TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Meski Berjauhan Saat Ramadan, 6 Hal ini Bikin Suami-istri Tetap Mesra

#RamadanMasaKini Pesan untuk para pejuang jarak

Instagram.com/shireensungka

Bulan Ramadan selalu hadir membawa kesan mendalam bagi umat muslim. Membuat hubungan keluarga menjadi lebih erat. Rasanya selalu ingin sahur dan berbuka bersama di rumah, lebih menyenangkan ketimbang sendirian.

Sayangnya, gak semua orang seberuntung itu di bulan Ramadan tahun ini. Ada yang terpisah jarak dengan orang tua dan pasangannya karena harus bekerja di kota lain.

Buat suami-istri yang harus menjalani long distance marriage (LDM) selama berpuasa, enam tips ini bisa bikin hubungan tetap intim dan mesra. Yuk, cobain!

1. Rutin video call saat sahur dan berbuka

makeuseof.com

Biar gak berasa sahur sendirian, cobalah rutin video call bersama pasangan. Bisa dilakukan juga saat berbuka puasa, biar jauh tapi rasanya seperti makan di meja yang sama.

Ada lelucon yang populer bagi pelaku LDM saat bulan puasa. Katanya, jika yang lain hanya berjuang menahan haus, lapar dan hawa nafsu, para pejuang LDM dapat satu bonus yaitu menahan rindu.

2. Janjian menyantap menu yang sama saat sahur atau berbuka

Pexels/Rawpixel

Cuma video call saja setiap hari pasti lama-lama terasa membosankan. Ada ide unik, nih coba sesekali janjian menyantap menu yang sama saat sahur dan berbuka. Rasanya pasti lebih nikmat, jadi makin terasa dekat seperti sedang makan bersama di rumah.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Ramadan 1440 H di 7 Kota Besar Indonesia

3. Mengirim makanan kesukaan ke perantauan

cceuae.com

Buka puasa jadi lebih nikmat saat kita bisa menyantap makanan favorit. Tapi kadang susah menemukannya di perantauan. Kalaupun ada, rasanya belum tentu sama dengan buatan istri atau ibu di rumah.

Tips buat pasangan LDM, nih mengirim makanan kesukaan suami atau istri ke perantauan bisa sedikit meredakan rindu sampai tiba nanti waktunya bertemu.

4. Saling menjadi pengingat untuk beribadah

muhannadphotography.tumblr.com

Melihat pasangan lain bisa salat berjamaah dan berangkat ke masjid bersama tentu membuat iri para pejuang LDM. Gak perlu kecil hati, kalian tetap bisa saling menjadi pengingat dari jarak jauh.

Selalu menghubunginya saat sudah masuk waktu salat, atau mengajak tadarus Alquran bersama meski dilakukan di lain tempat. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap meraih pahala istimewa di bulan Ramadan meski sedang berjauhan.

5. Manfaatkan malam hari untuk berbincang mesra di telepon

Pixabay/nastya_gepp

Sebagai suami-istri tentu berhubungan intim sudah menjadi kebutuhan. Tapi hal ini gak bisa dilakukan saat sedang berjauhan. Berbincang mesra di telepon sementara bisa dijadikan pengganti sentuhan sampai saatnya bertemu.

Manfaatkan waktu malam hari selepas salat tarawih untuk mengobrol lebih mesra. Secara otomatis tubuh akan merespon dengan memproduksi hormon oksitosin saat kamu merasa bahagia. Dampak positifnya tidur jadi lebih tenang dan nyenyak.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya