TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Hal Sepele yang Berpotensi Merusak Hubungan, Bahaya!

Hal kecil jika diabaikan justru akan lebih destruktif

Ilustrasi seorang wanita (unsplash.com/Thought Catalog)

Tiap hubungan tentu memiliki tantangannya tersendiri. Tujuannya tak lain untuk menguji sejauh mana keseriusan masing-masing pihak. Ketika mampu melaluinya dengan baik, tentu hubungan bisa dikatakan berhasil tumbuh dan berkembang.

Tantangan ini sendiri biasanya datang dengan beragam bentuk dan yang paling membahayakan jika berasal dari hal kecil yang terkadang sering disepelekan. Baiknya mulai disikapi dengan bijak, tujuh hal ini ternyata berpotensi merusak hubungan yang sedang kamu jalani.  

1. Mengabaikan komunikasi dengan pasangan

Ilustrasi seorang wanita (unsplash.com/Quỳnh Lê Mạnh)

Tak dapat dipungkiri bahwa komunikasi menjadi salah satu kunci terpenting dalam hubungan. Bagaimana tidak, isi hubungan di dalamnya adalah mengenai diskusi untuk memecahkan segala problematika berdua. Tentunya hal ini membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik antara satu sama lain.

Usahakan untuk selalu meluangkan waktu dan berbagi cerita bersama. Ini bertujuan untuk melatih agar kamu terbiasa melibatkan dia dalam mengambil keputusan. Sekali kamu menggampangkan dan melewatkan komunikasi dengan pasangan, secara gak langsung berarti membiasakan diri untuk terbiasa tanpanya. Ini juga akan membuat ego satu sama lain menjadi lebih tinggi. 

2. Kurang memiliki empati terhadap pasangan

Ilustrasi Ibu (Unsplash.com/Alexander Dummer)

Poin kedua ini biasanya terjadi ketika ada pertikaian di antara kalian berdua. Saat masalah terjadi dan kamu selalu menempatkan diri sebagai korban, tentu akan membuat pasangan menjadi tidak nyaman.

Hal ini terjadi lantaran kamu enggan mendengarkan dan memahami apa yang terjadi pada dirinya. Tentu dia akan merasa gak pernah didengarkan dan kurang mendapatkan perhatian darimu. Ada baiknya untuk belajar saling memahami posisi satu sama lain. 

Baca Juga: 5 Zodiak Penganut Private Relationship, Hargai Keputusan Mereka!  

3. Terlalu sering mengkritik pasangan

Ilustrasi pasangan (unsplash.com/Oziel Gómez)

Perhatian salah satunya ditunjukkan melalui masukan yang membangun. Namun jika intensitas yang diberikan terlalu besar, bisa saja berubah menjadi hal yang toksik.

Disadari atau tidak, kebiasaan mengkritik pasangan dengan berlebihan bisa membuat dia merasa jengah. Bukannya justru membangun, itu bisa membuat mereka menjadi risih. Hal ini dikarenakan pasangan akan merasa selalu salah dalam melakukan apapun di matamu. 

4. Sering memanipulasi keadaan yang terjadi

Ilustrasi pasangan (unsplash.com/Becca Tapert)

Berikutnya adalah kebiasaanmu dalam memanipulasi keadaan hingga mendramatisir apa yang terjadi. Ini tentu akan memicu perilaku yang menyebabkan kamu mudah berbohong kepada pasangan. Tanpa disadari dampak yang ditimbulkan bisa membuat hubungan kalian berdua menjadi toksik. Lantaran tidak adanya keterbukaan satu sama lain. 

5. Punya rasa insecure yang tinggi

Ilustrasi pasangan (unsplash.com/photo nic)

Memiliki pasangan gak seharusnya membuatmu masih membutuhkan validasi darinya. Ketahui bahwa perasaan insecure dalam diri hanya akan membuatmu merasa gak nyaman dengan diri sendiri.

Ini juga dapat membuatmu mudah merasa curiga terhadap siapapun, tak terkecuali teman hingga rekan kerja pasangan. Hubungan yang seharusnya terasa aman pun akan menjadi boomerang untukmu karena kamu akan tetap memiliki ketakutan dan kecurigaan di dalamnya. 

6. Terlalu sering bermain kode dalam hubungan

Ilustrasi pasangan (unsplash.com/Milan Popovic)

Kebiasaan cewek yang tak jarang membuat pasangan menjadi jengah adalah permainan kode yang dia miliki. Belajarlah untuk mengomunikasikan apa yang kamu inginkan dalam hubungan.

Sadari bahwa pasangan gak seharusnya menjadi mind reader untukmu. Apalagi jika respons yang kamu berikan cenderung negatif, seperti uring-uringan jika ekspektasimu tidak terpenuhi. Kurangi kebiasaan tersebut dan buat hubungan menjadi lebih nyaman untuk dijalani. 

Baca Juga: Apa Itu Beige Flag dalam Hubungan? Ini Pengertian hingga Cirinya!

Verified Writer

Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya