sendiri juga kok.

5. Tetaplah jadi diri sendiri yang apa adanya

5 Hal Soal First Impression yang Perlu Kamu Tahu, Jangan Cepat Menilaiunsplash/Agung Raharja

Last but not least, bicara soal first impression, ada banyak orang yang berubah menjadi orang lain ketika kita sudah kenal dekat dengannya. Hal ini memang tergolong wajar, karena manusia selalu cenderung untuk menampilkan sisi terbaiknya di awal pertemuan.

Namun, jika kamu adalah orang yang memang baik, asyik, dan menyenangkan, kenapa mesti berpura-pura jadi orang lain di kesan pertama? Lebih baik jadi diri sendiri aja kan?

Intinya, gak peduli seberapa baik kesan pertama yang kamu tinggalkan, orang-orang tetap akan mengetahui karakter aslimu nantinya. Jadi, teruslah belajar untuk menjadi pribadi yang baik. Setuju, guys?

Baca Juga: Supaya HRD Terkesan, Terapkan 5 Bahasa Tubuh Ini Saat Interview Kerja

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You