TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Jangan Nyatakan Cinta Tanpa Ada Niat Serius

Setiap kali ungkapkan cinta, harus ada komitmen menikahinya

ilustrasi orang menyatakan cinta (pexels.com/Anna Pou)

Menyatakan cinta itu boleh saja, tapi harus komitmen setelahnya. Jangan berikan harapan palsu dan membuang waktu seseorang hanya untuk mengisi ruang hati karena kamu sedang sepi. Setiap orang ingin menjalin hubungan berkualitas, apabila kamu menyatakan cinta tapi tak ada komitmen menikahinya, hubungan asmara tak ada nilainya. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Jangan memulai hubungan hanya karena kesepian 

ilustrasi merasa kesepian dalam menjalani hari (pexels.com/Mary Taylor)

Untukmu yang merasa sepi karena tak memiliki pasangan, kan ada cara lain yang lebih bijaksana yaitu, bertemu bersama teman-teman. Janganlah memulai sebuah hubungan asmara hanya karena kesepian saja, sebab kamu akan mudah merasa bosan nantinya.

Untuk menghindari menyakiti perasaan orang lain, jangan sampai kamu menyatakan cinta dengan tujuan yang tak ada keseriusannya. Cobalah aktifkan perasaan empatimu, jika dia tahu niatmu tentu akan sangat menyakiti hatinya, bahkan kamu pun bisa saja tersakiti pada akhirnya.

Baca Juga: 5 Alasan Lebih Baik Nyatakan Cinta, Stop Hanya Beri Kode dan Menunggu!

2. Hubungan percintaan itu hal yang bernilai, maka hargailah 

ilustrasi hubungan asmara (pexels.com/Wyatt)

Menyatakan perasaan cinta ke seseorang, tapi tak ada keseriusan darimu, itu sama saja kamu tak menghargai sebuah hubungan percintaan. Hubungan ini merupakan suatu hal yang bernilai, janganlah kamu merendahkan sebuah jalinan asmara.

Jika sejak awal tak berniat serius untuk menikahinya, sebaiknya berteman saja dulu. Kesepian dalam menjalani kehidupan, tak harus dengan mencari pasangan sebagai solusinya. Masih ada banyak cara yang bisa membuatmu bahagia dan tak kesepian dalam berkehidupan.

3. Kamu telah membuang waktu seseorang yang ingin berniat serius dalam hubungan 

ilustrasi perempuan menangis sambil melihat cincin pernikahan (pexels.com/RODNAE Productions)

Menyatakan sayang dan cinta untuk mendapatkan hati seseorang, tapi sebenarnya kamu hanya berniat bersenang-senang saja, tanpa ada komitmen untuk jangka panjang menuju jenjang pernikahan, itu merupakan tindakan yang egois dan tak bijaksana.

Pikirkan juga tentang orang tersebut, tindakanmu sangat merugikan waktunya. Apalagi bagi dia yang sedang berupaya menemukan pasangan untuk menjalin keseriusan dalam pernikahan. Cobalah untuk menjadi pribadi yang baik, jika memang belum ada kesiapan serius menjalin asmara, sebaiknya tak perlu menyatakan cinta untuk menjalin hubungan bersama seseorang.

4. Tindakanmu bisa menggoreskan luka yang dalam di hatinya 

ilustrasi menangis (pexels.com/Ivan Samkov)

Setiap orang tak ingin tersakiti oleh sosok yang datang, lalu pergi meninggalkannya. Apabila tak berniat membangun komitmen pernikahan, janganlah mudah menyatakan cinta ke seseorang. Tindakanmu dapat menggoreskan luka yang dalam di hatinya.

Bagaimana jika suatu saat kamu yang mengalaminya? Sebelum bertindak gegabah, cobalah posisikan dirimu seperti orang tersebut. Dengarkan kata hatimu, sebab sisi baik manusia akan membantumu mengurungkan niat untuk menyatakan cinta yang tak ada keseriusannya, karena kamu bisa merasakan bagaimana jika itu terjadi padamu.

Baca Juga: 5 Akibat Terlalu Lama Berpikir Saat Nyatakan Cinta ke Gebetan

Verified Writer

Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya