TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Alasan Kamu Gak Perlu Takut Membuang Toxic People dari Hidupmu

Biar gak makan hati

imdb.com

Dalam hidup, manusia diberikan kebebasan untuk melakukan apa pun yang tidak bertentangan dengan norma. Salah satunya yaitu membuang orang yang ternyata membawa pengaruh negatif. Orang seperti ini dinamakan toxic people. Karena keberadaan mereka seperti racun yang akan menyedot energi kita sampai habis.

Orang seperti ini memang lebih baik dijauhi. Karena mereka selalu saja berusaha untuk membuat orang lain jatuh. Dengan ini, ada beberapa alasan kuat mengapa kamu harus membuang toxic people dari hidupmu. Agar tidak menyesal di kemudian hari nantinya.

1. Sifat dengki mereka membuat kamu sulit berkembang

imdb.com

Toxic people tentu tidak akan suka saat melihatmu berada di atas mereka. Meski tidak menunjukkannya secara gamblang, biasanya mereka akan menyimpan iri dan dengki terhadapmu, yang nantinya malah bisa menghancurkanmu. Misalnya ketika kamu menanyakan pendapat mereka mengenai sesuatu.

Karena terlanjur iri, mereka akan merekomendasikan sesuatu yang buruk untukmu alih-alih yang terbaik. Hal ini dikarenakan mereka ingin melihatmu gagal. Wah, kalau temanmu sering begini lebih baik kamu jauhi ya dari sekarang.

Baca Juga: 5 Kriteria Toxic People yang Mungkin Ada di Sekitarmu, Segera Jauhi!

2. Selalu membuatmu merasa bersalah

imdb.com

Orang yang toxic cenderung tidak mau bertanggung jawab atas kesalahannya. Mereka malah akan menyalahkan orang lain atas apa yang telah diperbuat. Bisa-bisa kamu malah menjadi kambing hitam mereka. Padahal jelas-jelas bukan kamu yang melakukan kesalahan, tapi mereka malah seenaknya membuatmu merasa bersalah, atau bahkan sampai menyuruhmu meminta maaf.

3. Mereka sering bermuka dua

imdb.com

Sangat sulit memang untuk mempercayai toxic people. Karena kita tidak tahu sifat asli mereka. Karena seringkali mereka baik di depanmu namun saat bersama orang lain malah menjelek-jelekkanmu. Orang tipe seperti ini sangat banyak ditemui. Sehingga kamu patut waspada untuk menceritakan rahasiamu kepada orang lain.

Karena bisa-bisa mereka akan menyebarkan rahasiamu kepada teman-temannya. Jangan juga mudah mempercayai orang yang hanya baik kepadamu jika ada maunya. Kebanyakan dari mereka tidak tulus terhadapmu.

4. Mereka membuatmu kehilangan rasa percaya diri

imdb.com

Toxic people biasanya senang membuat orang di sekitarnya merasa tidak berharga. Mereka tidak ingin kamu memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Karena jika iya, mereka akan kesulitan untuk memanipulasi orang lain. Toxic people memang cenderung suka merendahkan orang lain agar dapat memanipulasi mereka.

Duh, lebih baik jauh-jauh deh dari orang yang model begini.

5. Mereka tidak dapat menghargai kerja kerasmu

imdb.com

Tidak peduli sekeras apa usahamu untuk membuatnya senang, toxic people pasti selalu memiliki cara untuk mengkritikmu. Mereka bahkan tidak pernah menghargai kerja kerasmu selama ini. Padahal kamu sudah mengorbankan banyak hal namun membalas dengan rasa terima kasih saja mereka enggan. Rasanya seperti air susu dibalas dengan air tuba.

Masa kamu mau bertahan dengan orang yang tidak menghargai jerih payahmu selama ini?

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Bisa Jadi Tanda Kamu Termasuk Toxic Friend

Verified Writer

Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya